Memilih Franchise Ekspedisi Terlaris yang Banyak Digunakan

0

Anda ingin memulai bisnis franchise ekspedisi atau waralaba jasa kirim? lalu apa saja usaha franchise jasa kurir?. Dalam menjalankan sebuah bisnis franchise memang terlihat mudah namun Anda perlu persiapan yang matang.

bisnis franchise ekspedisi
imagesource : learnseolive

Apalagi saat ini jasa pengiriman barang adalah salah satu jasa yang paling dibutuhkan masyarakat saat ini. Dalam meningkatkan belanja online tentu dapat mendatangkan pangsa pasar yang tentu saja membutuhkan jasa pengiriman barang. Tanpa berlama-lama lagi mari kita bahas franchise ekspedisi berikut ini.

Sejarah Jasa Kirim/Ekspedisi

Berbicara soal jasa kirim atau ekspedisi sebenarnya diawali dengan adanya kurir yang berjalan kaki ataupun berlari saja tanpa kendaraan apapun. Pekerjaan ini sudah ada sejak berabad-abad lalu yang mana kurir sendiri berasal dari bahasa latin yakni curere yang artinya berlari.

Jika diceritakan akan terlalu panjang awal sejarah dari jasa pengiriman di Indonesia. Singkatnya jasa pengiriman di Indonesia dibawa oleh Belanda melalui VOC yang dulunya sempat membutuhkan kurir pengantar surat ke beberapa wilayah di Indonesia. Kemudian di tahun 1975 didirikanlah dinas telegraf bernama Post En Telegraafdienst yang berada di Jakarta lalu dijadikan perusahaan milik negara dengan nama PN Postel.

Dari tahun ketahun PN Postel ini berganti nama terus menerus dan pada akhirnya di tahun 1995 berganti nama menjadi PT Pos Indonesia yang sudah tersebar diberbagai wilayah Indonesia hingga mencapai 24000 titik. Pelayanan pos Indonesia ini adalah pelayanan pertama jasa ekspedisi yang melayani pengiriman barang ke seluruh wilayah di Indonesia.

Sistem Franchise di Jasa Kurir/Ekspedisi

Adapun sistem franchise ekspedisi cukuplah sederhana namun sangat dibutuhkan oleh masyarakat Indonesia antara lain:

  • Barang yang akan dikirim tidak melanggar hukum dan sesuai peraturan perusahaan yang tersebut yang dapat dikirimkan.
  • Pengemasan barang atau packing harus dilakukan dengan benar agar tidak merusak barang yang akan dipacking. Adapun beberapa jenis barang yang dipacking seperti barang pecah belah, cairan, makanan, dan sebagainya.
  • Pengurusan surat-surat atau izin administrasi dari bea cukai dan pihak lain yang bersangkutan. Hal ini akan diurus oleh pihak pemilik franchise ekspedisi.
  • Kendaraan yang dibutuhkan untuk pengiriman.

Keunggulan Memilih Bisnis Franchise Ekspedisi

Setelah melihat garis besar franchise ekspedisi, mungkin Anda ingin mengetahui apa saja skeuntungan memilih bisnis jasa pengiriman ini. Berikut jawabannya:

  • Memiliki peluang bisnis yang luas, seperti yang sudah disinggung diatas bahwa jasa pengiriman akan semakin dibutuhkan seiring bertambahnya masyarakat yang melakukan pembelian online.
  • Tidak banyak pesaingnya, memang benar bahwa ada banyak jasa ekspedisi baru-baru ini namun tidak menutup kemungkinan di daerah tertentu masih belum banyak yang menggunakan jasa ekspedisi ini terutama di daerah yang jauh dari Kota.
  • Dapat dikelola secara online, dalam menjalankan bisnis franchise ekspedisi ini Anda dapat mengelolanya secara online. Adapun banyak aplikasi dan program yang dapat mendukung bisnis jasa pengiriman Anda mulai dari pengelolaan, promosi, analisis data pengiriman, dan pemesanan jasa antar secara online.
  • Fleksibel beromset besar, bisnis jasa ekspedisi ini terbilang fleksibel yang mana para kuris bisa bekerja sesuai shift dan kemampuannya sehingga bisa meluangkan waktu untuk aktivitas lainnya.

