Melihat Potensi Franchise Bengkel di Indonesia Beserta Perkiraan Modalnya

0

Tertarik dalam berbisnis franchise? Bisnis franchise memang cocok dijalankan oleh para pelaku bisnis yang masih pemula karena kemudahannya dan juga memiliki peluang sukses yang lebih besar. Adapun bisnis franchise non makanan salah satunya adalah franchise bengkel yang memiliki omzet yang cukup besar.

franchise bengkel
imagesource : indozone

Mengingat bengkel dengan pelayanan yang baik pasti akan ramai terus dan memiliki pelanggan setia yang hampir setiap bulan akan datang kembali ke bengkel tersebut. Saat ini banyak sekali brand yang menawarkan kerja sama kemitraan dengan membeli lisensi untuk menggunakan namanya di bengkel yang akan Anda jalankan. 

Apa saja brand bengkel yang menawarkan franchise? Untuk lebih jelasnya mari kita simak artikel berikut ini.

Usaha franchise non makanan juga memiliki potensi untuk cuan yang besar juga!

Franchise Bengkel Motor

Franchise bengkel motor adalah salah satu bisnis franchise non kuliner yang banyak peminatnya mengingat pengguna sepeda motor lebih besar ketimbang pemilik kendaraan roda empat. Nah berikut ini adalah beberapa brand yang menawarkan kerja sama franchise.

Franchise Bengkel Motor AHASS Honda

Franchise AHASS berapa? Untuk menjawab pertanyaan ini Ahass menyediakan paket franchise seharga Rp 120 juta untuk permulaan yang sudah termasuk dengan 2 orang mekanik serta 1 orang di front desk.

Untuk kemitraan ini Anda membutuhkan lokasi dengan luas minimal 5 x 13 meter serta memiliki standar pelayanan yang sama dengan semua bengkel AHASS. Dengan harga segitu Anda juga mendapatkan perlengkapan yang lengkap seperti front desk, bike lift, compressor, oil drain, gerinda, dan lain sebagainya yang senilai 25 juta rupiah.

Bagi pemilik bengkel yang masih pemula juga mendapatkan pelatihan bisnis selama 3 bulan lamanya. 

Franchise F-16 Motor

Bengkel F-16 Motor ini menganut gaya bengkel motor yang berbeda dari bengkel motor pada umumnya. Pendiri dari F-16 Motor ini adalah Willy Dreeskandar yang menganut konsep lifestyle, boutique, fashion, dan modification. 

Bisnis franchise Bengkel F-16 Motor ini menawarkan sistem kerja sama yang bisa didapatkan dengan harga Rp 70 juta per dua tahun yang sudah termasuk dengan peralatan, digital tachometer, dan smart charger accu.

Ada juga paket franchise Rp 150 juta yang mendapatkan berbagai perlengkapan bengkel sesuai kebutuhan pasar. Untuk royalty fee bulananya gratis dan sudah disediakan 2 orang mekanik modifikator, 1 orang staf toko, dan juga training bagi mekanik.

Franchise Mr Montir™ 

Mr Montir adalah salah satu pelopor jaringan bengkel nasional sepeda motor yang juga ikut menggunakan konsep kerja sama franchise. Pelayanan yang disediakan Mr Montir ini cukup lengkap mulai dari cuci motor otomatis robotik, service motor ringan hingga berat baik motor bensin ataupun motor listrik, penyediaan spare part berbagai brand motor.

Selain itu Mr Montir juga menjual aksesoris berkendara seperti helm, jaket, tas, baju, sarung tangan, jas hujan, dan lain sebagainya. Tarif layanan bengkel Mr Montir ini cukup terjangkau misalnya untuk servis motor mulai dari 45 ribuan saja tergantung jenis motornya.

Untuk bisa bekerja sama dengan Mr Montir, Anda bisa menyiapkan dana investasi franchise sebesar Rp 350 juta yang terdiri dari fasilitas cuci motor, perlengkapan bengkel, renovasi bangunan, hingga pengadaan SDM yang sudah di training, sistem informasi dan CCTV.

Untuk royalty feenya sebsar Rp 75 juta per 5 tahun kontrak dan biaya ini diluar dari lokasi dan balik modal rata-rata satu tahun lamanya.

Franchise Bengkel Mobil

Selain bengkel motor, membuka franchise bengkel mobil juga cukup menjanjikan loh namun pasti akan membutuhkan modal yang tidak sedikit. Jika Anda berminat Anda bisa melihat beberapa rekomendasi dari franchise bengkel mobil di bawah ini.

Franchise Shop&Drive

Franchise Shop&Drive merupakan salah satu outlet ritel modern otomotif yang menawarkan berbagai suku cadang kendaraan yang paling lengkap di Indonesia. Franchise Shop&Drive ini menyediakan tiga produk utama yakni Oli, Accu, dan juga shockbreaker.

Keunggulan dari produk Franchise Shop&Drive adalah produknya asli dan memiliki garansi hingga 18 pada produk akinya yang sesuai dengan standar Astra. Selain itu Franchise Shop&Drive juga menyediakan pelayanan servis gratis dan pelayanan penggantian barang yang dilaksanakan secara cepat, tersistem, dan memiliki kelebihan.

Dana yang dibutuhkan untuk bermitra berkisar Rp 414 juta belum termasuk PPn. Biaya ini diluar dari biaya renovasi. Hingga saat ini Shop&Drive sudah membuka lebih dari 300 outlet di seluruh Indonesia.

Franchise Bengkel BOS

Franchise Bengkel BOS menganut bengkel mobil dengan gaya modern, yang cocok bagi Anda yang ingin membuka franchise bengkel mobil dengan berbagai perlengkapan bengkel modern dan canggih. Sudah lebih dari 29 outlet yang dibuka di sekitar kawasan Jabodetabek, Yogyakarta, dan juga Serang.

Salah satu keunggulan yang ditonjolkan jika bekerja sama dengan Bengkel BOS adalah dukungan dari Bengkel BOS seperti promosi secara digital, pelatihan SDM, marketing secara digital, dan lain sebagainya. 

Untuk harga yang ditawarkan untuk menjadi mitra Bengkel BOS sekitar Rp 2,5 milyar. Nilai ini belum termasuk franchise fee Rp 250 juta per 10 tahun.

Franchise CarFix

Bengkel CarFix sejak tahun 2007 yang mulai mengembangkan konsep joint venture untuk ekspansi bisnis di tahun 2018 lalu.

Brand CarFix menawarkan pelayanan bengkel mobil dengan kualitas setara dengan bengkel resmi. Namun harga yang ditawarkan untuk jasanya akan lebih hemat dan dekat dengan rumah seperti layaknya bengkel tradisional.

Tercatat di tahun 2019 sudah memiliki 22 outlet yang tersebar di 10 Kota di pulau jawa. Harga yang dipatok untuk bekerja sama dengan CarFix adalah Rp 300 juta yang sudah termasuk joining fee dengan BEP 30 bulan. Omzet yang diperkirakan perbulannya bisa mencapai Rp 400 jutaan perbulan.

Kesimpulan

Dengan pembahasan yang kita baca di atas tentu kita berkesimpulan bahwa berbisnis franchise bengkel ini sangat menguntungkan sekali bukan? Jika Anda salah satu orang yang memiliki passion di bidang otomotif maka Anda dapat menjalankan usaha bengkel di lingkungan Anda.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.