5 Cara Mendapatkan Penghasilan di Rumah saat Pandemi

5 Cara Mendapatkan Penghasilan di Rumah saat Pandemi

Kita semua setuju bahwa pandemi bukanlah masa yang diinginkan oleh setiap kita. Tidak sedikit dari masyarakat Indonesia yang harus memulai dari titik nol karena kehilangan mata pencahariannya. Beberapa harus dirumahkan sehingga aktivitas menjadi terbatas, dan peluang bisa dibilang menjadi lebih sedikit. Namun, di tengah situasi ini, setiap orang bisa menciptakan peluangnya sendiri untuk melanjutkan hidup.

Berikut 5 tips agar Anda mendapatkan penghasilan tambahan di rumah:

1. Freelance

Maksimalkan laptop / komputer di rumah

Semua orang pasti memiliki keahlian, baik yang disadari maupun tidak. Pandemi ini dapat membantu menggali keahlian yang mungkin selama ini terpendam, ataupun mengasah keahlian yang sudah ada.

Anda dapat bekerja secara flexible dengan freelance dan mengikuti jam kerja sendiri. Bidang freelance juga beragam, Anda bisa memilih bidang yang diminati dan menekuninya. Contoh pekerjaan freelance berupa social media admin, content creator, video editor, graphic designer, dan lain lain. Tanpa terasa, ketika ada kesibukan yang menghasilkan, waktu akan cepat berlalu dan Anda akan semakin berkembang.

2. Bisnis Kecil-Kecilan

Dunia kuliner berkembang pesat sejak pandemi

Tunggu dulu, jangan salah sangka! Bisnis kecil-kecilan bisa jadi bisnis besar Anda nantinya. Namun, kapan Anda mencapai bisnis impian kalau tidak mulai dari sekarang?

Beberapa bisnis kecil yang dapat Anda bangun adalah bisnis makanan seperti frozen food, makanan homemade, desserts dan lain lain. Sebaliknya, karena banyak masyarakat yang mengisi waktu luang mereka dengan memasak, Anda dapat menjual produk bahan-bahan masakan. Anda juga dapat menjual produk yang banyak dicari disaat pandemi, contohnya produk higienitas seperti sabun, hand sanitizer, disinfektan atau produk farmasi seperti masker dan vitamin.

Dengan bertambahnya jam di rumah, masyarakat pada umumnya akan berbenah di rumah dan meningkatkan kenyamanan rumah mereka. Lantas, produk home decor seperti diffuser, peralatan makan, bantal hias semakin laris dan dapat menjadi ide utk para UMKM. Yuk mulai sekarang!

3. Tutor Online

Untuk mengisi waktu luang, banyak orang mulai mengasah pengetahuan dengan mengikuti kelas-kelas online untuk belajar. Di masa pandemi, jasa-jasa online kian diminati dengan memanfaatkan teknologi Zoom, Skype, Google Hangout, dan Whatsapp.

Anda bisa memulai jasa tutor online sesuai bidang yang kamu kuasai. Mulai dari ilmu dasar seperti bahasa asing, pelajaran sekolah hingga keterampilan seperti musik, programming, desain grafis, anda dapat mengajarkannya.

4. Dropship

Menjadi dropshipper cukup praktis dan tidak memerlukan banyak modal. Untuk unggul di bidang bisnis ini, kuncinya adalah untuk mengetahui produk yang diminati oleh konsumen khususnya pada kondisi ini. Lalu, melakukan riset yang mendalam tentang supplier produk yang terpercaya dan dapat membawa keuntungan yang tinggi bagi Anda.

Salah satu kunci lagi adalah menggunakan e-commerce platform untuk memasarkan produk yang akan di drop-ship. Nah sobat Ralali yang menjual bahan baku makanan bisa memanfaatkan platform ini juga untuk mengembangkan bisnis. Gagal atau laku, jangan takut untuk mencoba ya!

5. Investasi

Selain menawarkan jasa dan menjual produk, Anda bisa memanfaatkan investasi untuk memultiplikasi uang Anda. Dengan menyimpan uang di instrumen investasi, Anda bisa mendapatkan keuntungan.

Salah satu investasi yang dapat dicoba adalah P2P Lending, yang termasuk investasi jangka pendek. Anda bisa mendapatkan keuntungan dengan jangka waktu 14 hingga 90 hari. Keuntungan tersebut dapat mencapai 25% per tahun.

Ayo Saling Membantu

Comments (0)
Add Comment