Mengenal Cara Kerja Metal Detector

1
cara kerja metal detector
Image: md-hunter.com

Mengenal Cara Kerja Metal Detector – Apakah Anda pernah membayangkan tentang keseruan berburu harta karun di bawah tanah? Sejak puluhan tahun lalu sudah banyak orang menggunakan metal detectors atau detektor logam untuk mengungkapkan peninggalan berharga yang terkubur di bawah tanah. Pada masa modern, metal detectors diterapkan pada lebih banyak fungsi seperti untuk keamanan, mendeteksi senjata api, pisau, dan benda yang mengandung logam lainnya yang dapat membahayakan orang lain. Metal detectors bekerja menggunakan ilmu elektromagnetis. Yuk, mari kita Mengenal Cara Kerja Metal Detector !

Mengenal Cara Kerja Metal Detector

Seorang fisikawan asal Skotlandia bernama James Clerk Maxwell menyimpulkan di tahun 1860-an, bahwa magnet dan listrik memiliki hubungan yang sangat erat. Anda dapat menggunakan listrik untuk membuat magnet dan menggunakan magnet untuk menghasilkan listrik. Prinsip inilah yang digunakan dalam metal detectors.

Metal detectors mengandung kumparan kawat yang dikenal sebagai kumparan pemancar. Ketika listrik mengalir melalui kumparan, medan magnet akan tercipta disekitar kumparan. Ketika Anda menggerakkan metal detectors ke atas tanah, medan magnet akan ikut bergerak juga. Jika Anda mendekatkan detektor pada sebuah benda logam, medan magnet akan mempengaruhi atom yang berada di dalam logam, bahkan mengubah cara elektron bergerak.

Seberapa dalam detektor logam dapat mendeteksi keberadaan benda logam? Sangat tergantung pada faktor-faktor penentunya, seperti:

  • Ukuran, bentuk, dan jenis benda logam yang terkubur atau tersembunyi. Benda yang semakin besar makan akan lebih mudah terdeteksi daripada yang kecil.
  • Letak benda yang terkubur datar umumnya lebih mudah untuk terdeteksi daripada yang terkubur vertikal. Benda yang melintang akan menciptakan area target yang lebih besar dan efektif mengirimkan sinyal ke detektor logam.
  • Usia dari objek yang terkubur lebih lama akan teroksidasi atau berkarat sehingga akan mengurangi pendeteksian menggunakan metal detectors.
  • Sifat dari tanah atau pasir juga memberikan pengaruh. Secara umum detektor logam dapat bekerja hingga kedalaman maksimum sekitar 20-50 cm.

Lalu digunakan dimana sajakah metal detectors itu? Metal detectors tidak hanya dipakai untuk mencari koin di pantai. Pemanfaatan detektor logam di bandara serta berbagai fasilitas umum lainnya yang digunakan untuk melacak senjata berbahaya mungkin juga sering Anda jumpai. Para arkeolog juga menggunakan metal detectors untuk mencari benda berharga dalam penelitian sejarah.

Anda bisa mendapatkan berbagai jenis metal detectors dengan mengecek website Ralali. Ralali.com jual metal detectors dengan varian merk dan tipe yang dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Ralali Food Program

Bergabunglah dengan Ralali Food Program untuk mengembangkan brand kuliner Anda. Manfaatkan solusi makanan siap saji inovatif, jangkauan distribusi luas, dan dukungan finansial tanpa modal awal. Tingkatkan pendapatan dan perluas pasar dengan dukungan penuh dari Ralali.


1 Komen
  1. Gerhard Fischer berkata

    Detektor logam digunakan untuk menghitung sinyal balik dengan menyuntikkan pulsa listrik ke dalam tanah. Di dalam materi konduktor (yaitu logam), medan elektromagnetik yang ditransmisikan oleh detektor menyebabkan loop arus listrik yang disebut arus eddy. Arus Eddy menghasilkan medan magnetnya sendiri, yang diserap dan dianalisis oleh detektor.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.