Ini Dia Cara Kerja Mesin Absen Fingerprint

1
cara kerja mesin absen fingerprint
Image: irelandstechnologyblog.com

Cara Kerja Mesin Absen Fingerprint – Mungkin Anda pernah bertanya-tanya bagaimana sih cara kerja mesin fingerprint yang selalu Anda temui setiap memulai dan mengakhiri pekerjaan di kantor Anda? Mesin absen fingerprint bekerja menggunakan sistem biometrik.

Biometrik adalah metode otomatis untuk mengenali seorang individu berdasarkan karakteristik fisiologis atau juga perilakunya. Bagian tubuh yang dapat dideteksi dengan biometrik seperti wajah, sidik jari, geometri tangan, tulisan tangan, iris, retina, detak pembuluh darah, dan suara.

Memakai atribut fisik yang unik dari tubuh seseorang, seperti sidik jari atau retina mata untuk mengidentifikasi dan memverifikasi identitas seseorang menjadi solusi yang paling baik untuk saat ini. Teknologi biometrik sebenarnya telah ada selama bertahun-tahun, seiring dengan berkembangnya teknologi modern di Negara-negara berkembang serta biaya produksi yang dapat diturunkan membuat biometrik bisa tersedia dan terjangkau untuk berbagai kalangan, baik itu pemilik usaha kecil, perusahaan besar serta lembaga sektor publik lainnya.

Sistem pemindaian pada fingerprint memiliki dua cara kerja dasar yaitu dengan mendapatkan gambar sidik jari dan menentukan apakah pola pegunungan dan lembah pada sidik jari di gambar sesuai dengan gambar yang telah di pre-scan.

Hanya karakteristik khusus dan unik pada setiap sidik jari yang disaring dan disimpan sebagai kunci enkripsi biometrik atau perhitungan matematika. Tidak ada gambar sidik jari yang pernah disimpan, hanya serangkaian angka (kode biner) yang digunakan untuk verifikasi. Algoritma tidak dapat dikonversi ke sebuah gambar, sehingga tidak ada yang bisa menduplikasi sidik jari Anda.

Keuntungan Menggunakan Mesin Absen Fingerprint

  • Menggunakan sidik jari akan jauh lebih sulit untuk dipalsukan daripada menggunakan kartu identitas.
  • Sidik jari tidak dapat ditebak atau dipecahkan seperti menggunakan kode password.
  • Penggunaan sidik jari mengharuskan pemakainya adalah individu yang sebenarnya sehingga tidak dapat dititipkan seperti menggunakan kartu identitas.
  • Anda tidak perlu khawatir akan lupa pada sidik jari Anda seperti memakai kode password.
  • Proses pemindaian yang cepat hanya dengan meletakkan jari pada mesin absen fingerprint dalam beberapa detik saja.

Untuk melihat berbagai tipe mesin absen fingerprint yang sesuai dengan kebutuhan Anda bisa Anda cek di website Ralali. Tersedia mesin absen fingerprint di Ralali.com dengan varian dan tipe beragam sesuai dengan kebutuhan Anda.

Anda mungkin juga berminat Yang lainnya dari penulis

1 Komen

  1. cindy amri berkata

    Saya tertarik dengan informasi mengenai mesin absensi diatas. Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis mengenai mesin absensi yang bisa anda kunjungi di Mengenai Mesin Absensi

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.