Cara Memanfaatkan Limbah Kertas Menjadi Kertas Daur Ulang

0
Cara Memanfaatkan Limbah Kertas
Image: www.imujer.com

Cara Memanfaatkan Limbah Kertas – Pemakaian mesin penghancur kertas di kantor berguna untuk menghilangkan data rahasia dan data sensitif sehingga tidak jatuh kepada pihak yang tidak bertanggung jawab. Misalnya seperti data pribadi para pelamar kerja atau juga data pribadi karyawan yang sudah tidak terpakai, tentunya tidak dapat dibuang begitu saja karena bisa membahayakan jika dimanfaatkan oleh orang yang ingin berbuat jahat. Dengan memakai mesin penghancur kertas, dokumen yang tak lagi dibutuhkan tersebut dapat dihancurkan menjadi ukuran kecil dan tak bisa lagi dibaca tulisannya.

Baca: 3 Alasan Mengapa Harus Mempunyai Mesin Penghancur Kertas

Kertas-kertas yang telah hancur kemudian biasanya akan menjadi tumpukan sampah yang dibuang begitu saja karena tak tahu cara memanfaatkannya. Sangat disayangkan tentunya apabila limbah kertas dibuang, mengingat pada kondisi saat ini di mana harus bijak dalam menggunakan kertas. Pengolahan kertas yang menggunakan banyak pohon mulai berdampak pada kerusakan lingkungan, oleh karena itu pemakaian kertas dilakukan dengan sebijak mungkin.

Gaya hidup ramah lingkungan yang telah sering didengar tentunya harus berlandaskan pada 3R yaitu Reduce (mengurangi), Reuse (pemakaian kembali) dan Recycle (mendaur ulang). Limbah kertas yang dihasilkan dari pemakaian mesin penghancur kertas di tempat kerja Anda bisa dimanfaatkan untuk diolah menjadi sebuah benda baru yang bisa dipakai kembali. Cara paling sederhana adalah dengan mengubah limbah kertas menjadi kertas baru yang bisa digunakan kembali dan mengurangi pemakaian kertas yang baru.

Cara Memanfaatkan Limbah Kertas Menjadi Kertas Daur Ulang

  • Limbah kertas direndam ke dalam air minimal selama 12 jam untuk melunakkan serat-serat kertas. Untuk mempercepat proses Anda bisa melakukan perebusan pada kertas.
  • Kertas yang sudah direndam kemudian dibuat menjadi bubur kertas dengan menggunakan mesin blender. Perbandingannya 1 : 4, 1 bagian kertas dicampur dengan 4 bagian kertas. Blender cukup selama satu menit dan bisa dilakukan dua kali untuk hasil yang lebih halus.
  • Hasil bubur kertas kemudian dikumpulkan ke dalam suatu wadah. Bubur kertas bisa dicuci untuk mengurangi kadar asam dengan menyaringnya menggunakan kain.
  • Kemudian bubur kertas yang terpisah dari air sudah bisa diolah dengan dicetak langsung menjadi lembaran kertas atau juga ditambahkan dulu dengan pewarna atau aroma untuk menambah keindahan kertas daur ulang.

Kertas daur ulang dari limbah kertas bisa dimanfaatkan kembali menjadi kertas baru atau juga untuk kerajinan tangan. Dengan demikian Anda bisa mengurangi pemakaian kertas dan memberi sumbangsih terhadap pelestarian lingkungan. Bekerja sambil tetap menjaga lingkungan sekitar agar tetap asri dan nyaman untuk dihuni.

Buat Permintaan dan Pengadaan Barang

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Skip to toolbar