Membedah Bisnis Franchise Makanan Korea yang Laris di Indonesia

0

Bisnis franchise kuliner memang merupakan peluang bisnis yang banyak diminati oleh pebisnis pemula. Bisnis kuliner ini memang memiliki pasarnya sendiri yang termasuk dalam kategori bisnis yang sustainable atau bisa dikatakan stabil dalam segi pendapatannya.

bisnis franchise makanan korea
imagesource : masakapahariini

Mengingat orang Indonesia memang suka sekali wisata kuliner apalagi kuliner yang tidak umum dijual di Indonesia misalnya makanan Korea. Nah seberapa menguntungkannya berbisnis franchise makanan Korea ini dan franchise apa yang laris? Mari kita simak artikel berikut ini.

Mengenal Franchise Korean Streetfood yang Sedang Booming

Franchise makanan Korea memang terbilang bisnis yang masih baru di Indonesia namun sudah mulai banyak yang berminat berbisnis makanan negeri ginseng ini. Adapun beragam brand makanan Korea yang menawarkan dengan harga yang terjangkau sehingga para pebisnis pemula bisa ikut andil di dalamnya.

Perkembangan makanan Korea di Indonesia memang memiliki peningkatan yang sangat signifikan karena tingginya masyarakat Indonesia yang menyukai kultur negeri Korea seperti misalnya Kpop. Nah bagi yang suka Kpop pasti terpengaruh dengan makanan Korea yang juga dimakan oleh idola mereka yang ternyata juga cocok dengan lidah orang Indonesia.

Pertimbangan Memilih Franchise Makanan Korea

Adapun berbagai pertimbangan dalam berbisnis makanan Korea atau street food Korea ini. Seperti misalnya dimana tempat yang cocok untuk jajanan atau makanan Korea ini di perjualkan dan pangsa pasarnya sudah ada apa belum di lingkungan Anda.

Makanan Korea ini biasanya kita temukan di mall, ataupun restoran berbintang saja sehingga tidak banyak orang yang bisa mencobanya apalagi di Kota kecil. Yang mana ingin makan makanan Korea ini sangatlah sulit dan tidak mudah di temukan dimana saja.

Dengan tingginya minat masyarakat dengan budaya Korea termasuk juga makanannya tentu akan meningkatkan peluang penjualan bisnis franchise makanan Korea ini. Itulah mengapa bisnis franchise Korea ini cukup penting untuk dipertimbangkan karena belum banyak pesaingnya.

Yang Perlu Disiapkan untuk Membuka Franchise Makanan Korea

Bagi Anda yang tertarik untuk melakukan bisnis kuliner franchise makanan Korea ini maka Anda perlu mempersiapkan beberapa hal sebelum membuka bisnis makanan Korea kekinian ini diantaranya:

  • Modal yang cukup, mengingat makanan street food Korea adalah jajanan yang tidak terlalu mahal sehingga Anda bisa mempersiapkan modal yang secukupnya misalnya 3 hingga 5 jutaan saja.
  • Lokasi yang strategis, membeli franchise makanan Korea memang sudah diatur semua oleh pemilik franchise namun Anda juga bisa memilih tempat dimana Anda ingin membuka bisnis ini seperti misalnya buka di lingkungan kampus, sekolah, ataupun taman.
  • Siapkan promosi di media sosial, media sosial adalah salah satu platform yang bisa dijadikan tempat promosi yang tepat. Melihat makanan Korea ini memiliki peminat yang paling banyak oleh kalangan milenial yang juga pasti memiliki akun sosial media di handphonenya.
  • Take away atau penjualan online, persiapkan franchise Anda untuk bisa membungkus makanan Korea yang Anda jual karena tidak sedikit orang yang memesan secara online untuk dimakan di rumahnya.

Memilih Franchise Makanan Korea yang Cocok untuk Anda

Jika Anda berminat untuk berbisnis franchise makanan Korea ini, kira-kira makanan Korea apa yang diminati oleh penggemar Kpop, berikut ini adalah beberapa makanan Korea yang bisa dijadikan ide franchise.

  1. Tteokbokki

Tteokbokki ini merupakan makanan yang paling terkenal di kalangan Kpopers yang mana street food ini memiliki cita rasa yang pedas dengan saus gochujang dan bertekstur lembut yang terbuat dari tepung beras.

