Kompas Alat Penunjuk Arah Mata Angin Terpopuler

0
Kompas Alat Penunjuk Arah Mata Angin Terpopuler jual kompas
Image: ranselwisata.com

Kompas Alat Penunjuk Arah Mata Angin Terpopuler – Arah mati angin kerap menjadi pedoman seseorang untuk menentukan keberadaan suatu daerah, untuk seseorang yang tersesat di jalan maka arah mata angin yang dilihat melalui kompas akan menuntunnya ke tempat tujuan. Kebanyakan masyarakat mengetahui jumlah arah mata angin ialah 4 arah, yaitu timur, selatan, barat, serta utara. Akan tetapi tidak tidak sedikit pula orang yang mengetahui jumlah mata angin sebanyak 8 arah maupun 16. Menurut ilmu pengetahuan keseluruhan jawaban tersebut adalah benar.

Dalam ilmu pelayaran  dijelaskan bahwa lingkaran bumi 3600 derajat, hal tersebut didapati dari jumlah putaran dari arah utara menuju arah utara lagi. Empat arah mata angin yang menjadi tolak ukur dalam pelayaran ialah Timur, Selatan, Barat serta Utara. Pada setiap sela-sela empat arah mata angin tersebut terdapat arah mata angin yaitu Tenggara, Barat Daya, Barat Laut, serta Timur Laut.

Baca: Mengenal 3 Jenis Kompas

Kompas tergolong alat yang populer digunakan oleh masyarakat untuk menentukan arah mata angin sewaktu ia berada dalam sebuah aktivitas, contohnya menentukan arah kiblat sholat, berkemah di hutan, perjalanan jauh, mendaki gunung dan yang lainnya.

Kompas sendiri mempunyai bentuk yang sudah menjadi ciri khasnya, yaitu bulat, kecil mempunyai skala piringan derajat semisal angka jam, serta panah berwarna mencolok yang akan digunakan untuk menentukan arah mata angin. Pada jarum kompas memiliki sifat magnetik, sebab medan magnet bumi akan menggerakkan jarum tersebut bergerak bebas. Di Sekolah Dasar sudah dipelajari prinsip kerja dari kompas yaitu jarum pada kompas akan bergerak sesuai dengan medan magnet yang menunjukan kutub-kutub medan bumi.

Menggunakan kompas sangatlah mudah, caranya hanya meletakkannya saja di atas permukaan tanah maupun di lantai dengan posisi mendatar supaya jarum jam dapat berputar dengan bebas. Dapat pula menaruhnya di telapak tangan apabila sang pengguna kesulitan dalam menemukan permukaan yang datar. Untuk jarum kompas yang mempunyai warna mencolok akan menunjukkan arah mata angin posisi utara, dengan begitu maka bisa di tentukan pula arah mata angin yang lainnya.

Untuk melihat berbagai kompas dengan harga dan varian tipe yang beragam dapat Anda cek di website Ralali. Ralali jual kompas dengan varian merk dan tipe yang dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.