Anak Lebih Sehat, ini 5 Tips Bento Pemula untuk Bekal Anak

0

Saat ini, berita tentang keracunan makanan sangat banyak. Terutama di sekolah-sekolah, karena rata-rata jajanan yang dijual mengandung pewarna, pemanis, dan pengawet berbahaya. Sekalipun efeknya tidak langsung dirasakan, resikonya suatu saat tetap bisa terjadi berupa penyakit, ringan maupun berat.

Gaya Sehat Sejak Dini

Mengajarkan gaya hidup sehat pada anak sejak dini sangat penting. Salah satunya dengan mengajarkan cara memilih makanan dan minuman yang sehat.

source: pexels

Sehingga, saat di sekolah, anak Anda tidak jajan sembarang. Membuat bekal pun bisa menjadi solusi agar anak tidak jajan sembarangan di waktu istirahatnya.

Baca juga: Bagi Kamu Anak 90an, Ayo Bernostalgia Sejenak Dengan 17 Ide Permainan Tradisional Di Hari Kemerdekaan

Buat sarapan sehat dengan tampilan menarik yang membuat anak enggan jajan dan memilih memakan bekalnya tersebut.  Seperti dengan bekal khas jepang bernama bento. Bento merupakan bekal biasa, terdiri dari makanan sehat yang dibentuk jadi menarik dengan bentuk-bentuk unik seperti karakter kartun. Pun ada banyak tempat makan dengan warna-warna menarik bahkan dibanderol murah, salah satunya promo Tupperware yang sering memberikan harga menarik.

Tak perlu takut apabila masih pemula bikin bento, berikut ini ada beberapa tips dalam menyiapkan bento untuk bekal anak tersebut.

Gunakan Beras Jepang

Untuk nasi, agar semakin mudah dibentuk sebaiknya gunakan nasi dari beras Jepang. Namun, ini opsional, jika tidak ada masih tetap bisa menggunakan berasa biasa.

source: fromjapan.co.jp

Bentuk selagi nasi tersebut hangat, tapi masukkan ke dalam wadah saat nanti sudah dingin. Tujuannya, agar nasi tidak beruap saat wadanya ditutup. Jika anda ingin mencari beras berkualitas dengan harga murah bisa order di ralali.com karena kami menjual langsung dari distributor dengan harga grosir beras paling murah terpercaya. Untuk order bisa klik disini

Porsi Cukup

Mengajarkan anak berbagai memang harus. Tapi, perhatikan juga porsi bekalnya. Jangan sampai kebanyakan dan membuat bekalnya tersisa banyak. Kalaupun ingin anak membawa bekal lebih agar bisa dimakan di istirah selanjutnya, lebih baik pilih wadah yang memiliki pemisah atau didua tempatkan saja.

Jenis Makanan

Porsi makanan yang cukup harus terdiri dari beberapa macam makanan dengan gizi seimbang. Karbohidrat, protein, lemak, serat, vitamin, dan mineral semuanya harus terkandung dalam makanan yang disiapkan. Seperti nasi, daging, telur, sayur, dan buah-buahan. Sesuaikan porsi dari setiap jenis makanan ini dengan kebutuhan nutrisi si kecil, berdasarkan umur dan kegiatannya.

Artikel Menarik Lainnya: Grosir Baju Anak Branded, Perlu Yang Autentik

Wadah Berkualitas

Memilih wadah untuk bekal anak tidak boleh sembarangan. Pilih yang bahannya ringan, tidak mudah pecah, dan tertutup rapat, anti tumpah. Contohnya Tupperware. Dibanding wadah lainnya, Tupperware lebih direkomendasikan. Materialnya dari plastic berkualitas, memiliki sertifikat dari berbagai lembaga pengujian dan stadarisasi badan dunia yang menunjukan produknya aman atau food grade, bebas bahan kimia, dan ramah lingkungan. Informasi Terkait: Info Promo Tupperware Koleksi Terbaru 2017

Sistem pengunciannya pun rapat. Walaupun selama di perjalanan anak begitu aktif bergerak, bekal dalam Tupperware yang berada di dalam tasnya tidak akan tumpah. Harga Tupperware tidak terlalu mahal apalagi jika Anda membeli saat promo. Harganya lebih murah dan produk yang didapat pun bisa lebih banyak.

Siapkan Sejak Malam

Bagi Anda yang sibuk dan tidak memiliki waktu di pagi hari untuk menyiapkan sarapan tersebut, bisa siapkan bekal sejak malam hari, sebelum tidur. Untuk nasi, berasa bisa dicuci sejak malam dan masukkan ke dalam penanak agar saat bangun bisa langsung di masak. Sayur-sayuran, buah, daging, atau makanan yang perlu di masak lainnya sejak semalam bisa dipotong-potong dan disiapkan bumbunya. Masukkan ke dalam kulkas dan saat pagi bisa langsung diolah atau disusun. Demikian juga dengan konsepnya, pastikan sejak semalam sudah tahu bento tersebut akan dibentuk seperti apa. Bahkan jika diperlukan, Anda pun buat gambarnya. Jadi, saat pagi datang dan makanan siap dibentuk, tidak pusing lagi menentukan bentuknya.

Anda mungkin juga berminat Yang lainnya dari penulis

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.