  1. Kimchi

Kimchi ini merupakan makanan khas Korea yang sudah dikenal di seluruh dunia. Kimchi ini terdiri dari sayuran seperti timun, sawi putih, atau lobak yang difermentasi sehingga menciptakan cita rasa yang asam dan segar.

  1. Corndog

Corndog ini merupakan jajanan street food Korea yang banyak dikenal kalangan milenial. Corndog ini adalah sosis yang di tusuk dan digulung di adonan tepung roti. Lapisan luarnya biasanya berisikan keju mozarella lalu di goreng dengan minyak panas sehingga memiliki cita rasa yang garing, gurih, dan pedas dengan tambahan saus dan mayonaise.

  1. Oden

Oden adalah kue ikan yang memiliki cita rasa gurih serta memiliki tekstur yang kenyal dan lembut. Oden ini bisa dihidangkan dengan hangat dan disiram dengan kuah kaldu yang segar.

  1. Kimbab

Kimbab ini merupakan makanan Korea yang mirip dengan sushi khas jepang yang berupa nasi gulung dengan rumput laut yang berisi dengan sayur serta daging.

Biasanya kimbab ini berisi dengan daging sapi ataupun ikan serta dilengkapi dengan sayuran yang berupa wortel, timun, dan daun bawang. 

  1. Ramyeon

Ramyeon adalah jenis mie khas Korea yang mirip seperti ramen khas Jepang. Adapun cita rasa yang beragam yang tentunya sangat lezat.

  1. Korean BBQ

Korean BBQ ini merupakan jenis makanan Korea yang biasa ditemukan di restoran all you can eat. Isi dari makanan ini beragam macamnya seperti daging-dagingan, sayuran, dan disajikan dengan cara di panggang di atas wajan khusus barbeque.

Pilihan Franchise Makanan Korea Terlaris di Tahun 2022

 Bagaimana apakah Anda sudah menentukan mau jual makanan Korea jenis apa? Nah untuk contoh franchise makanan Korea mari kita lihat bisnis franchise terbaru juga yuk! Berikut ini:

  1. Franchise Jajanan Makanan Korea Bokki Bowl

Bokki bowl ini sudah berdiri sejak tahun 2018 silam yang juga menawarkan bisnis waralaba bertemakan “Korean Food with Indonesian Soul” yang menyajikan makanan Korea dengan cita rasa yang cocok untuk lidah orang Indonesia.

Makanan Korea yang disediakan antara lain Bibimbap, Tteobokki dan jajanan street food lainnya. Untuk harga franchise yang dibutuhkan sekitar 15 juta rupiah yang sudah termasuk dengan peralatan serta bahan bakunya

  1. Waralaba Running Korean Street Food

Waralaba ini pertama kali didirikan di Kota Samarinda Kalimantan timur. Franchise makanan Korea ini menawarkan seperti ddeokbokki, ddeokggochi, eomuk, dan makanan khas Korea lainnya.

  1. Franchise Samwon Group: SamWonHouse, SamWon Express, dan K-Drink

Samwon Group ini memiliki beberapa franchise makanan Korea yang sudah terkenal di Indonesia. Samwon Group menawarkan 3 jenis franchise makanan Korea yakni K-Drink dan SamWon Express serta SamWon House. Untuk harga franchise K-Drink di bandrol dengan harga 300 hingga 800 jutaan, sedangkan untuk SamWon Express dan SamWon House, merupakan waralaba restoran Korea yang sudah berkisar 11 restoran di Indonesia. Untuk ikut waralabanya Anda perlu merogoh kocek sekitar 500 juta rupiah.

  1. Franchise Makanan Korea Mu Gung Hwa

Franchise yang satu ini memang asli berasal dari Korea selatan yang dibawah naungan PT Koin Bumi untuk membuka restorannya di Indonesia. Sedangkan semua bahan baku untuk makanan Khas Korea ini dikirim langsung dari Korea loh. Nah untuk harganya Anda bisa mempersiapkan 65 juta hingga 150 juta rupiah.

  1. Franchise Cafe Tospia

Franchise Café Tospia ini berdiri sejak tahun 2018 cocok untuk Anda yang ingin berbisnis secara waralaba dengan harga yang terjangkau. Adapun menu yang ditawarkan seperti Bulgogi atau daging ala Korea. 

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.