Cara Daftar Franchise KFC Beserta Syarat dan Kisaran Harga

0

KFC yang berasal dari singkatan Kentucky Fried Chicken ini adalah salah satu franchise F&B yang sangat terkenal dan menjadi franchise internasional yang sampai sekarang ini tersebar di berbagai negara di belahan dunia mana pun. Tentunya itu adalah salah satu pencapaian dari KFC yang memang sangat bagus prospek bisnisnya.

cara daftar franchise kfc
imagesource : hot91

Bagi para pebisnis, mungkin hal yang paling diinginkan adalah bukan hanya menjadi penikmat ayam renyahnya saja, tapi ingin juga memiliki salah satu restoran KFC agar mendapatkan keuntungan yang banyak.

Namun, ketahui dulu asal usul dari KFC agar Anda tidak salah kaprah nantinya saat ingin mencari tahu apa saja syarat dan juga kisaran harga dari franchisenya.

KFC adalah jaringan restoran cepat saji Amerika yang berkantor pusat di Louisville, Kentucky, yang berspesialisasi dalam ayam goreng. Ini adalah jaringan restoran terbesar kedua di dunia setelah McDonald’s, dengan 22.621 lokasi secara global di 150 negara per Desember 2019.

Jika Anda tertarik dengan prospek bisnisnya dan ingin menjalin kemitraan dengan KFC, berikut ini adalah beberapa syarat dan juga kisarah harga yang harus Anda penuhi.

Cara Daftar dan Syarat Gabung Franchise KFC

untuk sekarang ini, KFC memang tidak membuka sistem waralaba atau franchise dalam bentuk apapun. Namun, Anda masih bisa bekerjasama melalui kerjasama lokasi yang bisa disebutkan menjadi dua bentuk, diantaranya:

  1. Sewa Penuh

Bentuk kerjasama ini adalah pihak KFC membayar uang sewa secara penuh. Jadi, Anda sudah memiliki tanah dan juga bangunan yang sudah siap, nantinya akan di review pihak KFC apakah layak. Jika layak, maka akan mendapatkan biaya sewa penuh setiap bulannya.

  1. Revenue Sharing

Bentuk kerjasama ini yaitu pemilik lokasi mendapatkan bagian atau persentase dari omzet kotor tiap bulannya dan dengan syarat yang sama, yaitu sudah memiliki bangunan dan juga lolos sertifikasi yang diberikan KFC.

Untuk syarat, Anda memerlukan persyaratan berupa syarat lokasi dan juga syarat dokumen.

Syarat Lokasi Franchise KFC

Nah, sedangkan untuk syarat lokasi KFC tentu saja mereka memiliki standarnya sendiri. Untuk setiap negara memang berbeda, tapi yang jelas KFC di Indonesia akan memberikan syarat lokasi pembukaan franchise KFC sebagai berikut:

Untuk syarat kavling, ruko, atau rumah yang lolos untuk pembukaan resto KFC adalah sebagai berikut:

  1. Ukuran minimal kavling 1.500 m2 – 2000 m2 dengan lebar muka minimal 30 m
  2. Ukuran minimal bangunan ruko atau rumah 300 m2 lantai dasar dengan lebar muka minimal 15 meter, ditambah wilayah untuk parkir yang cukup
  3. Status kepemilikan lokasi yakni milik sendiri, dengan peruntukkan lahan komersial atau perdagangan dan juga jasa

Lokasi harus berada di jalan utama atau jalan raya, diutamakan di hook (perempatan atau pertigaan)

Syarat Dokumen Franchise KFC

Sedangkan untuk syarat dokumen franchise KFC yang harus Anda lampirkan adalah sebagai berikut:

  • Peta lokasi dalam radius ±5 Km, dengan titik jelas lokasi dan domisili komplit lokasi (terdapat apa saja, contoh: bank,  sekolah, rumah makan, supermarket, perumahan, dan lainnya)
  • Format atau layout tanah dan bangunan (apabila ada bangunan dan berbentuk tanah dapat diambil melalui sertifikat dengan mencantumkan ukuran tiap sisi, apabila berbentuk bangunan atau ruko dapat melampirkan denah per lantai dengan mencantumkan ukuran PxL, berikut ketinggian / elevasi bangunan
  • Ukuran GSB, GSP, KDB, KLB (apabila tanah kosong)
  • Surat peruntukan atau zoning lahan yang dikeluarkan PEMDA setempat
  • Foto lokasi (tampak depan lokasi, batas kanan dan kiri lokasi, seberang lokasi, jalan di depan lokasi, lokasi hadap kanan dan kiri)
  • Fotocopy sertifikat dan PBB
  • Contact Person (nama, no. telp, dan email yang dapat dihubungi)

Nantinya, semua persyaratan tersebut bisa dikirimkan melalui surat yang dilampirkan nama dan juga alamat yang jelas, yaitu:

Bp. Abdul Rohman / Bp. Sony Pratama Sandy / Bp. Januar Yusuf

Market Development Department

PT. Fast food Indonesia, Tbk.

Jl. MT Haryono Kav. 7, Gedung Gelael Lt.2, Jakarta Selatan 12810

Telp: +62 (021) 8301133 ext. 222           

Fax:  +62 (021) 8354500

Estimasi Biaya Franchise KFC

Jika Anda bertanya-tanya berapa sekiranya estimasi franchise KFC terkait dengan kerjasamanya, untuk estimasi biaya di berbagai negara berbeda. Namun, di Indonesia menurut topfranchise.com biaya yang harus dikeluarkan adalah Rp 20,480 miliyar sampai dengan 39,350 miliyar dengan rincian tanggungan seperti ini:

  • Biaya Royalti Berkelanjutan: 5%
  • Biaya Royalti Iklan: $5%

Kelebihan Franchise KFC

Pastinya dari berbagai kelebihan ada banyak sekali yang bisa didapatkan dari menjalin kemitraan dengan KFC. Walaupun kemitraan bukan dalam bentuk Anda pemilik resminya, beberapa keunggulan tetap Anda dapatkan seperti:

  • KFC tidak akan pernah sepi karena sudah terkenal dan juga menjamin kesuksesan bagi yang bekerjasama dengannya
  • Biaya yang dikeluarkan akan sebanding dengan pendapatan per bulannya
  • Karena SOP yang bagus, tentu saja KFC bisa berjalan sesuai dengan target dan mampu menarik market yang lebih luas

Kesimpulan

Walaupun memang tidak membuka kemitraan, tentu saja KFC masih membuka peluang bagi siapa saja yang ingin bekerjasama dengannya, pastinya dengan syarat dan juga modal yang sudah ditentukan seperti yang sudah disebutkan di atas tadi.

Dapatkan Ebook - Ralali Business Solution

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.