Berita Terbaru
Home » Tips & Trik » Ini Dia Cara Mudah Memperbaiki Genset

Ini Dia Cara Mudah Memperbaiki Genset

Cara memperbaiki genset

Ini Dia Cara Mudah Memperbaiki Genset – Genset adalah salah satu sumber listrik alternatif yang cukup populer sekarang ini. Dengan memakai genset maka pasokan daya listrik dapat di berikan, akan tetapi kemudahan dalam memakai genset pun bisa mengalami kerusakan. Bermacam masalah dapat muncul seiring dengan pemakaian genset. Kerusakan genset yang cukup beragam, maka langkah perbaikannya pun akan berbeda-beda. Ada yang digolongkan ke dalam kerusakan ringan, dan ada pula yang digolongkan ke dalam kerusakan berat sehingga mesti di bawa ke ahli genset.

Baca artikel lainnya : Genset Green Power Ramah Lingkungan

Berikut ini adalah informasi mengenai cara memperbaiki genset rusak, dimana kerusakan yang terjadi di golongkan ke dalam kerusakan ringan, sehingga kemungkinan besar masih dapat diperbaiki sendiri tanpa mesti di perbaiki oleh ahlinya.

– Kerusakan yang pertama adalah mesin genset tidak bisa dihidupkan.

Bermacam kemungkinan yang mengakibatkan mesin genset tidak dapat dihidupkan yaitu :

  • Aki yang dipakai untuk menstarter genset sudah dalam keadaan lemah ataupun habis. Anda dapat mengisi ulang aki yang habis atau menggantinya dengan aki baru.
  • Terdapat berapa kabel listrik yang tidak tersambung ataupun terdapat kabel yang terputus. Lakukan pengecekan, jika terdapat kabel yang terputus sambunglah kembali.
  • Mesin tidak bisa dihidupkan. Bisa karena keadaan motor starter yang rusak, untuk mengatasi masalah ini maka perlu dilakukan penggantian motor starter yang baru.
Jual Genset

Jual Genset

– Kerusakan yang kedua adalah mesin yang tiba-tiba mati ketika genset bisa dinyalakan.

Beberapa hal yang mesti dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut yaitu :

  • Terdapat air di tangki bahan bakar, untuk mengatasinya mesti membuang air pada tangki bahan bakar sekaligus dari semua saluran tangki bahan bakar yang menuju ke mesin genset.
  • Mesin genset yang tiba-tiba mati setelah berhasil dihidupkan bisa karena terdapatnya bagian lubang ventilasi bahan bakar yang tersumbat. Untuk mengatasinya, perbaikilah semua lubang ventilasi tersebut.
  • Terdapatnya bagian yang tersumbat terhadap saringan bahan bakar, untuk mengatasi masalah ini anda dapat membersihkan saringan tersebut atau dapat menggantinya dengan saringan yang baru.

– Permasalahan yang ketiga adalah hilangnya daya mesin.

Beberapa kemungkinan masalah hilangnya daya mesin pada genset ialah :

  • Sudah hausnya kondisi plunger pompa. Lakukanlah pengecekan terhadap bagian pompa serta lakukan penyetelan, apabila ternyata sulit diperbaiki, anda dapat mengganti dengan yang baru.
  • Patahnya bagian pegas katub. Untuk mengatasi hal ini ialah dengan cara menggantinya dengan pegas katub yang baru.
  • Komponen katub Nozel kotor ataupun rusak. Bersihkanlah jika komponen katub nozel kotor, apabila rusak anda bisa mencoba memperbaikinya. Apabila sulit silahkan ganti katub Nozel dengan yang baru.

Itulah beberapa informasi mengenai cara memperbaiki genset yang bisa anda coba aplikasikan di rumah. Semoga artikel ini dapat membantu dan memberikan solusi untuk anda memperbaiki genset anda yang rusak.

Beli Genset Di sini, Harga Diskon

Editor  : Metha

39 comments

  1. Wah.. menarik sekali infonya. terimakasih.. semoga tetap jaya.. tlg buatkan lagi info menarik yah.

  2. gan saya mau nanya kalau gensetnya tidak mau auto terus biasanya apanya gan? terimakasih

    • Ahmad Vei

      Terimakasih sudah berkunjung dan membaca artikel ini.

