Bagian-Bagian Utama Mesin Bor

0
Mesin Bor
Mesin Bor

Bagian-Bagian Utama Mesin Bor – Apabila kita bekerja di perusahaan bidang manufaktur elektronika maupun lainnya dan di tempatkan di posisi semisal bagian pengeboran, tentunya mesti mengetahui bagian-bagian mesin bor tersebut, saat ini ada beberapa jenis mesin bor, ada mesin bor duduk ada juga mesin bor tangan. akan tetapi fungsi dan bagian utama kedua bor tersebut kurang lebih sama.Artikel ini akan lebih menjelaskan tentang bagian bagian utama mesin bor, hal ini bertujuan supaya lebih memahami cara menggunakan bor yang baik serta benar, dan ketika rusak pun bisa memperbaikinya.

Baca: Taukah Anda Cara Mengebor Yang Benar? Inilah Caranya

Bagian-Bagian Utama Mesin Bor

Base atau Dudukan

Base adalah penopang dari seluruh komponen mesin bor. Letak Base berada di paling bawah. Pemasangan Base mesti kuat sebab akan berpengaruh terhadap keakuratan pengeboran.

Column atau Tiang

Column atau Tiang komponen mesin bor yang dipakai sebagai penyangga ketika proses pengeboran. Bagian ini berbentuk silinder yang memiliki alur atau rel yang berguna untuk jalur gerak vertikal dari meja kerja.

 Table atau Meja

Bagian ini dipakai untuk meletakkan benda yang hendak dibor. Meja kerja bisa disesuaikan secara vertikal supaya bisa mengakomodasi ketinggian pekerjaan yang berbeda maupun dapat berputar ke kiri serta ke kanan dengan sumbu poros pada ujung yang menempel pada tiang.  Pada bagian ini dilengkapi dengan pengunci atau Table Clamp yang berguna untuk menjaga meja supaya sesuai dengan posisi yang diinginkan.

Drill atau Mata Bor

Mata bor digunakan untuk membuat lubang. Mata bor yang kerap digunakan ialah mata bor spiral sebab daya hantar mata bor spiral sangat baik, serta bidang potongnya bisa diasah tanpa harus mengubah diameter bor.

Baca: Cara Merawat Mata Bor Agar Lebih Tahan Lama

Spindle

Bagian yang menggerakkan chuck atau pencekam, yang memegang atau mencekam mata bor.

Spindle head

Bagian ini merupakan rumah dari konstruksi spindle yang digerakkan oleh motor dengan sambungan berupa belt dan diatur oleh drill feed handle.

Drill Feed Handle

Drill Feed Handle  berfungsi untuk menurunkan atau menekankan spindle dan mata bor ke benda kerja.

Kelistrikan

Penggerak paling utama mesin bor ialah motor listrik. Untuk kelengkapannya dimulai dari kabel Power, kabel penghubung, sekring, lampu indicator, serta sakelar.

Buat Permintaan dan Pengadaan Barang

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Skip to toolbar