Melihat Perkembangan Franchise di Indonesia

0

Waralaba atau franchise menjadi salah satu prospek bisnis yang terkenal sangat menjanjikan. Bukan berarti ini merupakan salah satu bisnis yang menjanjikan keuntungan, tapi jika memang tidak bisa me-managenya dengan baik maka sama saja dengan bisnis yang tidak bisa berkembang.

perkembangan franchise indonesia
imagesource : suttle-straus

Namun, sekarang kita tidak membahas itu. Kita kali ini akan membahas tentang bagaimana perkembangan franchise di Indonesia.

Franchise memang bisa dikatakan yang sudah besar adalah sekitar 10 tahun ke belakang. Namun, bagaimana franchise bisa berkembang secara pesat hingga sekarang ini?

Sejarah Franchise di Indonesia

Berbicara tentang sejarah franchise, yang pertama bahkan bukanlah restoran seperti KFC atau McDonalds melainkan adalah dealer kendaraan bermotor.

Di Indonesia, bisnis franchise mulai dikenal pada era 1950-an dikala timbul dealer kendaraan bermotor melalui pembelian lisensi.

Kemudian berlanjut pada 1970-an dikala metode pembelian lisensi tambahan dilakukan. Ketika itu, franchise tak sekedar menjadi penyalur, tetapi juga diberikan hak untuk bisa menjalankan produksi kendaraan.

Dalam perkembangannya, bisnis dengan metode franchise bertumbuh benar-benar cepat pada era 1980-an dan bahkan sampai sekarang franchise mulai menjamur di berbagai bidang bisnis hingga tahun 2022 sekarang ini.

Perkembangan Franchise di Indonesia Tahun 2022

Di tahun 2022 ini bisa dikatakan bisnis franchise mulai sangat terlihat perkembangannya. Terutama di bidang kuliner seperti makanan dan minuman perkembangan franchisenya sangatlah cepat.

Coba Anda amati sekitar Anda, ada apa saja yang sekiranya itu adalah bisnis franchise. Misalnya ada Indomaret, Olive Fried Chicken, Mixue, dan Alfamart.

Itu membuktikan bahwa franchise di Indonesia pada tahun 2022 ini merupakan bisnis yang mendapatkan prospek yang menjanjikan.

Potensi Bisnis Franchise di Tahun 2023

Jika bertanya potensi bisnis franchise di tahun 2023, mungkin Anda bisa mencoba bisnis franchise yang bergerak dalam bidang retail. Katakanlah salah satu retail terbesar di Indonesia sekarang ini adalah Indomaret.

Mengapa potensi bisnis franchise tersebut bisa menguntungkan di tahun 2023? Ada beberapa faktor yang mempengaruhinya:

  1. Tidak perlu mengembangkan nama brand dari 0
  2. Indomaret sudah terbukti sukses membangun kerajaan bisnis yang menguntungkan
  3. Retail produk kebutuhan sehari-hari tidak akan pernah habis

Keunggulan Bisnis Franchise

Keunggulan bisnis franchise memang sangat banyak dan bisa Anda rasakan manfaatnya, berikut ini adalah keunggulannya:

  1. Banyak pekerjaan yang diperlukan untuk meluncurkan ide bisnis telah dilakukan. Produk dan layanan akan ditetapkan dan diuji. Ini termasuk merek dan merek dagang yang sudah diakui. 
  2. Tidak sebanyak, jika ada, pengalaman diperlukan untuk memulai. Pelatihan yang diberikan oleh franchisor akan membantu franchise mendapatkan atau meningkatkan keterampilan yang dibutuhkan untuk mengoperasikan franchise.
  3. Dukungan dari jaringan bisnis yang lebih besar. Pemilik waralaba tidak hanya memberi Anda dukungan dalam bentuk pelatihan, manual operasi untuk Anda rujuk, dan saran tambahan yang berkelanjutan, Anda juga bisa mendapatkan dukungan dari franchisor lain dalam jaringan. 
  4. Kemampuan untuk memanfaatkan daya beli kolektif pemilik waralaba. Dalam banyak kasus, pemilik waralaba telah mengembangkan hubungan dengan penyedia yang memungkinkan pemilik waralaba untuk membeli barang dengan biaya lebih rendah dibandingkan dengan harga yang dapat dinegosiasikan oleh pemilik independen dari bisnis serupa untuk diri mereka sendiri.
  5. Dalam beberapa kasus, pembiayaan mungkin lebih mudah untuk diamankan. Bank dan pemberi pinjaman lainnya terkadang lebih cenderung untuk meminjamkan uang kepada mereka yang ingin membeli franchise karena pengetahuan yang ada tentang produk atau layanan pemilik franchise.

Kesimpulan

Bagaimana? Sudah sangat jelas bukan bagaimana perkembangan franchise yang ada di Indonesia. Mungkin Anda perlu tahu jika franchise memang menjadi pilihan terbaik bagi Anda yang ingin membuka bisnis Anda sendiri.

Bisnis franchise masih menjanjikan bukan bahkan di tengah pandemi, lihat juga kenapa franchise menguntungkan bagi pemula di sini.

Ralali Business Solution

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.