Belum Berlabel SNI, Industri Genteng Lumajang Kalah Saing

0

Genteng

Belum Berlabel SNI, Industri Genteng Lumajang Kalah Saing – Industri genteng yang berada di daerah Kabupaten Lumajang entah itu dalam skala Home industri sampai semi pabrikasi kalah bersaing dengan industri luar daerah. Sebagai bukti bahwa industri tersebut kalah bersaing yaitu hasil produksinya tidak dimanfaatkan atau digunakan pada proyek proyek infrastruktur pemerintah. Dikarenakan produk genteng tersebut belum ber SNI atau Standar Nasional Indonesia.

Drs Agus Eko selaku Kepala Disperindag Kabupaten Lumajang mengatakan bahwa material proyek infrastruktur pemerintah harus menggunakan produk yang ber SNI. Hal itulah yang harus dihadapi oleh industri genteng Lumajang dalam kenyataan yang pahit.

“Karena untuk proyek infrastruktur pemerintah malah menggunakan genteng dari luar daerah. Kebanyakan untuk proyek di Lumajang, genteng mendatangkan dari Ambulu, Jember yang telah mengantongi label SNI. Sehingga genteng produk Lumajang tidak mampu bersaing di daerah sendiri. Hanya ketika produk genteng Ambulu kekurangan stok, baru menggunakan genteng Lumajang juga,” katanya.

Akan tetapi menurut Agus Eko pun menilai bahwa genteng produksi Lumajang lebih berkualitas jika dibandingkan dengan genteng produksi daerah lain seperti Ambulu maupun jember.

“Saya datang langsung ke Ambulu, Jember untuk bertanya soal itu. Bahkan hasilnya genteng Lumajang lebih bagus kualitasnya,” tukasnya.

Untuk itu, Dinas Perindustrian Dagang Kabupaten Lumajang mendorong supaya genteng Lumajang bisa mendapatkan label SNI.

“Saat menggelar rapat dengan Badan Standarisasi Nasional di Surabaya, saya mengupayakan agar genteng Lumajang bisa mengantongi label SNI. Semoga saja upaya ini bisa segera tercapai agar genteng Lumajang bisa bersaing pasar lebih luas lagi. Ini juga senada dengan harapan para pengrajin genteng dan apa yang didorong oleh DPRD Kabupaten Lumajang juga,” ungkap dia.

Apabila genteng produksi Lumajang bisa mendapatkan label SNI maka akan memberikan efek bagus untuk pemerintah, sebab setiap proyek infrastruktur pemerintah yang berada di Lumajang dapat memakai genteng lokal serta tidak mesti mendatangkan genteng dari luar daerah. Terlebih produk genteng dari Lumajang kini telah banyak beredar di berbagai kecamatan serta mudah untuk mencarinya.

“Diantaranya di wilayah Kecamatan Kunir, Tempeh dan Padang,” pungkas dia.

Baca artikel lainnya : Ini Dia Tips Dalam Memilih Genteng

 

 

Penulis  : Vei
Editor    : Metha

Buat Permintaan dan Pengadaan Barang

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Skip to toolbar