promo hari ini

Ini Dia Asal Usul Terciptanya Alat Bantu Dengar

0

Alat Bantu Dengar

Ini Dia Asal Usul Terciptanya Alat Bantu DengarBetapa senangnya apabila memiliki sistem indera yang utuh atau lengkap serta masih berfungsi dengan normal. Begitu pula sebaliknya, betapa menderitanya seorang apabila memiliki masalah pada salah satu sistem inderanya, contohnya pada pendengaran. Seseorang yang pendengarannya mengalami masalah tentunya akan merasakan kesusahan dalam menerima informasi.

Memahami begitu sangat pentingnya indera pendengaran di dalam kehidupan sehari-hari, para ilmuwan sejak dahulu berupaya untuk menciptakan alat untuk mengatasi masalah pada pendengaran. Diciptakanlah alat tersebut dengan nama HEARING AID atau ALAT BANTU DENGAR. Alat ini berguna supaya seseorang yang mengalami masalah terhadap pendengaran tetap bisa mendengar.

Asal Usul Alat Bantu Dengar

Tahun 550 SM
Dalam buku sastra klasik Yunani Illiad, seorang ilmuwan yaitu Homer berupaya untuk menciptakan alat tersebut. Pada awalnya ia menciptakan alat ini hanya untuk mendengarkan suara dari jarak jauh saja guna keperluan militer.

Tahun 300 SM
Dua abad selanjutnya alat bantu dengar ini telah mengalami perubahan dari segi bentuk serta segi bahan pembuatannya. Bentuknya menyerupai telinga dan untuk bahan pembuatannya menggunakan kulit kerang yang dikeringkan kemudian dicat sehingga terlihat lebih menarik serta bernilai jual mahal.

Tahun 1624
Ilmuwan berasal dari Belgia yaitu Jean Leurechon melakukan perubahan pada alat bantu dengar ini, perubahannya hanya pada bentuk yang lebih simpel, bentuknya sama seperti sebelumnya menyerupai telinga hanya saja lebih kecil serta praktis. Karyanya tersebut dipublikasikan didalam buku Recreations Mathematiques.

Tahun 1715
Pada tahun 1715 pengrajin berasal dari Inggris melakukan perubahan pada alat ini. Ia menciptakan alat bantu dengar dengan ukuran yang lebih kecil dari sebelumnya, serta melakukan penambahan yaitu alat ini dapat dikaitkan ke daun telinga.

Tahun 1898
Semakin berkembangnya teknologi perusahaan berasal dari Negara Amerika Serikat menciptakan perubahan baru yang lebih modern. Mereka memakai mikrofon karbon, di mana mikrofon karbon ini memberikan pancaran suara yang lebih peka sehingga lebih jelas terdengar.

Tahun 1954
Perusahaan berasal dari Eropa serta Amerika kembali melakukan pemodifikasian terhadap alat bantu dengar ini, mereka melakukan perubahan terhadap ukuran yang semakin kecil lagi dari ukuran sebelumnya sehingga tidak hanya bisa dikaitkan dengan daun telinga tetapi juga bisa dipasang pada gagang kacamata.

Tahun 1955
Setahun kemudian para ilmuwan mulai melakukan pembaharuan, pemakaian alat bantu dengar menggunakan asisten digital serta dapat dipasang di bagian dalam telinga.

Tahun 1970
Profesor Graeme Clark serta Rod Saunders mulai mempromosikan alat bantu dengar buatannya, mereka membuat teknik alat bantu dengar dengan implantasi. Alat ini bisa merangsang saraf si penerima dengan getaran listrik beberapa menit. Ukurannya sangat kecil sehingga dapat dimasukkan ke bagian dalam telinga.

Tahun 1984
Pada tahun 1984 Alat ini dikembangkan lagi sebagai kuping bionik. Alat ini dapat membantu orang yang sama sekali tuli serta sulit mendengar dengan kondisi yang parah sekalipun.

Itulah asal usul terciptanya alat bantu dengar yang saat ini sudah semakin modern. Untuk melihat alat bantu dengar dengan model yang lebih modern dan desain yang lebih praktis anda bisa lihat di Ralali.com. Tersedia juga gambar alat bantu dengar Harmed, Siemens serta Axva yang hadir dengan modelnya yang sangat simple dan sangat praktis untuk segi pemakaiannya. Semoga artikel kali ini dapat bermanfaat untuk anda.

Baca artikel lainnya : Alat bantu dengar AXVA

alat kesehatan

Penulis : Vei
Editor   : Metha

Buat Permintaan dan Pengadaan Barang

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.