      Penyebabnya kemungkinan
      1. Voltage accu lemah atau di bawah batas normal,
      2. Terdapat udara pada saluran bahan bakar,
      3. Sirkulasi minyak pelumas tidak lancar
      4. Tekanan udara di tangki terlalu rendah

  3. Pak, mohon petunjuk, kenapa GENSET dengan AVR terpasang tidak mau nyala. sedangkan kita Buka (copot) AVR nya Gensetnya nyala. sudah kita ganti / tukar dengan AVR yang lain tapi hasilnya sama saja. Terimakasih sebelumnya Pak Ahmad Vei.

    • Ahmad Vei

      Bisa dikarenakan AVR belum disetel atau AVR tidak sesuai spesifikasi mesin genset. Apabila yakin AVR -nya sudah benar dalam artian sesuai spesifikasi mesin genset dan masih berfungsi normal, maka pengaturan karbunya (perbandingan udara dan bahan bakar) harus benar pula, sehingga menghasilkan putaran yang sesuai spesifikasi mesin genset Anda. Untuk yang satu ini saya tidak punya referensi, sebaiknya tanyakan kepada orang yang berpengalaman terhadap AVR.

  4. Mhn bntuannya pak, genset sy bisa nyala, tetapi listriknya g’ ada. Kr2 masalahnya apa ya..?

    • Ahmad Vei

      Terima kasih sebelumnya sudah berkunjung dan membaca artikel ini 🙂

      Kemungkinan besar kapasitornya mengalami kerusakan.
      Cek kapasitornya, kemudian ukur dengan menggunakan multimeter, kalau rusak ganti dengan kapasitor baru dengan spesifikasi yang sama.

      • gan…
        klu mesin genset running terus tidak mw off meskipun arus dr pln sudah masuk itu msalahnya ap ya gan..

        thank’s atas bantuannya gan

        • Ahmad Vei

          Terima kasih sudah berkunjung dan membaca artikel ini.
          Apabila Genset ingin mati secara otomatis ketika listrik PLN kembali menyala, Bapak mesti membuat kontrol panel ATS (Automatic Transfer Switch).
          Untuk membuat ATS ini, sebaiknya tanyakan kepada ahlinya 🙂

  5. gan saya pun ya genset tekiro ryu 3800 baru, tapi kalau dinyalakan baru sebentar tiba2 mati.sudah di service
    carburator ke tukang service ,tapi tetap blm bisa…tx

    • Ahmad Vei

      Terima kasih sudah berkunjung dan membaca artikel ini.

      Mesin genset yang tiba-tiba mati setelah berhasil dihidupkan bisa karena ada bagian lubang ventilasi bahan bakar yang tersumbat. Untuk mengatasinya, perbaikilah semua lubang ventilasi tersebut.

  6. akbar abu humam

    gan kalo genset pnya ane pada saat digunakan harus dimiringkan baru bs hidup,kalo tidak dimiringkan genset langsung mati,kalaupun hidup tapi nyalanya tersendat-sendat..itu permasalahannya apa yaa..mohon bantuannya gan

    • Ahmad Vei

      Terima kasih sudah berkunjung dan membaca artikel ini.

      Penyebabnya mungkin bisa dikarenakan Aki yang dipakai untuk menstarter genset sudah dalam keadaan lemah ataupun habis atau bisa dikarenakan ada kabel listrik yang tidak tersambung ataupun terdapat kabel yang terputus. Lakukan pengecekan, jika terdapat kabel yang terputus maka sambunglah kembali.

      Namun untuk mengetahui permasalahan lebih jelasnya, lakukanlah pengecekan langsung pada teknisi ahlinya.

  7. halo gan ahmad,

    saya punya genset hidup tapibi ketika di naikkan saklar listrik dari genset ke rumah langsung hilang atau nol pada voltmeter di genset dan listrik tidak masuk.

    bermula dari pakai genset hidup tapi listrik dirumah selang beberapa menit drop padam dan genset menyala, saklar on off arus dari genset ke rumah tidak loncat masih di posisi on..

    kenapa yah bro ahmad?

    terimakasih atas tanggapannya.. 🙂

  8. Gan. Sya pnya genset 250kva d rumah sakit. Pada saat beroperasi/hidup sekitar 30 menit dalam keadaan ada beban. Air radiataor meluap dan gensetnya mati. Apa penyabanya ya? Terimakasih

  9. Gan tolong bantu nih.. mesin genset saya macet, gak bisa di engkol.
    Itu kenapa ya gan?

    Terima kasih sebelumnya.

