Peluang Bisnis Franchise Apotek dan Modal yang Harus Disiapkan

0

Bisnis franchise memang tidak akan ada habisnya. Menjual berbagai macam produk mungkin Anda berpikir jika akan ada produk seperti makanan dan juga minuman. Namun, tahukah Anda jika terdapat franchise berupa apotek?

bisnis franchise apotek
imagesource : infobrand

Ya, franchise bukan hanya tentang makanan dan minuman saja, ada apotek yang bisa jadi juga merupakan sebuah franchise. Franchise bisa jadi peluang bisnis yang menguntungkan untuk Anda.

Namun, yang menjadi masalah adalah berapa modal yang diperlukan untuk memiliki bisnis franchise apotek? Mari cari tahu!

Mengenal Bisnis Franchise Apotek

Franchise apotek merupakan salah satu franchise yang merupakan tipe sebagai penjual retail. Franchise ini masih disamakan dengan franchise retail yang lain seperti Indomaret dan juga Alfamart. Bedanya, tentu adalah franchise apotek menjual berbagai macam obat-obatan.

Tak jarang juga jika ada apotek yang berupa franchise ini juga menjual berbagai alat Kesehatan namun tidak selengkap itu.

Membuka franchise apotek ini sangat cocok bagi Anda yang punya minat di bidang kesehatan, berjiwa sosial untuk melayani sesama dan punya semangat menjadi pengusaha, mau terlibat dalam supervisi operasional usaha, dan bukan hanya sebagai investor semata.

Modal yang Perlu Disiapkan untuk Membuka Franchise Apotek

Mengenai biaya, tentu saja akan menjadi sangat relatif. Tidak seperti Anda membuka apotek yang Anda mulai sendiri dengan brand Anda sendiri, sistem dari franchise tentunya memiliki perbedaan.

Untuk lebih memahami berapa saja modal yang perlu disiapkan untuk membuka franchise apotek, berikut ini ada dua contoh franchise apotek yang sudah besar dan sudah terkenal di Indonesia dengan kemitraan yang banyak dan tersebar di berbagai daerah di Indonesia.

Franchise Apotek K24

Franchise apotek yang pertama adalah Apotek K24. Sebagai salah satu franchise yang sudah terkenal sekali di Indonesia dalam bidang apotek, franchise Apotek K24 menawarkan modal yang terjangkau untuk Anda.

Untuk investasi awal, Anda membutuhkan modal mulai dari 1,2 milyar rupiah dengan luasan tempat Anda membuka apotek minimal 60m2. 

Dalam paket investasi tersebut ke K24, Anda akan mendapatkan stok obat awal, papan nama gerai, eksterior, interior, mebel, sistem dan software IT, modal kerja 6 bulan, inventaris gerai, biaya pelatihan awal dan masih banyak lagi.

Bagi Anda yang sudah memenuhi investasi awal tersebut, Anda harus wajib membayarkan kepada PT K24 sebagai berikut:

  • Biaya awal (biaya awal waralaba dan jasa manajemen pra operasional) sebesar 120 Juta rupiah dengan tambahan PPN 10%, untuk masa waralaba 6 tahun
  • Biaya bulanan (royalty fee) sebesar 1,8% dari omset /Bulan.  

Untuk balik modal jika Anda bisa memenuhi target perbulan secara terus menerus Anda bisa kurang lebih 3,5 tahun bisa mendapatkan modal Anda Kembali dan mulai mendapatkan keuntungan dari bisnis franchise Apotek K24.

Franchise Apotek Kimia Farma

Selanjutnya adalah apotek Kimia Farma. Franchise Kimia Farma ini adalah perusahaan industri farmasi pertama di Indonesia yang didirikan oleh Pemerintah Hindia Belanda tahun 1817. Pada mulanya Kimia Farma diberikan nama NV Chemicalien Handle Rathkamp & Co.

Berbekal pengalaman selama puluhan tahun semenjak namanya menjadi Kimia Farma di tahun 1971, PT Kimia Farma (Persero) Tbk telah berkembang menjadi perusahaan dengan pelayanan kesehatan terintegrasi di Indonesia. Bahkan sekarang mulai melebarkan sayapnya ke dunia waralaba yang sedang menjamur di Indonesia.

Bagi Anda yang tertarik untuk menjalin kemitraan Kimia Farma, Anda membutuhkan modal awal senilai 460 juta rupiah. Biaya tadi masih belum termasuk sewa tempat untuk pembukaan apotek yang baru.

Anda juga bisa mendapatkan harga sebesar 350 juta rupiah jika Anda ingin mengkonversi dari apotek yang lama.

Kimia Farma juga mengenakan biaya sebesar berupa royalty fee 1,5% dari penjualan selama sebulan dengan masa franchise yang ditawarkan selama 6 tahun.

Keunggulan Bisnis Franchise Apotek

Bisnis franchise apotek bisa dikatakan adalah bisnis yang sangat menguntungkan. Obat-obatan sampai sekarang ini masih banyak permintaan obat dari masyarakat membuat bisnis apotek dinilai kian menguntungkan.

Apalagi jika Anda menilik dari kejadian pandemic COVID-19 selama ini, apotek merupakan bisnis yang tidak akan ada sepinya karena permintaan untuk obat-obatan serta alkes seperti masker kian meningkat.

Kesimpulan

Membuka franchise apotek memang sangat menguntungkan. Namun, perhatikan juga modal yang harus Anda siapkan memang terkesan tidak sedikit. Mungkin franchise ini sangat cocok untuk Anda yang sudah berbisnis dari lama.

Selain itu franchise apotek yang merupakan franchise retail, Anda bisa cek juga franchise jasa berikut ini ya! Mungkin franchise jasa juga bisa menjadi opsi lain untuk Anda yang ingin membuka franchise.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.