Berkembangnya Media Sosial Ke Ranah Bisnis

0

Online Shopping

Berkembangnya Media Sosial Ke Ranah Bisnis – Fungsi dari media sosial kian hari kian mengalami banyak perkembangan. Tidak cuma semata-mata untuk tempat saling berkenalan saja, tetapi juga sebagai tempat untuk bisnis, tempat bertemunya antara penjual dan pembeli.

Aliza Knox selaku Managing Director for Online Sales Twitter Asia Pacific melihat bahwa media sosial dapat menjadi sebuah toko untuk setiap orang untuk mengenalkan produknya, seakan akan setiap pengguna mempunyai halaman e-Commerce sendiri. Masyarakat Indonesia sendiri termasuk ke dalam salah satu masyarakat yang aktif mengakses bermacam media sosial. Sehingga yang tadinya hanya sekedar sebagai tempat eksisi berubah menjadi tempat jual beli.

Menurut data dari Kementrian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Republik Indonesia sekarang ini ada sekitar 58 Usaha Kecil Menengah yang menyuplai lapangan pekerjaan sekitar 97% serta memberikan hasil sekitar 60% dari GDP negara. Walaupun demikian hampir semua UKM sampai saat ini masih melakukan penjualan produknya secara Offline.

Hal tersebut sangatlah berbanding balik dengan masyarakat Indonesia yang sudah terbiasa mengakses media sosial. “Bisa dibayangkan berapa banyak kesempatan yang dilewatkan oleh pelaku bisnis di tanah air,” ucapnya.

Di negara lain para pelaku bisnis berlomba-lomba untuk menawarkan produk maupun pelayanan yang berkualitas, menarik serta mempunyai nilai yang lebih dibandingkan dengan kompetitornya. Sedangkan di negara Indonesia sendiri para pelaku bisnisnya masih harus berjuang bagaimana mempromosikan serta memasarkan produk maupun pelayanannya supaya bisa dikenal luas.

Ada banyak pihak yang mesti turun tangan dalam membantu pelaku bisnis tersebut salah satunya yaitu pemerintah. Pemerintah merupakan pihak yang paling berwenang dalam membuat regulasi serta memberikan arahan dan bagaimana supaya pelaku bisnis tersebut memanfaatkan media sosial sebagai tempat dalam mempromosikan maupun mengenalkan produk ataupun layanan yang ditawarkan ke konsumen.

Dalam hal ini para pelaku bisnis juga mesti sadar bahwa media sosial dapat dijelajahi lebih jauh lagi. Media sosial tidak cuma dipergunakan untuk kepentingan pribadi serta bersosialisasi saja, akan tetapi juga sebagai channel untuk mempromosikan serta memasarkan produk maupun layanan mereka.

Jadi dengan adanya media sosial diharapkan para pelaku bisnis bisa menjangkau target yang diharapkan. Selain dari pelaku bisnis, dari platform media pun mesti mengeksplor layanannya dengan melihat sifat dari penggunanya.

Baca artikel lainnya : Melemahnya Industri Tekstil Indonesia. Ini Penyebabnya !

Penulis : Vei
Editor   : Metha

Buat Permintaan dan Pengadaan Barang

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Skip to toolbar