Begini Cara Mengukur Potensiometer Menggunakan Multimeter

0

Cara Mengukur Potensiometer Menggunakan Multimeter

Begini Cara Mengukur Potensiometer Menggunakan Multimeter – Kita bisa mengukur nilai resistansi dari sebuah potensiometer dengan memakai alat ukur yaitu multimeter, entah itu multimeter digital ataupun multimeter analog. Multimeter sendiri merupakan alat ukur yang terdiri dari gabungan pengukuran Arus Listrik (Ampere), Tegangan Listrik (Volt) serta Resistansi atau Hambatan (Ohm). Untuk mengukur Potensiometer yang merupakan komponen resistor, tentunya potensiometer diukur dengan fungsi Ohm (Resistansi) yang ada pada multimeter. Dalam pengukuran, Anda bisa mengetahui nilai maksimum resistansi pada sebuah Potensiometer serta mengetahui perubahan nilai resistansi potensiometer ketika memutar tuas pengaturnya (shaft).

Baca: Cara Mengukur Relay Menggunakan Multimeter

Berikut ini merupakan cara untuk mengukur nilai resistansi potensiometer menggunakan multimeter digital :

Untuk mengetahui nilai resistansi maksimum potensiometer

  • Atur posisi saklar multimeter pada posisi Ohm (Ω).
  • Hubungkanlah probe multimeter pada kaki terminal pertama serta terminal ketiga.
  • Selanjutnya perhatikanlah nilai resistansi potensiometer pada display multimeter, nilai yang muncul pada display merupakan nilai maksimum dari potensiometer yang tengah di ukur.

Mesti diketahui, bahwa nilai maksimum merupakan nilai nominal potensiometer serta akan hampir sama dengan nilai yang ada pada badan potensiometer itu sendiri. Nilai resistansi potensiometer pada terminal 1 serta terminal 3 akan selalu konstan yang artinya pemutaran tuas pengaturnya (Shaft) tak akan berpengaruh pada nilai pengukurannya.

Untuk mengukur perubahan nilai resistansi potensiometer.

  • Atur posisi saklar multimeter pada posisi Ohm (Ω).
  • Hubungkanlah probe multimeter pada kaki terminal pertama serta terminal kedua.
  • Putar tuas (shaft) pada potensiometer searah dengan jarum jam.
  • Perhatikanlah nilai resistansi pada display multimeter, nilai resistansi akan naik seiring dengan pergerakan tuas (shaft) potensiometer tersebut. Begitu pun dengan sebaliknya, apabila tuas (shaft) potensiometer diputar dengan berlawanan arah jarum jam, maka nilai resistansinya akan menurun seiring dengan pergerakan tuas (shaft) potensiometer tersebut.
  • Selanjutnya pindahkanlah probe multimeter dari kaki terminal pertama ke terminal ketiga. Sekarang kaki terminal potensiometer yang diukur ialah terminal kedua serta terminal ketiga.
  • Putarlah tuas (shaft) potensiometer searah dengan arah jarum jam.
  • Perhatikanlah nilai resistansi potensiometer pada display multimeter, terlihat nilai resistansi akan menurun seiring dengan pergerakan tuas (shaft) potensiometer tersebut. Begitu pun sebaliknya, apabila tuas (shaft) potensiometer diputar secara berlawanan arah jarum jam,  maka nilai resistansi akan naik seiring dengan pergerakan tuas (shaft) potensiometer tersebut.

Potensiometer tak mengenal polaritas positif serta negatif, sehingga peletakan probe merah serta probe hitam tak akan menjadi masalah dalam pengukuran.

Ralali Business Solution

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.