Cara Menghilangkan Rasa Takut Pada Ketinggian

0
cara menghilangkan rasa takut pada ketinggian
Image: emgn.com

Cara Menghilangkan Rasa Takut Pada Ketinggian – Rasa takut atau fobia terhadap ketinggian dikenal juga dengan istilah acrophobia. Rasa takut pada ketinggian merupakan sebuah evolusi dari perkembangan kehidupan seorang individu. Ketika lahir setiap manusia tidak memiliki bawaan terhadap rasa takut pada ketinggian. Secara alami manusia dilahirkan dengan naluri untuk mempertahankan diri dari ancaman luar yang dapat menyakiti tubuh. Rasa takut pada ketinggian baru akan muncul ketika seseorang mengalami pengalaman yang tidak menyenangkan dengan ketinggian. Bagi yang bisa mengatasi rasa takutnya, ketinggian tak menjadi masalah. Karena itu ada individu yang tidak mengalami rasa takut pada ketinggian dan berani menaklukkan berbagai tempat seperti petualang alam yang mendaki tebing atau para pekerja konstruksi yang bekerja di atas ketinggian gedung-gedung pencakar langit.

Acrophobia atau rasa takut pada ketinggian bisa mengakibatkan banyak gangguan pada aktivitas keseharian. Jika rasa takut tersebut tidak dikendalikan, maka dapat membesar dan meluas pada rasa takut lainnya juga mempengaruhi fisiologis. Dalam kehidupan sehari-hari, seorang individu yang takut pada ketinggian akan merasa takut ketika naik tangga, eskalator, atau lift. Saat berlibur ke taman bermain, tentu saja rasa takut akan dirasakan saat melihat atau naik salah satu wahana bermain yang tinggi. Dari rasa takut yang dirasakan tentu akan berdampak pada munculnya pusing, debar jantung yang meningkat, rasa gelisah, keringat, hingga keseimbangan tubuh yang terganggu. Dampak fisiologis ini juga memberikan efek negatif pada kesehatan tubuh.

Mengatasi rasa takut pada ketinggian tentu saja bisa dilakukan. Dengan menjalankan proses terapi dengan psikolog atau psikiater, atau juga memunculkan motivasi pada diri untuk merasa aman ketika berada pada ketinggian. Meminta bantuan teman atau ahli yang dapat membimbing dalam mengatasi rasa takut pada ketinggian sangat disarankan. Berikut ini ada beberapa tips bagaimana mengatasi rasa takut pada ketinggian.

Cara Menghilangkan Rasa Takut Pada Ketinggian

  • Menggunakan metode hypnotheraphy, diberikan sugesti atau penyemangat untuk bisa menghilangkan rasa takut pada ketinggian. Dengan cara ini penderita rasa takut ketinggian akan perlahan melupakan ketakutannya karena sudah tertanam di dalam pikirannya.
  • Menggunakan metode exposure treatment dengan cara membawa penderita ke tempat tinggi berulang kali hingga terbiasa dan rasa takut perlahan berkurang bahkan menghilang.
  • Menggunakan metode desentisisasi sistematis. Penderita rasa takut pada ketinggian diajak untuk membayangkan hal-hal menyenangkan ketika berada di ketinggian sehingga bisa mengurangi rasa panik dan takutnya.
  • Menggunakan metode abreaksi. Penderita rasa takut pada ketinggian dibiasakan untuk membayangkan kondisi dan suasan di ketinggian. Membiasakan pada visual yang bisa dilihat melalui video mengenai ketinggian. Setelah merasa terbiasa maka penderita akan dibawa ke lokasi ketinggian.
  • Menggunakan metode reframing. Metode ini bekerja dengan cara mengajak penderita rasa takut pada ketinggian untuk kembali ke sumber masalah atau penyebab awal mengapa muncul rasa takut yang dialaminya. Penderita dibawa perlahan keluar dari rasa takutnya melalui pengubahan cara pandang pikirannya.

Cara mengatasi rasa takut pada ketinggian yang lainnya adalah dengan memastikan bahwa diri Anda atau penderita benar-benar aman ketika berada di ketinggian. Jaminan rasa aman bisa Anda dapatkan dari memakai atribut keamanan yang dipakaikan pada diri Anda. Pekerja konstruksi yang menaklukkan gedung-gedung pencakar langit atau juga pendaki tebing tentunya perlu mengenakan safety equipment untuk menjaga fisik atau tubuh dari kecelakaan. Safety Equipment atau Alat safety untuk berada di ketinggian yaitu safety body harness dan lainnya. Dengan menggunakan safety body harness, sewaktu berada di ketinggian dan ketika terpeleset ataupun terjatuh maka alat ini akan menahannya. Sehingga risiko terjatuh dari ketinggian sangat kecil terjadi.

Untuk melihat berbagai safety body harness dengan harga dan varian tipe yang beragam dapat Anda cek di website Ralali. Ralali.com jual safety body harness dengan varian merk dan tipe yang dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Ralali Business Solution

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.