3 Gejala yang Menandakan Aki Mobil Akan Soak Namun di Sepelekan

0

Gejala Aki

Ketika hendak melakukan rutinitas di pagi hari dan mencoba menghidupkan mesin mobil dan ketika di starter ternyata tidak menyala, tentu sangat menjengkelkan, bukan? Terlebih jika dalam keadaan darurat, bisa lebih buruk akibatnya. Pada umumnya, masalah tersebut berkaitan erat dengan kondisi aki yang mulai bermasalah.

Baca: Tips Agar Aki Baru Menjadi Awet atau Tahan Lama

Supaya situasi seperti itu tidak dialami, caranya adalah dengan memperhatikan gejala-gejala dari aki itu sendiri. Terdapat 3 gejala aki mobil yang menandakan aki harus diganti. Namun, gejala tersebut banyak diabaikan oleh sang pemilik.

Mesin tidak kuat starter

Biasanya hanya dengan satu kali atau dua kali starter mesin kendaraan bisa menyala, namun jika mesin menyala hingga tiga kali starter menandakan bahwa aki mulai bermasalah. Sebaiknya cek kondisi aki atau bila perlu lakukan pergantian dengan aki baru.

Aki kurang prima

Gejala selanjutnya bahwa aki akan rusak yaitu nyala lampu mobil tidak seterang dari biasanya dan klakson pun tidak senyaring yang seharusnya. Ketika tanda-tanda tersebut muncul, sebaiknya ingat-ingat terlebih dahulu, sudah berapa lama aki kendaraan Anda tidak diganti. Apabila memang baru diganti, bisa jadi bukan karena aki sudah tekor melainkan adanya kerusakan pada komponen lain atau butuh di charge. Untuk memastikan bahwa tidak ada kerusakan pada aki, periksalah indikator yang terdapat pada aki. Apabila indikator terlihat berwarna merah, maka aki memang sudah rusak, jika warna putih maka aki butuh charge, sedangkan jika terlihat warna biru menunjukkan aki masih dalam kondisi prima.

Aki mengeluarkan bau menyengat ketika mesin hidup

Hal ini terjadi karena adanya kerusakan pada sel-sel aki. Kerusakan pada sel-sel aki bisa dilihat dari kondisi fisik sel tersebut, antara lain sel aki terlihat remuk, rontok dan semacamnya.

3 hal di atas dapat dijadikan indikator aki rusak dan harus dilakukan penggantian. Peran aki dalam sebuah kendaraan sangat penting, supaya aki tetap prima lakukanlah perawatan secara rutin. Apabila terdapat gejala seperti di atas, segaralah lakukan pengecekan dan bila perlu lakukan penggantian aki. Apabila aki bermasalah tentu sangat menyulitkan, bukan?

Untuk melihat bermacam aki, kunjungi Ralali.com. Ralali.com jual aki berkualitas dengan varian merk, tipe, dan harga yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.