Lansia Tetap Unggul Berkarya Melalui Ralali Agent

0


Hari lansia
Hari lansia

PBB menetapkan 1 Oktober sebagai Hari Internasional Orang Lanjut Usia (Lansia) pada tahun 1990. Hari ini diperingati sebagai kesempatan untuk menyoroti kontribusi penting lansia kepada masyarakat dan meningkatkan kesadaran akan peluang juga tantangan penuaan di dunia masa kini.

Diperkirakan tahun 2017 terdapat 23,66 juta jiwa penduduk lansia di Indonesia (9,03%), selain itu diprediksi jumlah penduduk lansia tahun 2020 mencapai  27,08 juta¹. Temuan baru lainnya menurut data yang dihimpun oleh Lokadata tahun 2014-2018, kebanyakan lansia di Indonesia tinggal seatap dengan generasi ketiga atau dirawat oleh cucu mereka. 

Fenomena sosial yang ada menjadi tantangan bangsa ini, bagaimana segala elemen masyarakat, lembaga serta instansi terkait mampu mendorong terwujudnya masyarakat  lanjut usia yang produktif dan unggul, sehingga berdaya guna bagi lingkungan sekitarnya.  

Ralali Agent yang merupakan platform on-demand business penghubung jutaan tenaga kerja dengan pelaku bisnis atau prinsipal, menghadirkan fleksibilitas, penghasilan tambahan serta kemudahan memaksimalkan kompetensi diri bagi seluruh agentnya. Ralali Agent telah bertindak lebih jauh dengan memberi peluang dan kesempatan bagi siapa saja tak terkecuali tenaga kerja yang telah lanjut usia untuk tetap unggul dan hidup sejahtera.

Momentum Hari Lansia ini sekaligus mengingatkan kita bahwa suatu saat manusia akan mengalami siklus penuaan, namun menjadi produktif, unggul dan memiliki kesejahteraan merupakan pilihan yang harus ditempuh sedari dini. Pemikiran ini yang telah dijalani oleh Carles Mantik (55 tahun), pria paruh baya yang terdaftar menjadi Sobat Agent. “Saya berusaha memanfaatkan waktu supaya bisa tetap berpenghasilan, sejak tahun 1999 saya membuka macam-macam usaha namun untungnya semakin menyusut karena saingannya sudah banyak apalagi sekarang ini. Lalu saya ambil pekerjaan lain yaitu kegiatan administrasi seperti survei yang dibutuhkan badan sosial begitu. Ini sebelum saya kenal Ralali Agent” ujar Mantik.

Tantangan masyarakat lanjut usia dewasa ini dirasakan oleh Mantik sebagai Sobat Agent yang usianya akan segera memasuki kategori lansia, “Alasan utama berminat dan mau bergabung dengan Ralali Agent karena saya dapat kesempatan yang sama seperti dengan anak-anak muda, penghasilan juga tidak dibedakan sama Ralali Agent, asal rajin menyelesaikan pekerjaan dan nggak milih-milih, pasti bisa dapat hasil yang diharapkan. Selain itu usia saya juga jadi hambatan pekerjaan pada umumnya, karena biasanya karyawan yang sudah berumur dibayar lebih tinggi daripada dari karyawan muda, jadi keadaan itu jadi penghambat untuk bisa dapet kerja. Alhamdulilah setelah melakukan pekerjaan yang ada di aplikasi Ralali Agent, saya cek saldo langsung ada tambahan uang untuk kebutuhan dapur keluarga”.

Pasalnya, tenaga kerja dengan usia lanjut kerap kali dinilai kurang memiliki kepercayaan diri, hambatan akses aktualisasi diri, serta minimnya komunitas atau paguyuban untuk mewadahi mereka. Ralali Agent menjadi solusi untuk masyarakat dari berbagai kelas dan usia untuk membiasakan diri tetap produktif berkarya sehingga dengan kebiasaan tersebut, tenaga kerja Indonesia memiliki daya saing sebagai SDM unggul.  

“Pekerjaan yang ada di Ralali Agent semua ada di aplikasi lewat handphone, jadi saya juga menjadi terbiasa menggunakannya, aplikasi ini mudah dipakai menurut saya. Jarang ada hambatan sih kalau menggunakan. Saya saja yang sudah tua, modal hape, pikiran positif dan rajin bisa dapat manfaat apalagi anak muda harusnya lebih produktif dari saya”. ungkap Mantik untuk memicu generasi muda.

