5 Alat ini Bisa Menghaluskan Bahan Makanan dengan Mudah dan Hemat Waktu

0
5 Alat ini Bisa Menghaluskan Bahan Makan dengan Mudah
Image: kitchenappliancebrands.review

Peralatan yang berfungsi untuk mencincang, mengiris ataupun menghaluskan bahan makanan secara elektronik sekarang sudah banyak tersedia di pasaran. Misalnya juicer, blender, food processor dan mixer. Dengan alat tersebut, proses mencincang, mengiris ataupun menghaluskan bahan makanan bisa dengan mudah dilakukan dan menghemat waktu, namun tidak semua makanan bisa diproses. Alat tersebut mempunyai spesifikasi masing-masing terhadap jenis makanan apa saja yang bisa diproses.

1. Blender

Blender
Image: srhomeappliances.com

Blender dirancang untuk menghancurkan makanan yang tidak terlalu keras seperti sayuran, kacang, dan buah-buahan. Alat ini dilengkapi pisau yang berfungsi untuk menghancurkan bahan makanan. Dilengkapi pula dengan wadah yang tinggi untuk mencegah isi wadah agar tidak tumpah keluar. Di bagian penutup, terdapat lubang dan sendok pengaduk. Selain itu dilengkapi dengan tombol tingkat kekuatan pelumatan sesuai yang diinginkan. Blender standar biasanya mempunyai wadah dan pisau tetap, akan tetapi blender yang lebih modern sering dilengkapi dengan perangkat lain atau pisau tambahan yang dapat dibongkar pasang. Dari segi harga, harga blender relatif murah.

2. ​Hand ​Blender

Hand Blender
Image: www.trustedreviews.com

Bagi yang suka praktis, hand blender merupakan pilihan tepat. Alat ini mudah dibawa ke mana-mana. Penggunaannya langsung dimasukkan ke dalam wadah berisi bahan makanan namun wadah yang digunakan harus berbentuk dalam supaya bahan makanan yang diproses tidak tumpah.

3. Food processor

Food processor
Image: www.amazon.co.uk

Alat ini digunakan untuk melumatkan, mencincang halus atau kasar dan mengiris halus atau kasar bahan makanan. Dilengkapi dengan beragam pisau yang dapat diganti seusai kebutuhan. Food processor  dilengkapi dengan wadah berbentuk pendek tapi lebar.

4. Juicer

Juicer
Image: healingthebody.ca

Bagi Anda yang suka minum jus, alat ini wajib dimiliki. Dengan juicer, Anda bisa membuat ekstrak atau sari buah dan sayur. Ampas sayur dan buah-buahan akan menjadi serbuk kering. Semakin berkembangnya teknologi, kini terdapat juicer berteknologi ‘cold pressed’ di mana juicer tersebut dirancang menggunakan bahan yang tidak akan panas ketika mesin dioperasikan sehingga nutrisi makanan lebih terjaga.

​5. M​ixer elektrik

Hand Mixer
Image: www.kitchenaid.com

Mixer elektrik dirancang untuk seseorang yang gemar membuat kue. Alat ini digunakan untuk mengaduk adonan kue. Terdapat dua jenis, yaitu hand mixer dan stand mixer. Kapasitasnya pun beragam, untuk rumah tangga mulai dari 1 kg hingga 3 kg. Namun apabila digunakan untuk industri, ukurannya lebih besar lagi.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.