Cara Murah Setting Kamera CCTV Online

0

Cara ‘murah’ setting kamera cctv online tentu sangat diperlukan sebagai safety equipment dalam era teknologi akses internet yang semakin cangih. Dengan pengaturan ini, Anda bisa memantau setiap waktu sejauh lokasi terpasangnya cctv terkoneksi dengan layanan internet.

Cara 'murah' Setting Kamera CCTV Online
CCTV-Online-12-channel-yang-Terpasang-Di-sebuah-Kantor-Bank-di-Jawa-Barat-dan-Diakses-melalui-Internet

Untuk kemudahan akses tersebut ada beberapa tahap yang harus Anda lakukan, dan salah satunya adalah melakukan setting pada kamera cctv. Ongkos yang relatif murah, jika melakukan instalasi sendiri, namun jika Anda memanggil tenaga khusus untuk melakukan pengaturan maka Anda akan dikenakan biasa sesuai dengan standar jasa maintenance.

Oya, proses instalasi ini menggunakan modem TP Link dan sebelum melakukan cara ‘murah’ setting kamera cctv online tersebut ada hal wajib yang perlu Anda ketahui yakni koneksi internet dan perangkat yang disebut dengan DVR (digital video recorder).

Dan proses instalasi ini tidak bisa dilakukan jika tidak terhubung dengan internet. Berikut adalah cara ‘murah’ setting kamera cctv online;

1. Membuat ‘host name’

Ini wajib dilakukan karena melalui akses ini jaringan internet bisa mengidentifikasi lokasi Anda agar identifikasi cctv Anda mudah ditelusuri.

Dalam proses setting ini ada beberapa tahap, mulai dari membuat akun Host Name, melakukan ‘ping’ test hingga pengaturan access management hingga perangkat cctv Anda teridentifikasi online.

Ada banyak tahap ketika melakukan pengaturan ini, lakukan hingga usai, termasuk melakukan sinkronisasi dengan perangkat perekam alias DVR. Oya, Anda bisa membuat akun di DDNS di (http://www.dyndns.com), buka alamat web ini kemudian buat di sini.

Sayangnya, kabar terakhir yang Kami dapat akses ini tak lagi bebas akses alias free, tapi jangan kuatir, Anda tetap bisa mengakses dengan terlebih dulu menggunakan trial, sebab inilah cara ‘murah’ setting kamera cctv online. Lakukan proses ini sampai selesai.

2. Setting CCTV

Cara ‘hemat’ setting kamera cctv online kedua ini juga tak kalah mudah, meski memiliki tampilan yang berbeda-beda namun yang paling penting adalah isi sesuai dengan data host name.

3. Setting CCTV Modem

Cara hemat ketiga ini ini dilakukan dengan dua cara, berikut adalah kedua cara tersebut;

A. Bukalah menu ADSL modem speedy dengan mengetik 192.168.1.1 (Contoh IP pada seting CCTV bisa berbeda) pada browser.

B. Carilah menu sebagai berikut;

  • Rule                               1
  • Aplication                     http
  • Protocol                        All
  • Star port Number       5445
  • End port Number       5445
  • Local IP Address        192.168.1.2

Setelah data tersebut Anda temukan kemudian lanjutkan dengan melakukan Save/ Apply.

Cara 'murah' Setting Kamera CCTV Online
Ilustrasi-Grafis-Sederhana-Akses-CCT-secara-Online

4. Koneksi Kabel

Langkah lanjutan yang bisa Anda terapkan sebagai cara ‘murah’ setting kamera cctv online adalah memastikan kabel koneksi dengan benar. Kabel yang biasa digunakan adalah RG45 dari DVR, pastikan terkoneksi dengan baik dan benar pada modem.

6. Restart DVR

Setalah pemeriksaan dilakukan, mulai dari posisi serta jenis kabel yang digunakan maka lakukan restart DVR tersebut, karena umumnya setelah instalasi dilakukan sebuah perangkat yang terkoneksi dengan internet sebaiknya dilakukan restart.

7. Test PORT

Nah, untuk memastikan apakah port yang telah Anda lakukan instalasi terbuka dan bisa diakses melalui internet dengan benar maka Anda harus terlebih dulu melakukan uji coba. Maklum, cara ‘murah’ setting kamera cctv online perlu pengujian, lakukan dengan mudah dan free melalui sebuah website yakni www.canyouseeme.org. Anda bisa mengecek port tersebut terbuka atau tidak.

8. Test DVR

Melakukan uji DVR adalah langkah terakhir dari cara ‘hemat’ setting kamera cctv online agar bisa diakses melalui internet. Untuk melakukan itu langkah yang Anda lakukan adalah membuka browser internet yang ada kemudian ketik http://192.168.1.2:5445 jika berhasil maka dapat dipastikan DVR Anda dapat diakses melalui internet.

Cara 'murah' Setting Kamera CCTV Online
Ilustrasi-Live-Streaming-CCTV

Itulah beberapa tahapan yang bisa Anda lakukan sendiri, beberapa cara memang memerlukan ketelitian dalam melakukannya, salah satunya adalah saat mengakses IP, jika terjadi kesalahan data maka Anda tidak bisa melanjutkan pengaturan, atau jikapun usai melakukan setting maka Anda tidak bisa mengakses DVR CCTV dari jarak jauh.

Ralali Business Solution

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.