Jangan Asal Beli CCTV Camera

0

Betul! Jangan asal saja ketika hendak membeli CCTV Camera, pasalnya perangkat perekam visual yang belakangan ini menjadi tren dalam membantu pengamanan di sekitar rumah atau pekarangan yang memerlukan pengawasan 24 jam memerlukan pemilihan yang tepat. Tak harus mahal, sejauh fungsi kerja perangkat ini digunakan secara sinergis dengan pengguna maka harga bukan hal utama. Jadim jangan asal beli CCTV Camera.

Yang paling utama dalam memilah perangkat ini berdasarkan kesesuaian fungsi dan jenis serta bentuknya, karena dari tiga hal tersebut Anda bisa mendapatkan perangkat pengamanan visual yang bisa dikatakan sebagai alat pengintai dengan tepat.

Jangan Asal Beli CCTV Camera
CCTV-Camera

Nah, bagaimana menentukan agar tak salah pilih sebelum membeli, berikut adalah beberapa pertimbangan atau tahapan yang perlu Anda perhatikan saat beli CCTV Camera;

Berdasarkan Kegunaan

Mengingat jenis serta teknologi perangkat ini yang beragam dan hampir semuanya memiliki teknologi canggih, maka jangan asal beli CCTV Camera, sebagai langkah pertama agar tak ragu-ragu adalah melihat seberapa penting Anda memerlukan perangkat yang bisa dibilang kamera pengintai.

Apakah hanya sebagai perekam aktivitas biasa, merkam view akses bangunan dari titik sudut tertentu atau investasi pengamanan jika terjadi hal yang tidak diinginkan atau pencurian. Nah, dengan begitu, Anda bisa menentukan jenis, kualitas kamera hingga kesesuaian penempatan apakah di dalam ruang atau luar ruang yang bentuknya juga memiliki kamuflase.

Cermati Kelengkapan Alat

Setelah menentukan kebutuhan yang Anda perlukan ketika menggunakan kamera pengintai ini maka langkah ini tak kalah penting yakni membutuhkan berapa kamera, software pendukung, DVR yang disertai media penyimpanan untuk mengolah gambar analog menjadi digital dan lain sebagainya.

Selain itu kebanyakan CCTV masih menggunakan kabel untuk menghubungkan CCTV yang satu dengan yang lain menuju DVR. Pada saat ini ada perkembangan teknologi CCTV yang lebih canggih berupa IP Camera Digital yang juga dikenal sebagai IP CCTV.

IP Camera menghasilkan gambar digital sehingga tidak memerlukan DVR untuk mengolah gambar, selain itu IP Camera dapat di beli dalam jumlah satuan sesuai kebutuhan titik yang ingin diawasi. Jadi, jangan asal beli CCTV Camera karena harga mahal dan karena mahal maka sudah pasti bagus. Belum tentu!

Perhatikan File Penyimpanan

Untuk CCTV Anda memerlukan DVR yang terhubung dengan media penyimpanan untuk menyimpan hasil rekaman, sedangkan pada teknologi IP Camera (IP CCTV), sudah banyak tersedia pilihan untuk menyimpan langsung hasil rekaman pada IP Camera tersebut menggunakan SD card. Untuk penyimpanan dalam jumlah besar Anda dapat juga mengintegrasikan PC atau server pada IP CCTV dengan menggunakan software tertentu.

Ketahui Cara Monitoring

Agar jangan asal beli CCTV Camera ada baiknya Anda ketahui cara melakukan monitoring, apakah Anda ingin melihat langsung (real time) atau cukup dengan memutar ulang saja. Beberapa cara bisa Anda lakukan untuk melakukan monitoring, maka dari itu sebaiknya Anda mengetahui dengan benar cara monitoring yang tepat dan sesuai untuk Anda.

Tentukan Karakter Kamera

Ini cenderung tentang fleksibilitas kamera apakah bisa melakukan gerak atau statis, untuk kamera bergerak paling cangih bisa melakukan Pan, Tilt dan Zoom. Dan hal ini bisa dikendalikan oleh operator yang berada di kontrol room.

Tentukan Kualitas Gambar

Jika Anda memilih CCTV analog maka alat ini ideal untuk dapat memonitor hanya satu titik saja, sementara IP CCTV memiliki keunggulan resolusi lebih tinggi (HD), pixel lebih besar hingga dilengkapi dengan audio system.

Integratable

Hal ini mungkin agak sukar untuk diterapkan, tak hanya itu, untuk melakukan integrasi dengan perangkat keamanan lain misalnya maka biaya yang diperlukan untuk melakukan itu juga akan bertambah. Dengan alarm keamanan misalnya, paling tidak beberapa tools serta software harus Anda miliki untuk melakukan integrasi.

Beberapa tahapan dan pertimbangan tersebut bisa Anda gunakan sebagai wawasan atau acuan sebelum memutuskan untuk membeli sebuah perangkat keamanan jenis CCTV. Aplikasi kamera pengintai ini tak hanya untuk pekarangan rumah, beberapa pengembang perumahan juga telah menerapkan sistem keamanan jenis ini.

 

Jangan Asal Beli CCTV Camera
IP-CCTV-Camera

Masuknya CCTV di Indonesia

Jenis pengamanan ini mulai hadir di tanah air dan melakukan penetrasi sekitar tahun 2000, pada awalnya intergrasi perangkat ini berbarengan dengan access control yang duterapkan oleh kantor untuk pembuka pintu otomatis dengan screening sidik jari atau kode pada kartu pengenal.

Nah, setelah itu mulai marak, muncul kamera pengawas. Kebutuhan dan banyaknya permintaan tentang perangkat keamanan ini bersamaan dengan seringnya terjadi hal yang tidak diinginkan baik ranmor, perampokan dan kejahatan lainnya di sebuah rumah, daerah tertentu atau komplek perumahan.

Harga yang dibanderol juga beragam, mulai ratusan ribu hingga jutaan rupiah, rekomendasi beberapa perangkat inustri keamanan bisa Anda lihat disini http://www.ralali.com/safety-equipment. Bagaimana, masih mau asal beli? Untuk efisiensi dan fungsi yang sesuai maka cermati tahapan tersebut, jangan asal beli CCTV Camera!

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.