4 Penyebab Aki Mobil Cepat Soak yang Tidak Diketahui Banyak Orang

0
Penyebab Aki Mobil Cepat Soak
Penyebab Aki Mobil Cepat Soak

Pernahkah Anda mengalami kejadian aki mobil Anda tiba-tiba drop atau soak? padahal baru digunakan sekitar 6 bulan. Memang secara nalar kondisi seperti itu sulit diterima, pasalnya usia pakai aki bisa mencapai 1 – 2 tahun.

Namun bisa saja terjadi apabila Anda menggunakan jenis aki basah, hal seperti itu bisa terjadi. walaupun itu aki baru, bukan tidak mungkin aki tidak bisa drop, meskipun kondisi tersebut jarang terjadi. Para pengguna aki basah harus melakukan perawatan berkala, supaya usia pakai aki dapat bertahan lebih lama lagi.

Setidaknya terdapat 4 hal yang menyebabkan aki mobil soak dalam jangka waktu tidak lebih dari 1 tahun. Namun jangan khawatir, berikut ini ada 4 hal yang bisa menyebabkan aki soak. 4 hal yang bisa menyebabkan aki soak ini bisa saja terjadi karena faktor human eror ataupun karena faktor kegagalan produk. Dengan mengetahui 4 penyebab ini setidaknya pemilik mobil dapat melakukan antisipasi.

Lalu apa saja 4 hal tersebut? Berikut ulasannya.

#1. Intensitas Penggunaan Mobil yang Tinggi.

Mobil yang sering digunakan bisa membuat performa aki basah menurun. Penggunaan aki mobil yang intens, secara otomatis akan membuat air aki menjadi cepat habis, terutama apabila tidak melakukan pemeriksaan, maka bukan tidak mungkin aki akan berhenti dalam seketika.

#2. Mobil Jarang Digunakan.

Banyak yang berpikir bahwa mobil yang jarang digunakan, komponen aki akan tetap dalam keadaan prima. Hal tersebut sebenarnya salah. Padahal mobil yang jarang digunakan ataupun hanya sekedar di panaskan saja tidak akan memberikan suplai kelistrikan yang cukup sehingga kapasitas listrik yang ada pada aki tidak lagi optimal, sehingga aki akan soak dalam hitungan bulan.

Baca: Salah Satu dari 5 Brand Aki Terbaik Ini Patut Dijadikan Pilihan

#3. Ampere Aki Mobil yang Terlalu Kecil.

Ampere aki mobil yang terlalu kecil pun bisa membuat aki rusak sebelum pada waktunya. Kebutuhan listrik dan kapasitas kelistrikan mobil sangat tinggi, sehingga memerlukan aki mobil dengan ampere yang besar pula, dan jika dipaksakan maka aki mobil akan mengalami over supply, sehingga usia pakai aki mobil akan berkurang.

#4. Penambahan Aksesoris Mobil.

Penambahan aksesoris seperti audio system, elektronik non standar dan lainnya bisa menggerogoti usia pakai aki. Apabila ingin melakukan penambahan aksesoris terkait kelistrikan, maka kapasitas aki pun mesti disesuaikan ataupun diganti dengan ampere yang lebih besar. Aki yang bagus pun akan soak, apabila amperenya tidak lebih besar.

Baca: Cara Memperbaiki Aki Basah dengan Bodrex

Selain 4 hal di atas, aki yang mati mendadak pun bisa diakibatkan oleh usia aki yang tersimpan sudah sangat lama, sehingga sewaktu aki tersebut di pasangkan di mobil, maka sudah dalam performa yang kurang baik. Ketika ingin membeli aki baru atau melakukan charger aki mobil anda, penting sekali untuk memperhatikan kapan tanggal aki tersebut di buat.

Dengan mengetahui apa saja yang bisa menurunkan performa aki mobil, setidaknya kita semua bisa segera melakukan antisipasi supaya mobil tidak mogok mendadak. Apabila hal itu terjadi, tentunya sangat merepotkan sekali, bukan?

Buat Permintaan dan Pengadaan Barang

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Skip to toolbar