Bumper Mobil Pecah Bisa di Perbaiki Sendiri, Begini Caranya

0
Cara Memperbaiki Bumper Mobil yang Pecah
Cara Memperbaiki Bumper Mobil yang Pecah

Kecelakaan bisa terjadi kapan saja tanpa di duga, baik itu kecelakaan kecil maupun besar. Dampaknya pada mobil bisa mengalami kerusakan ringan hingga berat seperti goresan, lecet, ataupun penyok.

Untuk mobil sendiri, salah satu bagian yang sering terkena dampak dari kecelakaan ialah bumper. Fungsi dari bumper ini sebagai pengaman mobil. Zaman dahulu bumper mobil terbuat dari bahan yang kuat seperti pelat besi, sehingga risiko kerusakan bumper akibat kecelakaan sangat kecil. Namun, sekarang ini banyak bumper yang terbuat dari bahan plastik dan berubah fungsi menjadi pemercantik penampilan mobil saja sehingga risiko kerusakan bumper akibat kecelakaan sangat besar.

Lalu, bagaimana cara memperbaiki bumper mobil yang pecah ? Nah, berikut ini cara memperbaiki bumper mobil yang pecah khususnya bumper plastik seperti dikutip dari situs resmi Toyota.

Cara Memperbaiki Bumper Mobil yang Pecah

Jika kecelakaan yang terjadi hanya membuat bumper retak, pecah dan belum sampai hancur, bumper masih bisa diperbaiki. Untuk memperbaikinya, siapkanlah peralatan seperti palu, amplas, obeng, kawat, dempul, dan las karbit.

Langkah pertama, lepaskanlah bumper yang rusak serta jauhkan dari bodi mobil. Apabila bumper hanya retak serta tidak pecah, kita dapat menjahitnya menggunakan klem serta kawat ataupun pelat yang dibuat menyerupai isi staples. Setelah itu di klemkan pada bagian bumper plastik yang retak. Panaskanlah kawat untuk membuat lubang tempat klem, setelah itu pakailah obeng yang dipanaskan guna meratakan serta menutupi klem-klem tersebut.

Apabila bumper pecah, kita bisa langsung mengelasnya. Bumper pecah tidak bisa dijahit, dan untuk melemaskan plastiknya maka mesti dilakukan pemanasan. Sesudah di las, pertemukanlah ujung-ujung bumper yang pecah satu sama lain supaya dapat menyambung lagi. Apabila proses penyambungan selesai dilakukan, buatlah penguat pada bagian dalam bumper dengan pelat.

Apabila penjahitan ataupun pengelasan sudah dilakukan, maka amplas permukaannya secara merata serta lakukanlah pendempulan hingga pengecatan.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.