Jangan Salah Pilih, Seperti Ini Cara Memilih Oli Kendaraan yang Benar

0
Jangan Salah Pilih, Seperti Ini Cara Memilih Oli Kendaraan yang Benar
Jangan Salah Pilih, Seperti Ini Cara Memilih Oli Kendaraan yang Benar

Pemilihan pelumas mesin untuk kendaraan kesayangan Anda tidak boleh sembarang pilih, terutama untuk mesin mobil, diperlukan ketepatan. Sebab, apabila salah dalam memilih jenis pelumas maka bisa berdampak pada performa ataupun keawetan komponen mobil itu sendiri.

Pengetahuan dasar terhadap otomotif akan membantu pemilik untuk memahami kebutuhan dari mobil yang dimilikinya.

Jenis oli yang diperlukan setiap mesin mobil berbeda satu sama lain. Dalam pemilihan pelumas mesin, pemilik kendaraan mesti melihat dari tahun pembuatan mobil itu sendiri. Untuk mobil yang diproduksi tahun 1990an ke belakang, maka mobil tersebut lebih cocok memakai oli kental, karena komponen mesin pada mobil yang diproduksi pada tahun tersebut mempunyai rongga yang lumayan lebar.

Apabila komponen mesin mobil mempunyai rongga yang lumayan cukup besar kemudian diberikan oli encer maka akan menyebabkan keausan komponen mesin itu sendiri.

Akan tetapi untuk mesin mobil yang di produksi baru-baru ini sebaiknya menggunakan oli yang mempunyai karakter lebih encer. Sebab komponen mesin pada mobil sekarang ini mempunyai rongga yang lebih presisi. Oli encer akan lebih mudah dan cepat masuk menuju celah-celah kecil ketimbang oli kental, sehingga bisa melumasi seluruh bagian komponen mesin.

Sebagian orang ketika membeli sesuatu menilai dari harganya, menurut sebagian orang harga mahal sudah tentu mempunyai kualitas bagus. Dalam memilih oli tidak demikian, mahal tidaknya harga oli bukan menjadi patokan yang pas dalam memilih oli kendaraan.

Dalam memilih oli mesin, sebaiknya pemilik kendaraan memperhatikan standar American Petroleum Institute (API) serta Society of Automotive Engineers (SAE) yang ada pada kemasan produk oli.

American Petroleum Institute atau API adalah nilai level oli menurut service classification untuk jenis mesin bensin. Sekarang ini, terdapat 4 kategori API dari terendah hingga tertinggi, antara lain SJ, SL, SM, dan SN.

Sedangkan untuk Society of Automotive Engineers atau SAE adalah standar kekentalan oli yang di ukur pada suhu 100 derajat celcius serta pada suhu 18 derajat celcius. Untuk kekentalan oli menurut SAE sendiri dinyatakan dalam angka.

Dalam memilih jenis oli mana yang pas, sebaiknya pemilik kendaraan membaca buku panduan kepemilikan. Di dalam buku panduan tersebut terdapat keterangan oli mana yang sesuai dengan kendaraan Anda.

Untuk melihat bermacam oli, kunjungi Ralali.com. Ralali.com jual oli berkualitas dengan varian merk, tipe, dan harga yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda

Ayo Saling Membantu

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Skip to toolbar