Mengenal Bisnis Franchise dan Contoh Franchise di Indonesia

0

Banyak cara untuk mulai berbisnis, salah satunya adalah dengan menjalankan bisnis franchise atau waralaba. Franchise adalah salah satu metode bisnis yang kian populer di indonesia, maka tidak heran apabila banyak calon pebisnis yang memanfaatkan peluang menjalankan bisnis franchise untuk meraih kesuksesan.

contoh franchise
imagesource : pinhome

Namun, apakah anda mengetahui apa itu franchise? Kemudian apa saja contoh-contoh franchise?

Simak artikel ini untuk memahami pengertian dan contoh-contoh franchise.

Mengenal Usaha Franchise 

Franchise adalah kerja sama yang dilakukan dalam bidang usaha dengan bagi hasil sesuai kesepakatan yang mencakup hak kelola hingga pemasaran. Secara umum, bisnis franchise dapat diartikan sebagai metode bisnis yang berjalan dengan berlandasan kesepakatan. 

Dalam menjalankan bisnis ini, penerima franchise akan mendapatkan fasilitas dan bimbingan mengenai strategi marketing, hingga kebutuhan bisnis lainnya.

Contoh – Contoh Bisnis Franchise di Indonesia

Setelah memahami pengertian franchise, anda juga harus mengerti bahwa franchise memiliki dua jenis. Berikut adalah jenis-jenis franchise.

Bisnis Franchise Lokal

Franchise dalam negeri adalah usaha yang didirikan oleh anak bangsa dengan inovasi tersendiri. Usaha franchise dalam negeri menjadi salah satu bentuk investasi pendapatan setiap bulannya yang telah banyak dipilih masyarakat.

Bisnis Franchise dari Luar Negeri

Franchise luar negeri merupakan salah satu bentuk usaha yang paling diminati masyarakat indonesia. Karena memiliki sistem bisnis yang jelas serta merk brand yang diterima masyarakat dunia, yang membuat bisnis franchise luar negeri lebih terkenal di masyarakat indonesia.

Sudah tahu kan contoh franchise di Indonesia, lihat juga jenis-jenis franchise di sini.

Franchise Terkenal di Indonesia

  1. Kkuldak

Dengan maraknya budaya korea yang masuk ke indonesia, makanan khas korea tentu memiliki pasar tersendiri di indonesia. Kkuldak menjual honey chicken dengan cita rasa yang berbeda dari olahan ayan lainnya dan menyajikannya dengan beberapa varian topping yang bisa dipilih.

  1. KFC

Siapa yang tidak tau KFC? Salah satu perusahaan fried chicken yang paling terkenal di indonesia ini selalu menjadi salah satu pilihan untuk menjalankan bisnis franchise. Dengan tekstur renyah dan cita rasa gurih, membuat KFC menjadi comfort food bagi masyarakat indonesia.

  1. Indomaret

Salah satu toko retail yang paling sering dijumpai. Banyak orang yang menjalankan bisnis franchise indomaret, karena menyediakan lengkap kebutuhan masyarakat sehari-hari.

  1. Kebab Baba Rafi

Franchise ini menjadi salah satu bisnis yang menjanjikan, karena Kebab Baba Rafi telah memiliki  lebih dari 1.300 outlet yang tersebar di tiga negara, yaitu indonesia, filiphina dan malaysia.

  1. Kedai Kopi Kulo

Franchise kedai kopi menjadi salah satu usaha yang banyak dijalankan dalam beberapa tahun terakhir. Dengan berbagai olahan kopi dan berbagai minuman lain membuat Kedai Kopi Kulo memiliki banyak konsumen.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.