Digital Theodolite, Bentuk Modern Waterpass Yang Lebih Unggul

0
Digital Theodolite, Bentuk Modern Waterpass Yang Lebih Unggul
Digital Theodolite, Bentuk Modern Waterpass Yang Lebih Unggul

Digital Theodolite digunakan untuk kepentingan pengukuran tingkat kelurusan antara garis horizontal dan vertikal. Pekerjaan proyek yang memanfaatkan alat ini ialah pembangunan gedung berlantai lebih dari satu. Bangunan bertingkat harus kokoh dan kuat, terutama pondasi sebagai tumpuan utamanya.

Tujuan menggunakan alat ini supaya proses pengerjaan cepat dan hasilnya memuaskan. Spesifikasi ukuran yang dihasilkan di antaranya luas, beda tinggi dan sudut. Angka yang terbaca oleh alat dijamin tepat dan presisi. Teknologi modern yang diterapkan membuat pengguna lebih mudah dalam pengaplikasiannya.

Baca: Digital Theodolite Topcon DT 205L Harga dan Spesifikasi

Digital Theodolite, Bentuk Modern Waterpass Yang Lebih Unggul

Fokus data yang dihasilkan oleh Digital Theodolite berupa tinggi tanah dengan sudut tegak dan mendatar. Ilmuwan mengadopsi alat manual waterpass yang kemudian dimodifikasi sehingga tidak sebatas mendeteksi sudut mendatar saja. Teknologi mutakhir yang diterapkan membuat alat ini bisa membaca hingga satuan ukuran terkecil, yakni dalam second (detik). Bentuk fisiknya ialah teleskop yang terpasang pada alas dengan kenampakan menyerupai piringan (bulatan). Piringan tersebut bisa diputar-putar sehingga sumbu vertikal terkelilingi. Inilah yang bertugas guna penentuan sudut horizontal. Alas yang satunya lagi bekerja dengan prinsip yang sama namun beda peletakannya. Sumbu horizontal terbaca, sesuaikan letak alat agar dapat menghasilkan data yang diinginkan (sudut vertikal).

Segala jenis pekerjaan yang ada hubungannya dengan pengukuran tanah bisa dilakukan oleh sebuah unit modern, tak lain ialah Digital Theodolite. Penggunaan alat tersebut sering dilakukan pada aktivitas pengukuran polygon, pengamatan matahari dan pemetaan situasi. Hebatnya, alih fungsi juga bisa didesain manual, caranya yakni mengubah sudut vertikal menjadi 90º. Perannya sekaligus sebagai pesawat penyipat datar. Teropong yang terpasang memungkinkan bidikkan ke semua arah. Bangunan berbentuk gedung menggunakan theodolit untuk penentuan sudut 900 (siku-siku), rancangan, pengerjaan pondasi serta pengukuran tinggi gedung.

Merek Digital Theodolite yang sudah terbukti memiliki kualitas unggul ialah CST, Krisbow, Nikon, Topcon, Sokkia, Ruide, My Surv dan South. Masing-masing brand mempunyai fungsi yang sama, yakni menentukan lurus tidaknya suatu bidang. Poin yang menyebabkan fluktuasi harga adalah tingkat pembacaan sudut terkecil dan beragan kelebihan lainnya. Jadilah konsumen yang cerdas, dimulai dari tangkas menentukan produsen dan jenis benda sesuai kebutuhan.

Untuk melihat berbagai Digital Theodolite dengan harga dan varian tipe yang beragam dapat Anda cek di website Ralali.com. Ralali.com jual Digital Theodolite dengan varian merk dan tipe yang dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Anda mungkin juga berminat Yang lainnya dari penulis

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.