Berikut Ini Adalah Bagaimana Cara Kerja Vacuum Cleaner?

0

cara kerja vacuum cleaner

Pernahkah anda minum jus ataupun minuman yang lainnya memakai sedotan ? ketika minum menggunakan sedotan secara tidak sadar kita memanfaatkan fungsi sederhana terhadap mekanisme alat penghisap debu atau vacuum cleaner. Ketika menghisap minuman maka akan mengakibatkan terjadinya perubahan tekanan antara bagian bawah sedotan serta bagian atas sedotan. Dengan terdapatnya perubahan tekanan terjadinya tekanan fluida yang besar pada bagian bawah sedotan jika dibandingkan dengan bagian atas sedotan, maka minuman yang kita minum dapat terdorong ke mulut kita. Itulah mekanisme dasar mengenai bagaimana cara kerja vacuum cleaner.

Baca Juga : Cara Kerja Alat Bantu Dengar

Dalam artikel kali ini kami akan membahas mengenai bagaimana cara kerja dari alat vacuum cleaner sehingga bisa menghisap serta membersihkan debu yang ada.

Ketika menghubungkan vacuum cleaner serta menghidupkannya, maka beginilah cara kerja dari vacuum cleaner.

– Arus listrik akan menggerakkan mesin vacuum cleaner di mana pada mesin vacuum cleaner tersebut terdapat kipas atau baling-baling yang berbentuk blade.

– Kipas ataupun baling-baling yang ada pada mesin vacuum cleaner akan berputar serta memaksa angin untuk keluar ke depan ke arah exhaust Port.

– Sewaktu partikel udara terdorong maju maka yang terjadi adalah tekanan udara yang berada di depan kipas akan bertambah serta pada bagian belakang kipas akan berkurang.

– Tekanan udara yang berkurang pada bagian belakang kipas sama halnya seperti pada bagian bawah sedotan ketika kita minum. Tekanan pada bagian belakang kipas ini pun lebih rendah jika dibandingkan dengan tekanan udara yang berada di luar vacuum cleaner atau lebih dikenal dengan sebutan ambient air pressure. Hal ini selanjutnya akan menghasilkan daya hisap pada bagian dalam vacuum cleaner. Dalam kondisi ini daya hisap yang terjadi diakibatkan tekanan pada bagian dalam dari vacuum cleaner lebih rendah jika dibandingkan dengan tekanan udara yang ada di bagian luar vacuum cleaner.

– Selama kipas atau baling-baling tetap berputar serta bagian Intake Port tetap terbuka, maka arus udara pun akan mengalir secara konstan menuju exhaust Port. Untuk debu ataupun partikel kecil lainnya akan lebih mudah disedot apabila terjadinya gesekan yang dibantu dengan adanya sikat yang berputar pada bagian intake Port.

Itulah beberapa prinsip atau cara kerja vacuum cleaner, semoga artikel ini dapat menambah sedikit pengetahuan kita terhadap prinsip cara kerja alat tersebut.

Editor : Angga

Buat Permintaan dan Pengadaan Barang

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Skip to toolbar