Mengubah Hobi Memasak Jadi Peluang Usaha yang Menjanjikan

0

Pernahkah kamu membayangkan bisa bekerja sesuai passion?

Pastinya sangat menyenangkan dan terasa ringan saat menjalaninya bukan? Sama seperti halnya jika kamu memiliki hobi memasak, namun disaat yang bersamaan kamu  bisa menghasilkan uang dari hal tersebut.

Nah, untuk itu kali ini kita akan membahas beberapa peluang usaha dari hobi memasak, yang bisa kamu kembangkan dan menjadi sebuah usaha yang menguntungkan.

Lima Peluang Usaha dari Hobi Memasak

Bisnis Jualan Kue

Bisnis kuliner
Bisnis kuliner

Buat kamu yang hobi bikin kue, dan berkreasi dengan keindahan, bisnis makanan ringan seperti cake, pastry dan bakery, cocok banget sebagai ide bisnis untuk menghasilkan pundi – pundi uang yang bisa dijual secara online maupun offline.

Untuk langkah awal kamu bisa menawarkannya melalui mulut ke mulut kepada orang terdekat, maupun kerabat. Berikut ada beberapa jenis makanan ringan yang bisa kamu jual melalui online.

Dari beberapa jenis kue yang sudah disebutkan di atas, mungkin kamu bisa mencoba berjualan kue yang sesuai dengan passion atau bahkan mencoba resep baru yang sedang hits.

Untuk memulainya cobalah untuk menjajakannya melalui media sosial pribadi atau membuat akun bisnis profesional untuk makanan ringan yang kamu jual. Selain berjualan online kamu bisa juga berjualannya melalui door to door, keluarga, teman, tetangga. Bila sudah mempunyai modal lebih besar, kamu akan bisa membuka toko kue sendiri.

Membuka Usaha Restoran

Kamu hobi masak, dan suka coba-coba resep populer? Wah, berarti ini saat yang tepat untuk membuka usaha rumah makan-mu sendiri. Namun sebelum memutuskan untuk membuka usaha kuliner sendiri, cobalah riset kepada orang lain seperti membuat masakan kesukaan kamu lalu membagikannya kepada orang terdekat sebagai tester untuk mengetahui respon yang mereka berikan.

Jika kamu mendapat tanggapan yang baik, berarti ini saatnya kamu untuk berdiri dan memulai bisnis kuliner dimulai dari membuka warung makan mulai dari di depan rumah kamu, atau memilih lokasi yang strategis jika mempunyai modal yang cukup.

Di Indonesia sendiri ada beberapa tempat makan yang terbilang laris manis di kalangan masyarakat Indonesia, seperti yang di bawah ini

  • Soto Betawi
  • Ayam Bakar
  • Mie Ayam
  • Bubur
  • Nasi Goreng
  • Gudeg
  • Ikan Bakar
  • Bakso

Selain pemilihan makanan yang tepat, jangan lupa sesuaikan harga makanan yang dijual sesuai dengan lokasi dimana usaha kuliner di jalankan.

Membuka Usaha Jasa Katering

bisnis rumahan
source: https://bit.ly/2LGGdph

Saat ini bisnis katering di Indonesia sangat populer, bukan hanya katering untuk pernikahan, tapi juga katering makanan sehat yang disukai anak muda. Saking populernya nggak mengherankan kalau anak presiden pun ikutan membuka usaha kuliner.

Nah, jadi kalau kamu tertarik untuk membuat bisnis katering, mulailah usaha ini dengan semangat dan ketahuilah tidak ada perjalanan bisnis yang selalu berjalan mulus. Untuk itu yuk kita lihat dulu tips menjalankan sebuah usaha katering dari nol

  • Bisnis katering bisa dimulai dengan modal sedang
  • Elemen penting dari sebuah bisnis katering adalah rasa dan jangan lupa untuk menjaga kebersihannya.
  • Teruslah berinovasi dengan menu baru, dan beranilah untuk tampil berbeda.
  • Lakukan promosi melalui media sosial dan mouth to mouth

Selain tips di atas, ingat ya relasi yang baik sangat dibutuhkan dalam jenis bisnis apapun, untuk itu kamu juga dituntut untuk memiliki komunikasi dengan orang-orang sekitar.

Menjadi Food Blogger/ Vlogger

Saat ini menjadi seorang youtuber, selebgram bukanlah hal yang aneh lagi. Apalagi kalau mengingat pundi-pundi uang yang bisa dihasilkan. Maka dari itu jika kamu suka hunting makanan baik di dalam negeri atau luar negeri, kamu bisa menjalankan hobi makan ini sembari mengulas tempat tersebut mulai dari lokasi, tampilan makanan, rasa, dan harga.

Dengan membuat video yang menarik, dan kamu bisa mendapatkan banyak followers, dan viewers. Namun harus diingat ya menjadi food blogger bukan berarti kamu akan langsung menghasilkan uang, karena kamu harus bersabar untuk bisa menjadi vlogger yang terkenal.

Membuat Buku/ Blog Resep Makanan Enak

Bisnis kuliner

Kalau di atas kita sudah membahas tentang bagaimana membuat hobi masak berubah menjadi bisnis kuliner, di bagian ini kita akan mengulik hobi yang nggak jauh jauh dari dapur ini bisa dituangkan dalam sebuah tulisan, yaitu resep makanan, resep kue, atau kreasi lainnya.

Bukan hanya berbagi ilmu, tapi kamu juga bisa mendapatkan penghasilan tambahan, menarik kan. Selain sebuah buku, kamu juga bisa menuliskannya dalam sebuah blog.  Jika sudah populer blog kamu bisa menjadi lahan uang yang menjanjikan, karena akan ada perusahaan, web lainnya yang akan memasang iklan di blog Anda.

Di atas tadi adalah beberapa peluang usaha dari hobi memasak yang bisa menjadi pilihan untuk kamu. Yang mana nih pilihanmu? Apapun itu kerjakan dengan semangat dan jangan menyerah

Ralali Business Solution

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.