5 Pilihan Franchise Bimbel Laris yang Turut Mencerdaskan Anak

0

Bimbel merupakan pilihan bagi sebagian besar orang tua untuk mencerdaskan anaknya. Karena semakin sekarang memang bisa dibilang semakin susah. Banyaknya kebutuhan orang tua untuk mendaftarkan anaknya ke bimbel membuat franchise bimbel bisa jadi sebuah peluang bisnis.

franchise bimbel laris
imagesource : kompasiana

Ya, siapa bilang franchise hanya berbicara tentang produk seperti makanan dan minuman. Franchise jasa seperti bimbel ini adalah salah satu franchise yang bergerak dalam bidang jasa.

Mungkin Anda tertarik dengan franchise bimbel ini? Selain Anda bisa mendapatkan keuntungan finansial, Anda bisa mendapatkan kepuasan sendiri bukan untuk turut serta mencerdaskan banyak anak.

Franchise Primagama

Sebagai salah satu pionir di bisnis bimbel, sekarang, Primagama yang berdiri sejak 1982 telah memiliki 766 cabang yang tersebar di 33 provinsi, dengan lebih dari 250.000 siswa

Saat ini, Primagama menyediakan dua layanan tambahan. Pertama, fasilitas belajar online. Kesibukan siswa yang makin padat sekarang dapat diselesaikan dengan cukup mengklik website www.primagamaplus.com. Layanan ini hasil kerja sama Primagama dengan Microsoft sejak 2 tahun terakhir.

Kedua, percobaan potensi dan talenta saat penerimaan masuk siswa. Layanan ini bisa dikatakan sebuah sistem sidik jari, siswa dapat ketahuan potensi dan kelemahannya di bidang tertentu dari hasil sidik jari tersebut.

Untuk menjadi kemitraan dengan Primagama, ada biaya waralaba atau franchise fee mulai Rp 100 juta hingga Rp 175 juta, tergantung lokasi cabang.

Misalnya, franchise fee cabang di kawasan Jabotabek mulai Rp 145 juta. Lalu, cabang di ibukota provinsi mulai Rp 135 juta, di kabupaten mulai Rp 115 juta, dan di kecamatan mulai Rp 100 juta. Harap dicatat untuk kemitraan Primagama ada biaya waralaba naik sekitar 10% sebab menyesuaikan dengan inflasi setiap tahun ajaran baru yaitu di bulan Juli.

Franchise Tiki Taka

Apakah Anda ingin mendapatkan bimbel sekaligus dengan pelajaran Agama Islam? Bimbel Tiki Taka adalah solusinya karena ia menggunakan metode calisqro (baca tulis iqro).

Pada sistem ini siswa akan diajari berjenis-jenis materi pembelajaran yang berkaitan dengan membaca, menulis, dan membaca Al-qur’an yang baik dan benar.

Tiki Taka ini walaupun memang sudah ada sejak tahun 2010 baru bisa membuka sistem kemitraan pada tahun 2015.

Ada dua metode yang ditawarkan merupakan metode full service dan semi franchise. Investasi untuk kedua metode hal yang demikian sama merupakan sebesar Rp 25 juta untuk kontrak kerja sama selama lima tahun. Dengan investasi hal yang demikian, Terwaralaba (Mitra) akan menerima support pre-opening mulai dari riset analisa pasar, analisa biaya, financial plan lima tahun, desain 3D outlet eksterior dan interior, desain promosi, pelatihan SDM dan juga promo opening. Investasi hal yang demikian di luar pengadaan daerah, peralatan serta biaya untuk merenovasi daerah.

Kedua sistem yang ditawarkan berbeda dalam metode pengelolaannya, untuk full service semua pengelolaan, pengadaan guru, kepala cabang, team administrasi dan manajemen dilakukan oleh mitra. Dan pihak pusat cuma akan melaksanakan support bulanan secara terencana dengan konsep royalty fee 10% dari SPP siswa setiap bulan.

Perlu diketahui, biaya SPP per bulan untuk siswa yaitu mulai dari Rp200 ribu sampai dengan Rp340 ribu per bulan.

Meski pada kemitraan semi franchise, pengelolaan, pengadaan kepala cabang, guru, regu administrasi serta manajemen dilakukan oleh pihak pusat dengan konsep sharing profit 55% untuk mitra dan 45% untuk management pusat Bimbel Tiki Taka. 

