Informasi Seputar Franchise McD, Cara Daftar, Biaya dan Syaratnya

0

Siapa yang tidak kenal dengan salah satu brand fast food yang bernama McDonald?. Franchise McDonald ini sangat terkenal di Indonesia yang mana hampir di seluruh tempat baik mall dan cabang restoran McDonald yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

informasi seputar franchise mcd
imagesource : mcdonald’s

Awal mula McDonald ini adalah pada than 1954 adanya seorang yang bernama Ray Kroc yang kagum mengunjungi restoran cepat saji yang mana sistem operasionalnya sangat cepat dan praktis. Lalu ia bekerja sama dengan Dick And MAC pendiri McDonald selama 6 tahun yang akhirnya ia membeli hal eksklusif McDonald. Yang mana ia menjadi owner McDonald yang berkembang hingga saat ini. 

Pada saat itu menu McDonald yang ditawarkan hanya burger, kentang goreng dan minuman dengan rasa yang sama persis setiap cabangnya.

Lalu Kroc memiliki visi dan misi bahwa McDonald harus memiliki sebuah sistem yang lebih berinovasi, efisien, dan berintegrasi dalam industri makanan sehingga ia menciptakan beraneka ragam menu McDonald yang baru dengan resep yang ia ciptakan sendiri.

Mulai dari situlah ia mulai menciptakan sistem kerjasama franchise kepada setiap orang yang ingin bekerja sama dengannya yang hingga saat ini McDonald terus berkembang walaupun ia wafat pada tanggal 14 Januari 1984.

Jika Anda juga salah satu orang yang berminat untuk menjadi mitra McDonald pasti penasaran bagaimana cara daftar franchise McD dan berapa harganya berikut ini.

Cara Daftar Franchise McD

Bagi Anda yang berkeinginan menjadi seorang mitra franchise McD maka Anda bisa menghubungi tim marketing McDonalds melalui email [email protected] Anda juga bisa menghubungi kantor pusatnya yang ada di negara Amerika Serikat tepatnya di Alvaro Bonta, U.S. Vice President – Franchising, Rhonda Heil, U.S. Franchising Manager.

Perkiraan Modal untuk Franchise McD

Berapa biaya franchise McD? Harga franchise McD yang ditawarkan mulai dari Rp 14,5 milyar hingga Rp 31,8 milyar. Yang mana biaya franchise ini belum termasuk dengan biaya franchise fee sebesar Rp 648 juta. Adapun franchise McD menawarkan dua paket franchise yakni paket New Franchise Restaurant serta Existing Franchise Restaurant berikut rinciannya:

  1. Paket New Franchise Restaurant

Paket ini mengharuskan calon mitra franchise harus pernah memiliki atau pernah mengoperasikan restoran McD sebelumnya. Yang mana biaya awalnya sebesar Rp 648 juta. Ditambah dengan biaya operasional yang berkisar antara Rp 4,5 miliar hingga Rp31,8 miliar dengan lisensi brand sebanyak 20 tahun.

  1. Paket Existing Franchise Restaurant

Merupakan paket khusus bagi mitra yang baru masuk ke bisnis McDonalds. Maka mitra akan membeli restoran yang sudah berdiri baik dari McDonalds pusat Amerika Serikat ataupun dari mitra restoran McDonalds sebelumnya. Kemudian untuk harga pembeliannya juga bervariasi tergantung dari lokasi, kompetisi, jumlah penjualan, atau faktor penentu lainnya.

Kisah Sukses Franchise McD di Indonesia

Perusahaan pertama Indonesia yang memegang lisensi McDonalds adalah PT Rekso Nasional Food. Tepatnya di tanggal 14 Februari 1991 yang gerai McD pertama berdiri di Sarinah Thamrin namun sayang pada tahun 2020 harus menutup gerai McD pertamanya ini.

Situs resmi McD Indonesia mencatat bahwa 2009 yang mana RNF untuk menandatangani master Franchise Agreement dengan McDonald’s International Property Company (MIPCO) memberikan izin ke semua restoran dengan brand McDonalds dan membuka restoran baru pada seluruh wilayah Indonesia.

Tercatat hingga tahun 2022 sudah lebih dari 200 gerai McDonalds yang tersebar di berbagai Kota yang mana melibatkan lebih dari 14 ribu karyawan yang bekerja di McDonalds.

RNF sendiri adalah salah satu anak perusahaan Grup Rekso yang mana memiliki anak perusahaan lain seperti PT Sinar Sosro, PT Gunung Agung Slamat, dan beberapa anak perusahaan lain yang bergerak di bidang properti dan kemasan.

Keunggulan Franchise McD

Adapun keuntungan menjadi mitra McDonalds, yang mana McDonalds menawarkan berbagai keuntungan kemitraan beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Menjalankan salah satu sistem franchise terbaik di dunia.
  2. Memiliki bisnis dan menerima penghargaan atas tanggung jawab yang Anda jalankan sendiri.
  3. Semua kebutuhan berbisnis akan disediakan seperti dukungan lokal dan internasional, pelatihan bisnis, pemasaran, iklan, sumber daya manusia, renovasi, konstruksi, real estate, purchasing, pembelian peralatan dan pemeliharaan.
  4. Selalu responsif memberikan dukungan terhadap kebutuhan mitra untuk lingkungan bisnis yang lebih kolaboratif, dengan divisi regional yang selalu terhubung ke pusatnya yakni Chicago, Illinois.
  5. Adapun peluang untuk berkontribusi dalam kesuksesan McDonalds, yang misalnya menu baru yang dikembangkan oleh owner franchise seperti Big Mac®, Filet-O-Fish®, dan Egg McMuffin® Sandwiches.
  6. Pengembangan pribadi serta pengetahuan bisnis kepada mitra untuk mendapatkan pengalaman bisnis yang ekstensif.
  7. Setiap mitra franchise McD merupakan anggota dari sebuah organisasi kelas dunia.

Kesimpulan

Demikian bahasan kita tentang franchise McD, bagi Anda yang ingin memiliki sebuah usaha franchise kelas dunia maka McDonalds ini cocok untuk Anda. Bisnis franchise McD ini memang memberikan omzet yang sangat besar mengingat cabangnya dimana-mana termasuk di seluruh dunia.

Dapatkan Ebook - Ralali Business Solution

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.