Bagus Mana, Mesin Laminating Panas atau Dingin?

0
Bagus Mana, Mesin Laminating Panas atau Dingin?
Bagus Mana, Mesin Laminating Panas atau Dingin?

Dokumen penting mesti dilindungi supaya tidak rusak akibat debu, kotoran, air, terlipat ataupun sobek. Cara yang bisa dilakukan untuk melindungi dokumen agar tidak rusak ialah dengan menyimpannya dengan baik di tempat khusus dokumen ataupun dengan melaminating.

Baca: Terlihat Sederhana, Namun Benda Ini Mempunyai Banyak Manfaat Untuk Dokumen

Laminating adalah proses melindungi dokumen dengan cara melapisinya dengan bahan berupa plastik yang terbuat dari polypropylene, polyester ataupun nylon. Alat yang digunakan untuk melaminating disebut mesin laminating. Bagi seseorang yang mempunyai usaha fotocopy tentu sudah tidak asing lagi dengan mesin laminating.

Mesin laminating terbagi menjadi dua jenis, yaitu mesin laminating panas dan mesin laminating dingin. Lalu, apa perbedaan mesin laminating panas dengan mesin laminating dingin? Berikut ulasannya.

Mesin Laminating Panas

Mesin laminating panas menggunakan metode thermal laminating dalam prosesnya. Terdapat 2 metode dalam proses ini, yaitu menggunakan plastik yang telah mengandung lem atau menggunakan plastik yang belum mengandung lem.

Jenis plastik yang paling umum dipakai dalam dunia percetakan ialah plastik doft dan glossy berbahan polypropylene, sebab harganya sangat terjangkau serta banyak tersedia di pasaran. Kedua jenis plastik tersebut mengandung lem.

Apabila memakai plastik yang mengandung lem, maka proses melaminating harus diakukan dengan suhu sekitar 90-120 derajat celcius. Jika melebihi suhu 120 derajat celcius, umur penggunaan rol karet silicon tidak tahan lama.

Mesin Laminating Dingin

Bahan yang di gunakan mesin laminating dingin ialah adhesive yang dicampur dengan bahan pelarut atau air. Bahan adhesive dicoatingkan ke permukaan plastik, setelah itu dilapiskan ke media. Harga mesin laminating dingin lebih murah dibanding mesin laminating panas. Namun mesin laminating dingin tidak ramah lingkungan sebab terjadi penguapan dari bahan pelarut ketika proses pengeringan adhesive.

Dari hal kualitas, mesin laminating dingin kurang bagus apabila dibandingkan dengan mesin laminating dingin. Mesin laminating panas akan mengepress plastik dengan sangat kuat, sehingga bisa menempel dengan sangat erat pada mesin yang dilaminating.

Untuk melihat bermacam mesin laminating, kunjungi Ralali.com. Ralali.com jual mesin laminating berkualitas dengan varian merk, tipe, dan harga yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Ayo Saling Membantu

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Skip to toolbar