Spesifikasi dan Fungsi Data Logger

0

Fungsi data logger

Spesifikasi dan Fungsi Data Logger – Listrik merupakan sumber energi yang paling banyak digunakan oleh manusia. Tinggi tegangan dan kecepatan arus harus diketahui untuk menjamin keamanan pengguna. Alat yang digunakan untuk menangkap, mencatat dan merekam sinyal listrik dikenal dengan nama Data Logger. Tidak hanya itu saja, ada dua alat lainnya yang serupa yaitu data acquisition dan recorder. Ketiga alat tersebut memiliki fungsi yang sama sebagaimana telah disebutkan. Perlu diingat, tetap ada pembeda secara spesifik sehingga kegunaan masing-masing alat tidak bisa disamakan. Bagi Anda yang tergolong awam di bidang ini pasti bingung ketika hendak memilih. Sesuaikanlah dengan kebutuhan dan simak ulasan berikut supaya lebih jelas.

Gambaran sekilas mengenai Data logger

Alat pendeteksi sinyal yang sering dianggap sama ialah recorder dan Data Logger. Keduanya memang sama-sama dapat membaca bila ada sinyal yang berada di sekitar alat dengan frekuensi tertentu. Mari kita pelajari satu persatu agar tidak salah kaprah dalam mengartikannya. Arti kata recorder adalah perekam, jadi fungsi alat tersebut yakni utnuk kebutuhan merekam sinyal. Sedangkan data longger dipakai untuk mencatat sinyal. Alat pencatat data sinyal ini biasa disamakan dengan data acquitition.

Contoh kasus pembeda

Sekedar teori mungkin masih belum bisa memberikan pemahaman bagi Anda secara detail. Kasus nyata yang sering dilakukan sehari-hari dapat menjelaskan dengan lebih rinci. Perbedaan antara recorder dan Data Logger ialah fungsinya sebagai perekam serta pencatat data sinyal. Misalkan Anda hendak mengukur tegangan arus listrik sebuah lokasi. Gunakan data logger saat data yang dibutuhkan dalam satuan rms sedangkan bentuknya bisa dideteksi oleh recorder.

Teknis recorder memiliki kecepatan sampling lebih tinggi dibandingkan Data Logger. Tujuan penciptaan kedua alat tersebut juga tentunya berbeda, logger khusus untuk pencatatan atau penyimpanan jangka panjang waktu yang lama. Sampling rate memang sengaja dikurangi agar penggunaan memori lebih optimal. Data logger biasa dipakai untuk melihat fluktuasi data dalam jangka waktu yang lama. Beda halnya recorder yang berfungsi untuk mengoreksi detail wujud sinyal. Konsentrasi sampling rate tersedia lebih tinggi agar mampu melakukan penyimanan dalam jumlah banyak dan perdiode lama.

Ralali.com jual data logger baik itu data logger magnetic serta temperature data logger. Persis dan presisinya tentu berbeda, Data Logger berfungsi untuk mencatat sinyal. Data ditampilkan secara rinci dan detail agar bisa diolah guna kebutuhan selanjutnya. Pilihlah tipe, harga dan spesifikasinya sesuai kepentingan sinyal yang akan dideteksi.

Buat Permintaan dan Pengadaan Barang

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Skip to toolbar