Sobat Ralali Agent yang tetap produktif menginjak usia senja
Sobat Ralali Agent yang tetap produktif menginjak usia senja

Meskipun rentang usia Sobat Agent (sebutan bagi pengguna Ralali Agent) terdaftar didominasi usia  21-45 tahun, tidak sedikit jumlah Sobat Agent yang berusia 55-60 tahun. Ini adalah bukti terbukanya akses pekerjaan di Ralali Agent bagi siapapun. Selain itu, bagi Sobat Agent yang tergabung di bawah pengawasan Mitra Agent yang telah tersebar di 44 provinsi di Indonesia, mereka termasuk yang berusia lanjut bisa mendapatkan pelatihan, berbagai pengalaman maupun ilmu dalam komunitas dan memperluas network – sehingga semakin produktif dalam menjalankan pekerjaan.

VP of Ralali Agent, Peter Wijaya menyampaikan “Peringatan Hari Lansia mengingatkan kita untuk tetap menghormati masyarakat yang telah lanjut usia, dengan menghadirkan solusi dan jawaban dari tantangan yang mereka hadapi. Ralali Agent telah berpikir kedepan untuk tenaga kerja dari berbagai usia dan latar belakang yang ada. Dengan pekerjaan yang ada di aplikasi, secara otomatis tenaga kerja tersebut telah mampu bersaing di era ekonomi digital. Pekerja juga semakin produktif karena berbagai pilihan pekerjaan seperti survei, promosi hingga akuisisi pasar disediakan. Harapannya perilaku ini akan membangun kebiasaan produktif berkarya bagi tenaga kerja, sehingga saat memasuki usia lanjut sudah terbiasa beraktivitas, berinteraksi dan mengaktualisasikan kemampuannya”.  

Mantik adalah Sobat Agent yang memiliki semangat dan kemauan yang besar untuk mengubah perekonomian keluarga di usia yang tak lagi muda. Ralali Agent, satu-satunya aplikasi yang mengolaborasikan SDM (manusia) unggul dengan inovasi teknologi. Ini ditujukan untuk menciptakan konektivitas dan inklusivitas (pemerataan) bagi pengembangan usaha pelaku bisnis dan prinsipal di Indonesia secara masif dan berdampak sosial, khususnya untuk UMKM Indonesia.

¹ Analisis Lansia Indonesia, Kemenkes RI

TENTANG RALALI.COM

Didirikan pada tahun 2013 oleh Joseph Aditya, Ralali.com adalah online marketplace B2B (Business-to-Business) pertama dan terbesar di Indonesia yang menyediakan beragam kategori produk bisnis. Tahun 2018 Ralali.com memperkenalkan Business Innovation Group (BIG), pasar segmentasi vertikal yang menggunakan BIG data untuk menyediakan solusi spesifik dalam pemenuhan kebutuhan usaha UMKM sesuai segmentasi usaha, mencakup usaha kuliner dan jasa makanan (BIG Resto), usaha perkantoran (BIG Office), usaha otomotif (BIG Auto), usaha bahan bangunan (BIG Home), usaha kebutuhan FMCG (BIG Mart), usaha retail (BIG Market) dan usaha jasa on-demand berbasis pekerjaan (BIG Agent).

Selama 6 tahun, Ralali.com melayani lebih dari 13.000 pemasok (sellers), memberdayakan hampir 1 juta UMKM dan menangani hampir 300.000 produk (SKU) di dalam platformnya, dengan setengah juta pengguna teregistrasi dan lebih dari 5 juta pengunjung bulanan. 

Ralali Agent adalah on-demand platform dari Ralali.com yang memiliki misi untuk memberikan definisi cara baru berbisnis. Ralali Agent membantu bisnis berkembang dengan memberdayakan dan menghubungkan jutaan pekerja berkualitas, sekaligus membantu masyarakat mendapatkan penghasilan tambahan melalui berbagai jenis pekerjaan sesuai preferensi. Dengan 44 Mitra Agent (mitra bisnis lokal), saat ini terdapat 300.000 Sobat Agent (anggota) yang tersebar di 25 provinsi se-Indonesia.

KONTAK MEDIA:

Alsevera Popi Yolanda

Public Relations Executive Ralali.com

P: 085790568826

E: [email protected]

Ralali Business Solution

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.