Mengapa Harga Batu Bacan Bisa Mahal ?

0

Template news

Mengapa Harga Batu Bacan Bisa Mahal ? – Apakah mungkin harga batu bacan bisa mencapai puluhan juta bahkan bisa mencapai miliaran rupiah ? Seperti itulah bayangan yang terlintas di masyarakat yang bukan pencinta terhadap batu akik. Harga dari batu mulia bisa sangat sulit ditentukan. Bisa berharga mahal bisa pula sangat-sangat berharga mahal. Itu semua tergantung pada peminatnya.

Akan tetapi satu hal umum yang perlu diketahui yaitu segi keindahannya. Semakin indah batu mulia tersebut maka akan semakin mahal pula harga dari jualnya. Itulah sebabnya mengapa harga dari batu bacan bisa mencapai puluhan juta bahkan sampai miliaran rupiah. Tidak hanya dilihat dari segi keindahannya saja, yang menjadikan harga batu bacan menjadi mahal adalah segi mitos yang terdapat di dalamnya.

Baca artikel lainnya : Ini Dia Fakta Unik Mengenai Batu Akik

Meski segi mitos masih belum dipastikan, akan tetapi faktor mitos menjadi cukup nyata dalam segi mahal atau tidaknya harga pada batu mulia tersebut. Dari berbagai informasi yang didapatkan ada beberapa mitos pada batu bacan, yaitu:

  • Batu bacan akan berubah apabila bersentuhan dengan kulit
    Sampai saat ini belum ada penelitian secara ilmiah untuk membuktikan benar atau tidaknya mitos tersebut. Akan tetapi bagi penggemar batu bacan mereka percaya terhadap fenomena akan perubahan tersebut. Batu mulia ini dipercaya akan menjadi semakin indah apabila dipakai dalam kurun waktu yang sangat lama. Batu ini akan berubah warna, warna hijaunya secara perlahan akan berubah warna menjadi warna hijau toska serta batu mulia tersebut akan semakin bening.
  • Memancarkan ion positif untuk menetralisir emosi
    Batu asli bacan berasal dari Pulau Bacan, Kabupaten Halmahera Utara, Provinsi Maluku Utara. Batu tersebut diyakini dapat memberikan rasa nyaman bagi pemilik ataupun pemakainya. Batu mulia jenis ini dapat memancarkan ion positif, di mana ion positif tersebut sangatlah berguna bagi tubuh. Mitos adanya ion positif diyakini oleh pencinta batu bacan, mereka beranggapan ada unsur kekuatan positif yang akan dirasakan ketika memakai batu jenis ini sebagai cincin, liontin, maupun gelang. Seolah-olah ketika emosi pemakai meledak-ledak bisa hilang begitu saja.
  • Sebagai penangkal sihir
    Mitos yang tidak kalah heboh selanjutnya yaitu warna hijau menyala dari batu mulia jenis baca bisa menangkal ataupun menyerap kekuatan hitam. Setan maupun jin tidak suka terhadap warna hijau tersebut, sehingga bagi mitosnya, bagi pemakai batu bacan akan terhindar dari sihir serta kekuatan hitam yang lainnya. Kepercayaan seperti ini beredar dari kabar-kabar yang tidak jelas atau tidak bersumber, sehingga mitos tersebut belum bisa dibuktikan kebenarannya. Bagi peminat batu mulia jenis ini, kepercayaan seperti itu hanyalah sebagai pelengkap fanatiknya saja akan batu mulia tersebut. Dari sekian pemakai serta pemilik batu mulia jenis bacan banyak yang menyakinkan bahwa kepercayaan seperti itu tidak dibenarkan. Bagi mereka hanya Allah SWT yang wajib diyakini.
  • Mahal karena dipopulerkan mantan Presiden
    Daya jual batu sangat sulit diprediksi, itu semua tergantung momentum. Rata-rata pada setiap batu mulia mempunyai keindahan serta keunikan tersendiri. Akan tetapi fenomena hebohnya batu bacan ini bermula dari Mantan presiden Indonesia yaitu bapak Susilo Bambang Yudhoyono. Menurut berita yang beredar, ketika pertemuan resmi kenegaraan yang dilaksanakan di Bali. Mantan presiden memberikan hadiah kepada presiden Amerika serikat yaitu Barack Obama berupa Batu Bacan. Pada saat itulah batu bacan menjadi buruan para kolektor dari berbagai dunia, dan otomatis harganya pun sangat mahal sampai dengan saat ini.

Penulis   : Vei
Editor     : Metha

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.