7 Cara Mudah Merawat Aki Mobil agar Tahan Lama

0
7 Cara Mudah Merawat Aki Mobil agar Tahan Lama
7 Cara Mudah Merawat Aki Mobil agar Tahan Lama

7 Cara Mudah Merawat Aki Mobil agar Tahan Lama – Tidak selamanya mobil bisa berfungsi dengan baik. Kadang kala mobil tak bisa dihidupkan. Penyebabnya bermacam-macam salah satunya karena aki.

Aki mobil adalah sumber utama aliran listrik pada mobil. Tanpa aki, maka mobil tidak bisa dihidupkan. Karena aki berperan sangat penting, maka aki mesti di rawat supaya bisa bekerja maksimal dan bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama. Nah berikut ini 7 cara mudah merawat aki mobil agar kinerjanya maksimal dan bertahan lama.

7 Cara Mudah Merawat Aki Mobil agar Tahan Lama

Membersihkan Aki

Rajin-rajinlah membersihkan aki, bersihkanlah bagian terminal aki supaya tak terjadi penumpukan korosi. Jika terjadi penumpukan korosi maka akan menghambat arus listrik yang berasal dari aki menuju kabel utama penghantar listrik.

Memanaskan Mobil

Nampaknya terlihat sepele, namun memanaskan mobil sebelum digunakan tidak hanya berguna bagi mesin mobil saja namun juga Sia merawat aki. Aki yang sudah panas akan memberi listrik yang lebih stabil daripada aki yang dingin.

Menyalakan Alat Elektronik Setelah Mesin Hidup

Sebelum menghidupkan mobil, lebih baik matikan alat elektronik terlebih dahulu, terutama celat elektronik yang memerlukan daya besar semisal AC, wipper, serta charger. Begitu juga sewaktu mematikan alat elektronik pada mobil, angan matikan alat elektronik sebelum mesin kendaraan dimatikan, hal ini bertujuan supaya listrik yang ada pada aki tidak berkurang.

Melepas Aki Bila Tidak Digunakan

Jika mobil tidak digunakan dalam waktu yang lama, misalnya tidak digunakan dalam waktu lebih satu Minggu, sebaiknya lepaskan kabel listrik utama dari aki. Hal tersebut dilakukan supaya tidak terjadi korsleting maupun supaya listrik aki tidak tersedot hingga habis.

Parkir di Tempat Terlindung

Meskipun aki tertutup oleh kap mesin, namun tetap saja panas berasal dari matahari bisa membuat aki panas. Umur aki bisa menjadi lebih pendek jika suhunya sering terlalu panas. Maka dari itu sewaktu parkir, pilih area teduh supaya aki tak kepanasan. Berbeda sewaktu mobil bergerak, karena terdapat angin yang mendinginkan suhu aki.

Mengisi Daya Atau Air Aki

Untuk aki basah, paling utama yang dilakukan ialah mengecek level air akinya agar tetap bada di atas batas bawah. Intinya jangan sampai air aki habis. Jika habis, maka dapat dipastikan bahwa aliran listriknya pun akan habis. Periksa level air aki secara rutin jika mobil dipakai setiap hari.

Untuk aki kering, pemilik tidak mesti sering memeriksanya karena aki kering tak memakai air aki. Satu bulan sekali merupakan jangka waktu yang minimal dalam memeriksa aki kering. Sewaktu mengisi daya aki kering, jangan sampai terjadi overcharging karena dapat memperpendek umur aki.

Terminal Aki

Tips terakhir yaitu memeriksa terminal aki supaya kondisinya tak kendur serta tidak karatan. Apabila terminal aki kendur maupun karatan maka aliran listriknya tidak stabil serta bisa menyebabkan percikan hingga ledakan.

Buat Permintaan dan Pengadaan Barang

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.