Desain Loft : Mengubah Bangunan Komersial Menjadi Hunian Masa Kini

0

Keterbatasan lahan tanah yang semakin terbatas membuat desain rumah minimalis menjadi pilihan banyak orang, yang tinggal di perkotaan. Namun rancangan hunian yang semakin berkembang, membuat masyarakat mencari alternatif gaya desain lainnya agar dapat memiliki rumah yang tampak lapang di lahan terbatas.

Salah satu desain alternatif yang mulai dilirik oleh masyarakat perkotaan, adalah konsep desain interior loft. Pada mulanya desain ini dipakai pertama kali di negara Eropa, sebagai kebijakan pemerintah setempat. Saat itu pemerintah memutuskan agar bekas bangunan industri dapat diubah dan dikonversikan fungsinya.

Di Indonesia desain interior Loft, belum banyak digunakan untuk membangun sebuah rumah. Namun sudah sering ditemukan dalam penggunaan hunian vertikal di Jakarta. Maka tak mengherankan jika dulu developer hanya menawarkan apartemen dengan tipe studio atau dua kamar tidur, kini model loft mulai diperkenalkan.

 

Apa itu Desain Loft ?

desain interior
source: .hallofhomes.com

Secara teknis loft berarti lantai paling atas, yang berada langsung dibawah atap. Berbeda lagi dengan apartemen, loft dimanfaatkan untuk tempat tinggal. Karena kebanyakan bangunan Loft berasal dari bekas pabrik atau industri, tentunya bangunan akan di dominasi dengan material besi, baja dan beton ekspos.

 

Ciri & Karakteristik

Desain interior
source: 1.bp.blogspot.com

Desain konsep loft, identik dengan langit – langit ruangan yang tinggi sehingga dalam akhir prosesnya  area lantai 1 dan lantai 2 dipisahkan oleh tangga. Sekilas interior bangunan Loft ini mirip dengan elemen mezzanine dengan desain interior bergaya modern.

Disamping itu desain interior bergaya loft, juga dirancang berkonsep ruangan terbuka dan nyaris tanpa sekat. Sehingga membuat hunian terasa lapang dan memiliki sirkulasi udara yang maksimal. Hunian seperti ini sangat cocok untuk di daerah tropis.

 

Dekorasi dan Desain Rumah Loft

Desain interior
Source: https://bit.ly/2Mcg69O

Bagian terbaik dari dekorasi loft ini adalah Anda dapat bereksplorasi dengan berbagai macam style. Misalnya jika ingin lebih menonjolkan gaya industrial, Anda dapat menambahkan elemen dekoratif seperti lampu, meja, kursi. Elemen ini dapat memberikan nuansa hangat ruangan Anda.

Nah, jika ingin memadukannya dengan nuansa modern Anda bisa menghadirkan warna netral seperti putih atau abu – abu. Jika suka Anda dapat mengaplikasikan semen atau bata ekspose di bagian ruangan tertentu untuk membuat ruangan terlihat menarik. Sebagai pelengkap pilihlah furniture yang bernuansa kayu atau besi agar desain terlihat harmonis dengan gaya industrial ruangan.

Nah, kalau soal gaya itu semua kembali kepada selera Anda, tapi yang harus diingat adalah Anda harus pintar dalam memilih bahan material lantai seperti pabrik yang menghasilkan beton khusus, yaitu beton Jayamix Industrial Floor Concrete. Tanpa perlu menggunakan floor harderner, Jayamix Industrial Floor Concrete dapat membuat lantai ruangan favorit Anda tidak hanya cantik, melainkan juga kuat dan tahan abrasi. Pilihan jenis beton lain juga dapat digunakan, seperti misalnya Jayamix Super Concrete yang dapat Anda dapatkan di Ralali.com.

Buat Permintaan dan Pengadaan Barang

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.