Apa Saja Fungsi Voltage Tester dalam Uji Kelistrikan ?

0
Apa Saja Fungsi Voltage Tester dalam Uji Kelistrikan
Image:

Apa Saja Fungsi Voltage Tester dalam Uji Kelistrikan ? – Banyak sekali peralatan elektronik yang sumber energinya menggunakan energi listrik semisal tv, kulkas dan lainnya. Kebanyakan orang hanya sekedar tahu bahwa seluruh alat tersebut memakai energi listrik, namun tak mengetahui apa itu listrik serta apa saja bahaya dari listrik tersebut.

Untuk menghindari bahaya listrik, maka diperlukan uji kelistrikan. Maksud dari uji kelistrikan ini yaitu untuk mengetahui kualitas listrik yang di gunakan apakah sudah optimal dari tegangan atau belum, untuk mengetahui kualitas daya, hambatan listrik dan lainnya.

Terdapat berbagai macam alat untuk menguji kelistrikan, salah satunya yaitu voltage tester. Voltage tester di pakai untuk mengetahui ada atau tidaknya tegangan listrik pada alat listrik yang di gunakan. Alat ini sangat mudah digunakan, pengguna hanya menghubungkan bagian ujung alat tersebut ke sumber listrik yang hendak di uji.

Mengapa mesti menggunakan voltage tester ? Bukankah menguji kelistrikan menggunakan test pen pun sudah cukup ? Meskipun test pen dan Voltage tester mempunyai fungsi yang sama yaitu untuk menguji kelistrikan, namun kedua alat tersebut mempunyai perbedaan.

Dari segi penggunaan, Led yang ada pada alat test pen akan menyala jika sumber yang diuji terdapat tegangan, sedangkan untuk voltage tester akan bergetar jika pada sumber yang di uji terdapat tegangan.

Tidak hanya itu saja, pada voltage tester pun terdapat LCD yang berguna untuk menampilkan data tegangan yang terukur. Sedangkan test pen hanya dapat mendeteksi tegangan pada sumber yang diuji saja. Berikut ini sejumlah fungsi serta kegunaan voltage tester.

Fungsi Voltage Tester

  • Mendeteksi apakah pada sumber yang di uji terdapat tegangan atau tidak.
  • Bisa menguji tegangan AC serta tegangan DC.
  • Mempunyai display LCD yang berguna untuk menampilkan nilai-nilai tegangan yang diuji.
  • Bisa menguji tegangan AC ataupun tegangan DC yang tinggi.
  • Bisa menguji tegangan AC ataupun tegangan DC yang rendah.

Begitu banyak sekali kelebihan voltage tester dari pada test pen. Dengan voltage tester kita bisa melakukan uji listrik yang lebih akurat.

Untuk melihat berbagai voltage tester dengan harga dan varian tipe yang beragam dapat Anda cek di website Ralali. Ralali jual voltage tester dengan varian merk dan tipe yang dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.