  10. Pak, sya pnya gender zehn 1500, saat turn gas nya di on kan,, Bensin Lansung kluar.. Ini kenapa ya pak? Trima kasih

  11. Genset mithosi,2,2kw,mati karna saat listrik nyala,genset tidak di off,apanya yg kira yg rusak.?
    Sipilnya digulung semua tetap g ada arus,

  12. perlu info bengkel genset 12.5 kva s/d 25 kva, dan enginer

  13. mas…..
    sya pnya genset yamaha ET950 2 tak, jika mesin hidup gas akselerasiny tdak normal dan mesin langsung mati sndri, padahal karbunya sudah di bersihkan
    kira2 apa ya mas, apa govenornya juga bisa bermasalah….?

  14. Kenapa jenset saya ketia mesin hidum maunya gas besar terus klo gas di kecinil mati tolong bantuanya gan…

  15. misi bos,,,, ni saya da genset solar silent,,,, ketika mesin dihidupkan skitar 5 menit mati sendiri,,,,, dan selalu begitu berulang ulang,,,, saya coba perbaiki di bagian nosel keadaan penyemprotan pun sudah terlihat bagus,,,, mohon infonya suhu,,,,,, trimakasih sebelumnya

  16. Mnta tlong brooo,,.d rmh sda genset gasoline, knapa busi slalu basah stelah d hidupkn.
    Mhon pncerahanya brooo

  17. mohon bantuanya pak , ada genset kami pas hidup suara mesinya putus-putus kemudian mati gak hidup lagi..
    trima kasih..

  18. Gan mau tanya dong.
    Genset saya bmgs 600kva untuk rumah sakit.
    Biasa nya saya hidup in untuk pemanasan rutin kok g mau nyala yah ? Yang muncul malah tulisan under voltage.

    Apa benar baterainya yang sudah umur yah ?
    Air aki sih penuh.

  19. Maaf gan,.saya punya genzet kipor type kde12sta
    Ad masalah di starter…setiap distarter muncul “cranc” di monitornya
    Mohon petunjuk untuk memperbaikinya..terima kasih sebelumnya

  20. Bro saya ada jensed kw28-08
    Pertama di sulit di hidupkan, trus saat hidup dia ngasap putih dan tiba2 mati dengan kode p1 saya cek oli ada aja,,
    Dan saat saya coba stater lg dia udah gak mau hidup,,
    Saran nah bro,,
    Kira2 penyakit nya apa dan apa yang harus q baiki
    T e r i m a k a s i h

  21. gan mo tanya jenset saya setiap mo di strt musti di buang angin nya dulu.sudah di cari penyebab yg bocor nya tapi gak kktemukalo letak klep solar nya sblah mna ya?jnset nya perkins 1300 series. mksh penjwlasn nya gan.

  22. GAn mohon info nya,genseat sy hidup tp voltage ny naik turun,kira kira apa yang ryasak,motoyama 1500 watt,itu genset nya pake karbon brush ga yaa?trims

  23. gan ane punya ganset yamaha et950 masalahnya rpm dan tidak bisa lagi otomatis, biasa klu di pke lampu jadi terbakar

  24. Gan dinamo stater genset sy hancur n sy mau ganti tp takut hancur lg n gimna solusinya gan karena sy punya genset merek perkins

  25. Tolong solusinya bro karena takut hancur lg dinamo nya

  26. Mau nanya… Genset saya ( sansui 1000 watt ) masih baru satu bulan. Belakangan ini gasnya tidak stabil ( nyendal nyendal, bhs jawa red. )
    Apa penyebabnya bos? Trims

  27. Pak numpang nanyak saya ada troubleshooting di genset,dimana genset yang saya oprasikan beroprasi normal cumak pada saat di stopkan atau menggunakan emergency mesin genset tidak mau stop langsung.mesin genset masik berputar berlahan sampai 1menit

  28. Genset saya mesinnya mati setelah 1 menit nyala. Penyababnya ap

Tinggalkan pesan

Your email address will not be published. Wajib diisi *

*