Untuk perpanjangan kontrak mitra hanya diharuskan untuk membayar 59% dari franchise fee yang berlaku atau sekitar Rp 12.5 juta.

Franchise Bimbingan Belajar Aqila Course

Selanjutnya ada Aqila Course yang merupakan salah satu bimbel yang didirikan pada tahun 2009. Karena besarnya antusias dari banyak orang yang ingin join kemitraan dengan Aqila Course, akhirnya mereka membuka waralaba di tahun 2010.

Aqila Course menyediakan kemitraan dalam hal penyediaan modul, sistem administrasi, sistem mengajar, serta konsultasi yang berhubungan dengan bisnis bimbingan belajar.

Nah, bagi Anda yang ingin bermitra dengan Aqila Course, ada beberapa pilihan paket kemitraan, yaitu:

  1. Paket Hemat 1 dengan biaya Rp2,5 juta
  2. Paket Hemat 2 dengan biaya Rp1,8 juta
  3. Paket Hemat 3 dengan biaya Rp 1 juta

Ada pembaruan modul untuk setiap bulannya dengan biaya 100 ribu rupiah.

Franchise Bimbingan Belajar Solusi

Mungkin bimbel yang satu ini Anda seringkali mendengarnya. Bimbingan belajar Solusi bukan hanya pendamping belajar untuk siswa, namun juga menyediakan program membaca dan menulis untuk anak 3 tahun hingga 7 tahun dengan nama Rainbow Kids.

Kemitraan bimbel Solusi menawarkan paket waralaba dengan investasi awal sebesar Rp35 juta dan dengan investasi tersebut Anda akan mendapatkan lisensi untuk menggunakan nama brand dengan 4 modul pelajaran utama anak kelas 1-6 SD dan SMP kelas 7-9, serta pelatihan yang akan diadakan selama 1 bulan. 

Ada juga penyediaan software keuangan untuk bisnis franchise bimbel Solusi Anda.

Franchise Jakarta Language School

Yang terakhir ada Jakarta Language School. Sejak didirikan pada tahun 2012, Jakarta Language School mengkonsentrasikan perhatiannya dalam memberikan pengajaran akademik bagi siswa siswi anak-anak dan kursus bahasa bagi orang dewasa.

Jakarta Language School menggunakan sistem belajar member. Jadi, setiap bulannya siswa bebas memilih jadwal bergabung dalam kelas di jam yang diinginkan dari hari Senin sampai dengan Sabtu.

Bimbel yang diadakan pada JLS ini juga mencakup semua mata pelajaran akademik dari anak dalam rentang 2 sampai dengan 17 tahun.

Terdengar menarik bukan? Namun berapa harga dari franchise Jakarta Language School ini? 

JLS menyediakan paket kursus selama tiga bulan dibanderol harga senilai Rp4.199.000, sedangkan untuk paket kursus enam bulan ditawarkan dengan harga Rp8.699.000.

Kedua paket tersebut sama-sama memperoleh keuntungan pembelajaran bebas pilih dari hari Senin sampai Sabtu, serta bebas memilih kursus pembelajaran dan bahasa yang diinginkan.

Keuntungan Memiliki Bisnis Franchise Bimbel

Memilih untuk memiliki bisnis franchise bimbel bukanlah hal yang tidak menguntungkan, justru sebaliknya.

Bimbel ini menjanjikan keuntungan yang sangat bagus karena menilik dari materi ajar anak sekolah sekarang ini di Indonesia semakin lama semakin membuat banyak anak membutuhkan pembelajaran yang ekstra.

Dengan bimbel, mereka jadi lebih mudah paham pelajaran sekolahnya dan dapat dibantu mengerjakan PR yang diberikan sekolah.

Tentu ini profit karena banyak orang tua yang ingin mendaftarkan anaknya di bimbel demi masa depan anaknya yang pintar.

Kesimpulan

Bagaimana? Terdengar menguntungkan bukan franchise bimbingan belajar di atas? Dengan keuntungan yang stabil akan mendapatkan profit yang stabil pula untuk tahun-tahun berikutnya.

Tertarik untuk membeli salah satu franchise bimbel? Lihat dulu cara membeli franchise berikut jika sudah menemukan franchise mana yang ingin kalian beli. 

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.