Ini Dia Fakta Unik Mengenai Batu Akik

0

Ini Dia Fakta Unik Mengenai Batu Akik – Melihat batu akik yang mempunyai warna indah serta bermotif unik, maka tidak heran jika batu mulia menjadi buruan bagi banyak orang. Namun apabila anda mengira-ngira bahwa batu akik merupakan tren hanya untuk sekarang saja, anda salah.

Berikut ini merupakan fakta-fakta unik mengenai batu akik yang mungkin anda belum mengetahuinya. Dikutip dari gemstonebuzz, Anda dapat membaca mengenai kepercayaan serta fakta yang berhubungan dengan batu mulia ini dari berbagai tempat serta waktu.

Dalam bahasa Inggris batu akik disebut sebagai agate. Sebutan agate merupakan perubahan dari nama Achates, yang merupakai nama sebuah sungai di daerah Sicily. Menurut rumor, katanya di sana batu akik pertama kali ditemukan. Kini sungai Achates tersebut telah berganti nama menjadi Drillo.

Baca artikel lainnya : Cara Mengetahui Batu Akik Asli atau Palsu

Ada yang menunjukkan bahwa batu akik telah ada dan telah dipakai sejak beribu-ribu tahun lalu yaitu tahun 20000 sebelum masehi. Adapun bukti jikalau batu akik tersebut telah ada dan dipakai sejak beribu-ribu tahun yang lalu ialah adanya sejarah yang menunjukkan bahwa pada kaum pria berasal dari Eropa Utara pada zaman batu telah memakai batu akik sebagai batu perhiasan. Di tahun 400 sebelum masehi, batu mulia ini dipakai oleh bangsa Yunani dalam pembuatan perhiasan serta manik-manik.

Batu akik termasuk ke dalam salah satu batu berharga yang pertama kali dikenal oleh manusia. Pada jaman dahulu ada kepercayaan bahwa memakai batu mulia ini akan menjadikan pemakainya menjadi orang jujur, ramah serta berwawasan luas.

Dalam kebudayaan bangsa Persia, batu akik diyakini dapat melindungi. Misalnya bisa menghindari badai serta menghilangkan rasa dahaga bagi orang yang memakai batu tersebut.

Tidak hanya diyakini sebagai pelindung, batu akik pun diyakini dapat menyembuhkan berbagai penyakit seperti alergi, insomnia serta penyakit kulit. Tetapi untuk penyakit kulit hanya sedikit yang dapat disembuhkan dengan batu ini.

Pada zaman dahulu batu Bakin dikenal bukan berupa cincin melainkan berupa mangkuk. Mitharades selaku Raja Pontus telah menyimpan kurang lebih 3000 mangkuk berbahan batu mulia ini. Anda bisa mengunjungi musimnya untuk bisa melihat koleksi-koleksi berbahan batu akik lainnya dari kerajaan tersebut.

Pada bangsa sumeria menggunakan batu mulia ini sebagai segel, manik-manik dan berbagai perhiasan yang lainnya.

Pada bangsa Arab serta Persia Kuno, batu mulia ini dipakai di bagian jari manis mereka. Pada batu tersebut terdapatkan ayat-ayat Al-Qur’an maupun gambar simbolis. Memakai ataupun mempunyai asesoris seperti ini diyakini dapat menghindari mereka dari berbagai macam musibah.

Batu akik diyakini mempunyai makna yang berhubungan dengan ulang tahun pernikahan ke 12 serta 14. Batu ini kerap dijadikan hadiah bagi pasangan yang tengah merayakan 12 maupun 14 tahun pernikahan.

Batu takuk juga diyakini sebagai batu keberuntungan untuk ibu atau wanita hamil. Batu ini dipercaya dapat melindungi Ibu serta bayi yang tengah dikandungnya.

Ternyata, tidak Cuma di Negara Indonesia saja ya batu akik ini diyakini sebagai batu sakti. Kalau Anda sendiri, apakah percaya pada keajaiban dari batu akik tersebut ? Semua kembali pada diri anda sendiri ya 🙂

Untuk anda yang juga sedang mencari mesin gerinda batu cincin, dapat anda cek beberapa produknya di website ralali.com

Penulis  : Vei
Editor    : Metha

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.