Apa Itu Altimeter dan Apa Fungsinya?

0
apa itu altimeter
Image: www.garminpakistan.com

Apa Itu Altimeter dan Apa Fungsinya? – Ketika mendengarkan pilot mengumumkan jarak ketinggian pesawat yang Anda naiki, mungkin Anda penasaran bagaimana sang pilot dapat mengetahuinya? itulah fungsi altimeter, perangkat yang dibuat untuk menjawab pertanyaan itu.

Apa Itu Altimeter dan Apa Fungsinya?

Anda mungkin tidak berpikir bahwa ketinggian menjadi faktor paling penting untuk seorang pilot ketika mengemudikan pesawat. Mengukur ketinggian pesawat di atas permukaan laut merupakan hal paling penting yang harus diketahui oleh pilot. Beberapa pegunungan yang tinggi dapat menjadi ancaman pesawat apabila terjadi gangguan cuaca buruk dan menghalangi jarak pandang.

Apa itu Altimeter

Secara penjelasan singkat, altimeter adalah alat untuk mengukur ketinggian, lalu bagaimanakah cara untuk mengukur ketinggian itu sendiri? Mengukur ketinggian dapat dilakukan dengan berdasarkan tekanan udara. Mengapa bumi memiliki tekanan udara? Gaya gravitasi menarik segala hal termasuk molekul udara yang mengambang di sekitar kita. Karena itu, setiap benda atau manusia akan merasakan tekanan udara akibat dorongan molekul udara yang ditarik oleh gravitasi. Semakin tinggi suatu permukaan maka tekanan udara akan semakin berkurang akibat jauh dari permukaan bumi. Dengan demikian mengukur tekanan udara bisa menjadi cara sederhana dan efektif untuk mengukur ketinggian.

Altimeter sendiri ada berbagai jenis, ada yang mengukur ketinggian dengan cara memantau tekanan udara. Kekurangan altimeter berbasis tekanan udara sendiri adalah tidak memperhitungkan hambatan berbahaya seperti gunung atau bangunan.

Ada juga altimeter yang bekerja berbasis radio. Altimeter ini bekerja menyerupai radar untuk menavigasi. Menggunakan gelombang radio yang diturunkan dari pesawat dan memantul kembali untuk bisa dianalisa berapa ketinggiannya. Altimeter berbasis radio yang bekerja lebih cepat dan akurat dibandingkan berbasis tekanan udara banyak digunakan dalam pesawat berkecepatan tinggi atau untuk pesawat yang melakukan penerbangan rendah seperti jet tempur.

Anda bisa menggunakan altimeter untuk keperluan penerbangan, pendakian gunung, pengukuran tinggi gedung, dan berbagai hal lainnya yang berhubungan dengan ketinggian. Tersedia altimeter dengan berbagai tipe dan varian yang bisa Anda cek di website Ralali. Altimeter dengan mudah bisa Anda dapatkan hanya di Ralali.com yang jual altimeter terlengkap.

Ralali Business Solution

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.