IP Camera CCTV Dengan kamera CCTV Itu Beda

0

IP Camera CCTV Dengan kamera CCTV Itu Beda

Banyak orang salah mengartikan serta masih banyak yang menganggap bahwa IP Camera CCTV dengan Kamera CCTV itu produk yang sama. Secara fungsinya sebuah IP Camera CCTV dengan kamera CCTV memang keduanya mempunyai kegunaan yang sama ialah sama-sama berguna sebagai kamera pengawas. Akan tetapi secara teknologi keduanya mempunyai perbedaan. Hadirnya kamera CCTV analog sudah dikenal sejak dahulu sebagai kamera pengawas, akan tetapi teknologi pada kamera CCTV analog dianggap telah usang sebab telah hadiranya teknologi IP camera CCTV yang memberikan banyak fitur-fitur unggulan yang tidak ada pada kamera CCTV analog. Malah ada pula yang beranggapan bahwa era teknologi pada kamera CCTV telah berakhir serta telah digantikan oleh era teknologi pada IP camera CCTV.

Baca Juga : Tips Memilih Kamera CCTV Yang Sesuai Dengan Kebutuhan Anda

Agar lebih dapat membedakan secara rinci perbedaan IP camera dengan kamera CCTV analog, baca lebih lanjut artikel ini karena akan mengulas perbedaannya menurut teknologi yang dipakainya.

1. Dapat Diakses Dari Mana Saja (Remoote Viewing)

Sebuah IP camera cctv memiliki keunggulan lebih yaitu bisa di akses di mana saja di semua dunia asalkan terdapatkan koneksi internet pada kedua sisi agar dapat diakses. Pada kamera CCTV pun dapat diakses di mana saja akan tetapi membutuhkan sebuah alat tersendiri yaitu berupa hardware ataupun software, sedangkan untuk IP camera cctv tidak membutuhkan alat tambahan apapun, Ip camera cctv dapat langsung dipantau akses kameranya melalui browser desktop ataupun aplikasi mobile smartphone.

2. Dapat Merekam Dari mana Saja (Remote Recording)

Fitur yang paling utama dari kamera pengawas ialah bisa mengawasi serta merekam semua aktifitas di dalam ruangan yang dipasangi oleh kamera pengawas tersebut. Semua perekaman pada kamera CCTV disimpan kedalam sebuah penyimpanan berupa decoder atau DVR. Akan tetapi hal seperti ini amat rawan serta dapat dimanfaatkan oleh seseorang yang tidak bertanggung jawab yang ingin mengambil rekaman serta menghilangkan barang bukti. Pada teknologi IP camera cctv memakai teknologi media penyimpanan yang aman sebab system penyimpanannya tidak mesti dekat dengan kamera.

3. Tanpa Kabel atau Wireless

Menggunakan kamera CCTV dianggap telah kuno sebab masih memakai kabel guna menghubungkan kamera dengan pusat kontrol dekoder atau DVR. Hal seperti ini tentunya tidak efisien lagi sebab kurang praktis, dan sedangkan untuk IP camera cctv hanya memakai sebuah kabel, kabel tersebut untuk power suplay, untuk teknologinya telah memakai teknologi wireless tanpa kabel serta tidak membutuhkan decoder atau DVR.

4. Video Analisa atau Analytics Video

Teknologi pada IP camera pada saat ini telah banyak yang memakai teknologi analytics video yang dilengkapi dengan tracking serta motion detection, di mana fitur seperti ini kamera bisa mendeteksi gerakan-gerakan serta bisa juga membedakan gerakan pada pohon, mobil, hewan, serta manusia.

5. Kamera Bisa Digerakkan atau Pan Tilt Zoom

Hampir semua kamera CCTV tidak bisa untuk digerakkan ke bawah, atas, serta ke samping. Sedangkan pada IP camera bisa digerakkan ke semua arah serta dapat di zoom memakai teknologi PTZ.

Tidak semuanya kamera CCTV mempunyai kekurangan hanya teknologi pada kamera CCTV dianggap telah kalah jauh jika dibandingkan dengan teknologi yang digunakan oleh IP camera CCTV.

Sebelum memilih serta memakai kamera pengawas dalam hal keamanan lebih baik disesuaikan terlebih dahulu dengan kebutuhan. Terdapat tipe IP camera untuk dipergunakan dalam ruangan serta luar ruangan, pastinya hal tersebut mempunyai perbedaan. Kamera yang digunakan di luar ruangan kamera tersebut dibuat tahan terhadap cuaca.

Banyak sekali pilihan-pilihan IP camera yang dapat kamu pilih untuk dipergunakan sebagai kamera pengawas guna meningkatkan keamanan entah itu untuk di rumah, di gedung, di sekolah, pabrik, ataupun tempat lainnya.

Penulis : Vei
Editor : Angga

Buat Permintaan dan Pengadaan Barang

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Skip to toolbar