Tidak Perlu Repot, Seperti Ini Cara Jualan Online Tanpa Bikin Website

0
Tidak Perlu Repot, Seperti Ini Cara Jualan Online Tanpa Bikin Website
Tidak Perlu Repot, Seperti Ini Cara Jualan Online Tanpa Bikin Website

Saat ini, bisnis atau usaha online sangat berkembang pesat jika dibandingkan dengan beberapa tahun sebelumnya, khususnya di Indonesia. Hal ini bisa dilihat dari banyaknya situs belanja online yang ada dan setiap tahunnya situs jual beli online semakin bertambah.

Perkembangan ini terjadi lantaran berkembangnya teknologi internet, apalagi sekarang ini pengguna bisa dengan mudah mengakses melalui gadgetnya masing-masing, ditambah harga gadget saat ini sangat terjangkau. Karena faktor tersebutlah membuat usaha online semakin ramai dilakukan, mulai dari menjual barang hingga jasa pun mereka tawarkan di Internet.

Pelaku usaha online ini akan semakin bertambah seiring dengan kemajuan teknologi, dan masyarakat yang mulanya awam untuk berbelanja online, lambat laun akan berubah karena adanya kemudahan yang ditawarkan internet serta gadget.

Banyak orang yang sudah menjalankan usaha online ini, bahkan di antara mereka ada yang sudah berjualan Full time Online, dikarenakan memang prosesnya sangat mudah dan penghasilan yang didapatkan pun tidak main-main. Selain itu, modalnya pun terbilang sedikit, hanya bermodalkan komputer atau laptop dan koneksi internet saja. Tidak perlu membeli laptop mahal, beli saja harga laptop murah.

Seharusnya peluang tersebut dapat kita manfaatkan untuk mendapatkan pundi-pundi rupiah dari internet dan mengapa kita tidak membuka usaha online seperti yang lainnya?

Manfaat Berjualan Secara Online

Ada begitu banyak  keuntungan berjualan secara online, namun keuntungan yang paling utama adalah kita bisa melakukannya di mana saja dan kapan saja selama ada koneksi internet. Tidak hanya itu, target pasar usaha online ini tidak ada batasnya, kita bisa menjual produk kita ke mana pun, hingga ke pelosok sekalipun selama di daerah tersebut bisa mengakses internet.

Sebagian besar dari kita mungkin mempunyai pemikiran seperti demikian dan mungkin ada pula yang berpendapat bahwa menjual produk secara online harus mempunyai sebuah website. Bagi yang mempunyai pengetahuan mengenai pembuatan website ataupun semacamnya, tentu hal ini bukan menjadi masalah. Namun bagaimana jika kita tidak mempunyai pengetahuan sama sekali terhadap pembuatan website? Apakah masih bisa berjualan online?

Berjualan online tidak harus mempunyai website, sebagai gantinya kita bisa memanfaatkan social media. Social media yang saat ini banyak digunakan untuk berjualan online antara lain facebook, twitter, instagram, dan BBM. Baru-baru ini ada sebuah tempat khusus bagi kita yang ingin berjualan online namun tidak mempunyai pengetahuan bagaimana membuat website ataupun sejenisnya, yakni Marketplace.

Apa itu Marketplace?

Secara sederhana, marketplace adalah sebuah platform yang di dalamnya ada begitu banyak penjual dan pembeli untuk melakukan transaksi jual beli. Jika secara konvensional, marketplace diibaratkan seperti sebuah pusat perbelanjaan (Mall), di dalamnya ada begitu banyak kios-kios dan pengunjung. Pihak marketplace ini tidak mempunyai stok produk. Mereka hanya menyediakan sistem dan fasilitas supaya proses transaksi antara pihak penjual dan pihak pembeli mudah dilakukan.

Ada banyak keuntungan yang bisa diperoleh apabila usaha kita terdaftar di marketplace, salah satu keuntungannya adalah kita tidak perlu lagi repot-repot memikirkan strategi promosi, sebab untuk masalah promosi pihak marketplace sudah mempunyai cara tersendiri dan sewaktu melakukan promosi, produk ataupun brand kita sudah tentu masuk ke dalam satu paket promosi tersebut.

Lalu bagaimana cara jualan online di marketplace?

Cara berjualan secara online melalui Marketplace sebenarnya tidak terlalu sulit. Bagi anda yang mempunyai produk dan ingin produk anda visible di search engine, berikut langkah paling mudahnya :

  1. Mendaftar sebagai penjual atau seller.
  2. Membuat katalog produk, pada tahap ini kita diharuskan mengisi judul produk, deskripsi produk, dan memberikan gambar atau foto produk yang ingin di jual.
  3. Pastikan judul produk harus jelas, deskripsi produk lengkap dan memberikan foto produk yang Asli.
  4. Jika semuanya sudah dilakukan, kita hanya menunggu saja hingga ada yang membeli.

Tidak hanya menyediakan fasilitas saja, namun marketplace juga sebagai fasilitator atau dengan kata lain menjadi pihak tengah yang akan memastikan segala transaksi yang dilakukan berjalan aman dan nyaman.

Bagaimana Proses Transaksi di Marketplace?

Sewaktu ada pembeli yang memilih produk kita, dan ketika diharuskan melakukan pembayaran maka pembeli tersebut tidak mentransfer pembayaran kepada kita sebagai penjual, melainkan kepada pihak marketplace.

Selanjutnya pihak marketplace akan memberitahu kita (penjual) bahwa pembayaran untuk produk kita sudah dilakukan oleh pembeli, dan kita diharuskan untuk mengirimkannya ke alamat si pembeli.

Tunggu apalagi, buka usaha Anda di marketplace sekarang juga.

Buka Toko Gratis
Buka Toko Gratis

Bingung memulai usaha sampingan ?

Konsultasikan gratis bersama Ralali.com, masukkan email anda di bawah, kami akan memberikan solusi secara personal peluang usaha apa yang cocok dengan Anda.

Selamat mencoba!

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.