Bisnis Franchise Minimarket yang Menjanjikan

0

Memulai bisnis franchise minimarket adalah salah satu bisnis yang paling diminati saat ini. Bisa kita lihat hampir di setiap gang di Kota besar maupun kecil ada minimarket yang saling berdekatan. Hal ini menunjukan bahwa bisnis minimarket sangat populer di Indonesia.

franchise minimarket
imagesource : primamedika

Nah apakah Anda juga seseorang yang berminat untuk menjalankan bisnis minimarket apakah yang diperlukan? Dan franchise apa yang menjanjikan? Mari kita simak artikel berikut ini.

Memahami Franchise Minimarket

Hal pertama yang perlu Anda ketahui sebelum menjalankan franchise minimarket ini adalah usaha yang menggunakan metode distribusi barang dan jasa. Secara singkat bisnis minimarket ini bisa dimiliki oleh satu orang saja atau badang usaha dalam memasarkan suatu barang dan jasa sesuai dengan perjanjian yang sudah ditekan sebelumnya.

Franchise minimarket ini bukan hal yang baru dalam dunia bisnis. Yang mana keinginan dalam membesarkan brand membuat pemilik minimarket membuka jaluk ke franchise dalam pemasarannya. Seperti yang kita ketahui bahwa kebutuhan sehari-hari ini tersedia di minimarket dengan cukup lengkap. Maka tak heran jika bisnis minimarket ini cukup menjanjikan untuk dijalankan.

Hal yang Dibutuhkan untuk Membuka Franchise Minimarket

Dalam menjalankan sebuah franchise minimarket ada beberapa hal yang perlu diketahui seperti misalnya:

Menentukan lokasi usaha

Pastikan Anda memilih lokasi usaha yang strategis. Seperti misalnya didekat keramaian, sekitar pemukiman warga, dekat kampus, dan dekat jalan besar.

Ukuran gedung minimarket rumahan

Membangun sebuah minimarket adalah minimal 6 meter untuk bagian depannya. Bangunan minimarket ini harus memiliki pintu depan yang terbuat dari kaca dan kusen aluminium.

Kemudian dibagian interior Anda dapat menggunakan cat berwarna putih untuk menghemat biaya penerangan dan komputer, kipas angin, mesin kasir, pendingin ruangan, dan lain sebagainya.

Rak minimarket

Peletakan rak minimarket ini ditempatkan secara berjajar sesuai kategori barang yang ada. Tujuannya agar terlihat rapi dan menarik pengunjung untuk membelinya.

Menyediakan stok barang

Stok barang yang diperlukan agar minimarket tetap menjual produk secara lengkap, agar bisnis lancar, dan menguntungkan.

Tahapan Membuka Franchise Minimarket

Untuk tahapan dan syarat membuka franchise minimarket setiap brand berbeda-beda sebagai contoh pada brand Alfamart yang membutuhkan persyaratan sebagai berikut:

  • Berkewarganegaraan Indonesia.
  • Pendaftaran bisa diajukan menggunakan badan usaha seperti PT, CV, koperasi, dan lainnya.
  • Wajib melampirkan dokumen perizinan SIUP , TDP, NPWP, surat keterangan domisili, serta izin dari masyarakat sekitar tempat gerai tersebut akan berdiri.
  • Memiliki area minimal 80 meter persegi.
  • Lokasi bisa didekat fasilitas umum seperti sekolah, pusat perkantoran, kampus, SPBU, stasiun, dan lain sebagainya lebih disukai.
  • Jika memenuhi syarat dam mengikuti semua aluar prosedur maka Anda bisa bermitra dengan Alfamart.

Keuntungan Franchise Minimarket yang Menjanjikan

Untuk keuntungan menjalankan bisnis franchise minimarket antara lain:

Manajemen Bisnis Telah Terbangun

Manajemen bisnis yang sudah terbangun. Sehingga sebagai pembeli franchie Anda tidak perlu lagi membangun bisnis, maka Anda tidak perlu repot dalam membangun sistem bisnis dari awal. Singkatnya Anda akan mendapatkan dukungan terhadap penanganan bisnis yang sudah profesional, manajemen yang stabil dan kuat.

Manajemen Finansial Lebih Stabil

Manajemen finansial yang lebih stabil karena diatur oleh pihak pemilik franchise sehingga mitra bisnis tidak perlu memusingkan tentang manajemen finansial yang sangat merepotkan.

Promosi Lebih Mudah

Adapun keuntungan mengambil franchise minimarket adalah reputasi yang sudah dikenal oleh masyarakat luas. Popularitas juga menjadi daya tarik bisnis franchise. Adapun beberapa brand terkenal yang memang sudah ada pangsa pasarnya. Sehingga tidak perlu lagi membuat promosi yang terlalu besa.

Pilihan Franchise Minimarket Di Indonesia Tahun 2022

Berikut ini adalah beberapa pilihan franchise minimarket Indonesia yang bisa menjadi pilihan terbaik di tahun 2022 ini:

Franchise Indomaret

Siapa yang tidak kenal akan minimarket indomaret? Minimarket ini sudah ada di berbagai wilayah Indonesia dengan gerai yang mencapai 13.000 toko. Dengan jaringan yang luas ini indomaret juga terkenal disemua kalanangan masyarakat yang membuatnya sangat populer.

Franchise Alfamart

Popularitas Alfamart juga tak kalah dengan Indomaret yang gerainya mencapai 11.500 di seluruh Indonesia.

Franchise Alfamidi

Mirip dengan Alfamart namun memiliki perkembangan yang sangat pesat. Ada banyak gerai yang sudah buka di seluruh Indonesia yang mencapai 1.300 minimarket.

Franchise Yomart

Walaupun masih terbilang baru, minimarket ini juga sudah tersebar di seluruh Kota di Indonesia yang mencapai hingga 250 toko.

Franchise OMI

Pembinaan dari Indogrosir terhadap toko tradisional yang dibangun sejak 2001 ini membuahkan hasil yang mana indogrosir berhasil mengembangkan gerai lewat franchise dengan merk OMI. Bisnis ini bisa Anda jalankan perorangan dengan harga sekitar 200 jutaan.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.