Rekomendasi Franchise Restoran yang Selalu Diminati

0

Bisnis franchise memang tidak akan ada habisnya. Setiap tahun memang ada dan ada lagi franchise baru yang menjamur di Indonesia. Salah satu bisnis franchise yang menguntungkan adalah franchise yang menjual makanan. Franchise restoran adalah salah satu jenis franchise yang bisa Anda pilih jika Anda memang gemar berbisnis di bidang kuliner.

franchise restoran
imagesource : topcareer

Franchise resotran memang menjadi incaran banyak orang dan menjamur karena banyak yang memiliki minat dalam membangun bisnis dalam bidang kuliner. Terlebih lagi memang restoran ini menjual makanan dimana makanan adalah salah satu kebutuhan primer dari manusia. Franchise restoran adalah pilihan yang bagus jika Anda ingin memulai bisnis Anda.

Mengenal Apa itu Restoran

Oke, sekarang kita bahas terlebih dahulu pengertian restoran. Restoran pada dasarnya adalah setiap tempat di mana pelanggan dapat datang untuk membeli dan mengkonsumsi makanan dan minuman. Selain itu, restoran mungkin menawarkan makanan dan minuman untuk dibawa pulang atau untuk pengiriman, jenis bisnis ini ditandai dengan menyediakan tempat di mana para tamu dapat duduk untuk makan.

Berbagai jenis restoran menawarkan gaya dan standar masakan yang berbeda. Model layanan juga sangat bervariasi.

Industri restoran mencakup restoran tradisional, tetapi juga mencakup jenis bisnis lain seperti bar dan kedai kopi yang menyajikan makanan, gastropub, gerai makanan cepat saji, dan banyak lagi dengan mempekerjakan cheff yang terlatih.

Sistem Franchise yang Dilakukan Restoran Besar

Sistem franchise dari restoran yang besar memang sangat beragam. Kita tilik saja restoran yang sudah besar yaitu McDonalds dan juga KFC.

Kita mulai dari KFC (Kentucky Fried Chicken). Restoran yang sudah tidak diragukan lagi besarnya karena sudah tersebar di berbagai belahan negara ini ternyata tidak membuka yang namanya franchise. Akan tetapi, Anda bisa melakukan kerjasama bisnis dengan melakukan share revenue jika KFC menempati tanah yang Anda miliki.

Dilansir dari website KFC, lahan yang dibutuhkan adalah berupa rumah, ruko, atau tanah (kavling). Lokasi tersebut harus memiliki luas tanah 1.500m2-2000m2 dengan lebar muka minimal 30m (untuk kavling), lantai dasar 300m2 dengan lebar muka minimal 15m (untuk bangunan rumah atau ruko), serta di area parkir.

Kedua ada McDonalds yang bisa meraup keuntungan yang sangat besar. Sistem franchise yang ditawarkan McDonalds memang sedikit berbeda. Pada tahun 2018 menurut Market Realist, 93% (35.085 restoran) dari gerai McD di seluruh dunia adalah milik franchise sedangkan sisanya (2770 restoran) dikelola oleh McD.

McD ini menjanjikan pendapatan yang sangat besar, modalnya pun tidak main-main. Anda harus merogoh biaya sampai dengan 7,2 Milyar. Franchise juga harus memilih 2 jenis waralaba yang diberikan seperti new franchise restaurant untuk orang baru atau existing franchise restaurant bagi orang yang membeli gerai McD yang sudah ada.

Keuntungan Franchise Restoran Dibanding Buka Restoran

Ketika Anda berpikir untuk membuka resotran Anda sendiri, pikirkan lagi hal tersebut. anda bisa membeli atau kemitraan restaurant saja karena keuntungan yang bisa Anda dapatkan jauh lebih banyak.

Misalkan saja begini, Anda ketika harus membuka restoran tentu saja membutuhkan banyak modal yang tidak main-main. Anda harus branding restoran Anda pastinya adalah hal yang sangat susah. Selain itu juga promosi yang harus Anda keluarkan juga sangat besar.

Berbanding terbalik jika Anda membeli franchise restoran, beberapa kelebihannya diantaranya:

  • Anda akan membutuhkan modal yang jauh lebih sedikit untuk mengembangkan bisnis Anda
  • Anda akan dapat mengembangkan merek Anda dengan cepat dan efisien
  • Anda akan menghasilkan pendapatan tambahan
  • Anda akan dapat mengalokasikan sumber daya Anda dengan lebih baik
  • Anda akan mendapatkan mitra bisnis yang sangat termotivasi

Tips Memilih Franchise Restoran yang Sesuai

Berbisnis dengan bekerjasama dengan franchise memang menguntungkan. Tapi jangan Anda hanya terhasut dengan kata-kata membuka franchise restoran ini memiliki keuntungan besar dengan cara yang mudah. Padahal, jika Anda salah langkah saja dan teledor maka franchise restoran yang Anda beli tidak akan berkembang.

Maka dari itu, simak tips memilih franchise restoran dibawah ini agar Anda memiliki franchise restoran yang sukses dan mendulang banyak uang.

  1. Pilih brand franchise dengan penawaran untuk pelatihan bagi pemilik franchise untuk bisa memahami lebih dalam bisnis franchisenya
  2. Sesuaikan dengan budget Anda, jangan sampai Anda memaksakan jika dana Anda kurang atau cukup
  3. Tinjau track record dari franchise tersebut seperti berapa lama brand tersebut, success rate yang dimilikinya, dan berapa lama penerima franchise menjalankan bisnis franchise tersebut
  4. Memilih lokasi yang strategis
  5. Meninjau ulang perhhitungan keuangan
  6. Konsultasikan kontrak kerja yang ada dalam franchise tersebut dengan ahli legal
  7. Harus sesuaikan dengan passion

Daftar Franchise Restoran Terlaris 2022

Sudah tahu apa saja keuntungan dan juga tips dalam memilih franchise restoran? Sekarang adalah saatnya Anda memilih mana franchise restoran yang sekiranya terlaris pada tahun 2022.

Berikut ijni adalah daftar franchise restoran terlaris pada tahun 2022 sampai dengan bulan ini yang bisa Anda pertimbangkan untuk membelinya:

  1. Burger Bangor

Franchise makanan burger dan juga hot dog ini memang sudah terkenal enak karena menggunakan daging sapi premium. Franchise dari Denny Sumargo ini menawarkan biaya franchise dari 79 juta sampai dengan 91 juta rupiah.

2. Gildak

Gildak adalah salah satu franchise restoran dengan menu makanan ringan dari Korea Selatan. Brand ini dimiliki oleh Jovi Adhiguna. Biaya franchise nya adalah 200 juta dengan estimasi profit sampai dengan 82,5 juta rupiah.

3. Menantea

Yang terakhir adalah Menantea yang merupakan franchise restoran dengan founder seorang Youtuber Jerome Polin. Menantea adalah restoran food and berverages dengan konsep fussion tea kekinian. Biaya franchise adalah sekitar 125 jutaan rupiah.

Ralali Business Solution

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.