Memilih Bisnis Franchise Ekspedisi yang Tepat

Sama seperti franchise lainnya yang mana adapun cara dalam memilih franchise ekspedisi antara lain:

  • Pilih sesuai modal, jasa ekspedisi memiliki beberapa tarif yang berbeda-beda sesuai dengan kemitraan franchise yang dipilih. Untuk memudahkan Anda kedepannya, jasa ekspedisi akan membuatkan paket yang sesuai dengan budget yang dimiliki.
  • Memahami kekurangan dan kelebihan jasa ekspedisi, setiap jasa ekspedisi memiliki kekurangan dan kelebihan yang mana juga dipengaruhi oleh reputasinya. Lebih baik Anda menanyakan kepada orang yang berpengalaman dibidang jasa ekspedisi untuk mendapatkan pilihan yang terbaik.
  • Perhatikan syarat dan ketentuan, setiap agen ekspedisi memiliki syarat dan ketentuan masing-masing. Sebelum melakukan kontrak hendaknya Anda memperhatikan syarat dan ketentuan terlebih dahulu agar tidak menyesal nantinya.
  • Tetap waspada dengan harga yang murah, setiap ada harga pasti ada barang, hal ini berlaku juga untuk franchise ekspedisi yang mana memiliki kualitasnya masing-masing. Nah jika Anda ditawarkan dengan harga yang sangat murah Anda wajib mewaspadainya, takutnya ada suatu hal yang mencurigakan.

Rekomendasi Jasa Kurir Franchise Ekspedisi

Nah bagaimana apakah Anda sudah tertarik dalam menjalankan bisnis ekspedisi ini? Jika tertarik Anda bisa memilih beberapa jasa ekspedisi yang bonafit seperti dibawah ini:

JNT

Ekspedisi JNT merupakan ekspedisi yang cukup terkenal di seluruh Indonesia. Adapun ketentuan untuk bergabung sebagai berikut:

  1. Mengontak cabang agen JNT terdekat.
  2. Adapun syarat dan ketentuan yang perlu disiapkan seperti:
    • Fotokopi e-KTP dan KK.
    • Fotokopi NPWP.
    • Fotokopi Surat Izin Usaha dan Akta Pendirian Usaha.
    • Memiliki bangunan atau gedung yang khusus untuk agen lengkap dengan peralatannya meliputi komputer, timbangan, printer, alat tulis, dan lain sebagainya. Untuk gedung bisa sewa ataupun milik pribadi.
  3. Membawa berkas ke kantor cabang JNT dan mendaftar. Hendak menunggu proses pemeriksaan berkas administrasi.
  4. Jika lolos maka Anda akan dihubungi JNT untuk bekerja sama sesuai dengan persyaratan dan ketentuan yang sudah disepakati.

SiCepat

Ekspedisi SiCepat ini merupakan ekspedisi yang berdiri sejak 2004 yang mana sudah terkenal akan kecepatan pengirimannya. Adapun beberapa syarat dan ketentuan untuk ikut franchise SiCepat berikut ini:

  1. Buka web www.sicepat.com/home/joinForm.
    1. Isi data diri Anda dengan lengkap seperti nama, e-mail dan nomor HP aktif, alamat dan kode pos.
    1. Klik daftar dan lakukan konfirmasi e-mail dengan mengklik tautan yang dikirimkan ke inbox mail.
    1. Selanjutnya maka Anda sudah resmi menjadi agen baru SiCepat. Memang terbilang mudah dibandingkan dengan
    1. Selesai. Anda sudah terdaftar menjadi agen baru SiCepat. Sangat mudah dibandingkan JNT dan JNE, bukan? Proses pendaftaran menjadi agen sudah selesai dan tidak perlu memakan waktu lama setelah melakukan konfirmasi e-mail. Sekarang, Anda sudah bisa mendapat harga spesial untuk layanan dan mulai berbisnis.

TIKI

TIKI merupakan salah satu jasa ekspedisi yang paling lama di Indonesia yakni sejak 1970 di Jakarta yang sudah tersebar hingga 500 gerai di seluruh Indonesia.

berikut adalah persyaratan administratif yang perlu dipenuhi untuk mendaftar franchise TIKI:

  • Pertama Anda perlu melakukan permohonan ke gerai TIKI terdekat.
  • Melampirkan dokumen bukti badan usaha,
  • Fotokopi KTP Pemohon,
  • FC Akte Perusahaan,
  • Fotokopi SKDU,
  • FC TDP,
  • Fotokopi SIUP,
  • FC NPWP,
  • Fotokopi Pemohon ukuran 4×6 sebanyak 4 lembar.
  • Untuk persyaratan lainnya Anda bisa lihat di website TIKI.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.