Cara Membersihkan Mesin Pompa Air dari Pasir

1

Cara Membersihkan Mesin Pompa Air dari Pasir

Cara Membersihkan Mesin Pompa Air dari Pasir – Apabila mesin tidak bisa menyala ataupun hanya mengeluarkan suara berdengung mungkin saja masalah tersebut terletak pada ruang hisap yang telah dipenuhi kotoran semisal pasir yang terhisap oleh mesin pompa air serta endapan dari zat besi yang terdapat pada air. Pada umumnya endapan tersebut berwarna kuning serta jika pecah maka akan berbentuk seperti kerikil-kerikil kecil. Hal tersebutlah yang menghambat putaran mesin pompa air untuk mengetahuinya anda bisa membuka tutup kipas mesin yang terdapat di bagian samping bodi mesin pompa serta cobalah untuk memutar kipasnya secara manual dengan menggunakan tangan. Apabila kipas dapat berputar maka tidak terdapat masalah, namun jika kipas macet berarti terdapat sesuatu yang menyangkut di dalam ruang hisap mesin pompa.

Artikel lainnya : Cara Memilih, Memasang, dan Merawat Mesin Pompa Air

Berikut ini adalah cara membersihkan mesin pompa air dari endapan zat besi serta pasir :

– Siapkanlah kunci pas, obeng, sikat gigi serta peralatan lainnya yang dibutuhkan.

– Bukalah instalasi pipa yang terpasang pada mesin pompa.

– Selanjutnya bukalah penutup kipas yang terdapat di bagian samping bodi pompa.

– Bukalah penutup ruang hisap pada mesin pompa, umumnya penutup ruang hisap tersebut dikunci dengan empat baut.

– Bersihkan kotoran pasir serta endapan zat besi yang terdapat pada saluran outlet serta inlet dari mesin pompa dengan cara mencongkelnya menggunakan obeng, serta bersihkan dengan menggunakan sikat gigi yang telah dipersiapkan.

– Putarlah kipas secara manual dengan menggunakan tangan, putar kipas searah dengan arah putaran mesin pompa sembari menyiramkan air dari gayung ataupun keran ke saluran outlet serta inlet hingga semua kotoran yang terdapat dalam mesin pompa keluar serta mesin pompa dapat berputar lancar.

– Pasang kembali penutup ruang hisapnya dan pasang pula penutup kipasnya.

– Pasang kembali instalasi pipa pada mesin pompa.

Ralali
Selamat mencoba beberapa cara membersihkan pompa air anda dengan cara yang sudah kita share. Semoga bermanfaat dan dapat membantu anda menjaga kualitas dan kondisi pompa air anda agar tetap awet dah dapat dipakai untuk jangka waktu yang cukup lama.

Editor : Metha

Buat Permintaan dan Pengadaan Barang

Anda mungkin juga berminat
1 Komen
  1. dian berkata

    Pak numpang tanya.saringan utk pompa itu merknya apa.bisa di dapatkan dimana

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.