Cara Kalibrasi DMM dan Rekomendasi Jasa Kalibrasi DMM Terakreditasi

0

DMM atau digital multimeter adalah sebuah alat ukur yang dapat mengukur besaran seperti tegangan arus dan hambatan. hasil nilai terukur akan ditampilkan secara digital. DMM ini menjadi salah satu instrumen yang relatif mudah digunakan karena memiliki rentang pengukuran yang secara otomatis sehingga tidak perlu memilikinya secara manual.

DMM dapat secara umum diklasifikasikan sebagai salah satu dari dua jenis seperti jenis genggam. dan jenis bangku. DMM memiliki keuntungan tersendiri karena tidak terlalu rentang terhadap pembacaan karena menggunakan tampilan digital yang mudah dibaca dan meminimalisir kesalahan manusia tidak peduli seberapa hati-hati dilakukan.

Meskipun demikian nilai hasil pengukuran yang ditunjukkan oleh alat tidak dapat Anda ketahui sudah sesuai dengan standar kah belum. Oleh karena untuk memastikan kebenaran tersebut prosedur kalibrasi sudah semestinya dilakukan supaya hasil pengukuran tidak menyebabkan kerugian. Dalam melakukan kalibrasi pun tidak dapat sembarangan dilakukan terdapat beberapa ketentuan yang wajib dipahami, lebih lengkapnya simak penjelasan berikut!

Standar Acuan, Metode, dan Cara Kalibrasi DMM

Sebagaimana yang telah dijelaskan pada penjelasan sebelumnya, ketentuan dalam penyelenggaraan kalibrasi terdiri dari standar acuan, metode dan cara kalibrasi DMM yang tepat. Mengingat kalibrasi bukanlah prosedur yang dapat dilakukan sembarangan beberapa ketentuan tersebut harus dipahami oleh setiap penyelenggara kalibrasi, Untuk lebih jelasnya simak selengkapnya berikut ini!

Standar Acuan dan Metode Kalibrasi DMM

Sebuah standar diperlukan untuk memberikan kepastian kebenaran dan menyamaratakan hasil kalibrasi yang sudah disepakati oleh unit metrology legal. Untuk standar acuan kalibrasi DMM harus disesuaikan dengan satuan internasional. dengan metode yang mengacu pada dokumen dari KAN.

Prosedur Cara Kalibrasi DMM

Dalam pelaksanaan kalibrasi DMM, terdapat 5 langkah yang harus dilakukan dalam cara kalibrasi DMM. 5 langkah tersebut diantaranya seperti 

  • persiapan kalibrasi yang mana meliputi persiapan alat dan bahan ukur hingga metode yang digunakan dalam kalibrasi. 
  • kemudian dilanjutkan dengan pelaksanaan kalibrasi yang dilakukan dengan cara mengamati alat ukur dan melakukan atur ulang alat supaya didapatkan perbedaan hasil ukur sebelum dan sesudah diatur ulang.
  • melakukan analisis dan perhitungan atas data kalibrasi yang diperoleh.
  • menentukkan ketidakpastian kalibrasi dan membuat kesimpulan dari hasil perhitungan yang dilakukan.
  • tahapan terakhir membuat laporan kalibrasi dan menerbitkannya.

Frekuensi Kalibrasi untuk DMM

Frekuensi kalibrasi untuk DMM sebenarnya tidak dapat disamaratakan, karena beberapa faktor seperti penggunaan alat yang berbeda-beda. Namun secara umum frekuensi kalibrasi dilakukan setiap satu kali dalam satu tahun.

jika Anda ragu dalam menentukkan frekuensi kalibrasi untuk DMM yang Anda gunakan. Anda dapat melakukan konsultasi terkait frekuensi kalibrasi DMM dengan klik gambar yang tercantum berikut ini!

Keuntungan Menggunakan Jasa Kalibrasi vs Kalibrasi Sendiri

Jadi bagaimana apakah Anda sudah memahami ketentuan kalibrasi yang telah dijelaskan sebelumnya? cukup banyak yang harus dipelajari dalam melakukan kalibrasi, oleh karenanya jika Anda bingung dalam melakukan kalibrasi alat ukur serahkan prosedur kalibrasi pada jasa kalibrasi. Alangkah lebih baiknya jika kalibrasi dilakukan oleh jasa kalibrasi yang telah berpengalaman daripada melakukannya secara mandiri.

Tertelusur dan Sudah Sesuai Standar yang Berlaku

Dengan menyerahkan kalibrasi pada jasa kalibrasi yang telah berkompeten, akan lebih menjamin hasil kalibrasi yang mampu tertelusur ke standar yang lebih tinggi. tidak hanya itu jasa kalibrasi akan lebih memahami prosedur kalibrasi yang sesuai dengan standar,

Mendapatkan Bukti Sertifikat Kalibrasi

Jasa kalibrasi yang telah memiliki akreditasi dari KAN memiliki hak dalam mengeluarkan sertifikat kalibrasi. maka dari itu pilihlah jasa kalibrasi KAN agar mendapatkan bukti sertifikat kalibrasi

Layanan Jasa Kalibrasi DMM Terakreditasi KAN

Setelah menyimak penjelasan yang telah disampaikan diatas prosedur kalibrasi akan lebih terjamin hasilnya jika dilakukan oleh ahli kalibrasi yang bersertifikat. Nah di Kalibrasi.com dapat menjadi solusi bagi Anda yang membutuhkan jasa kalibrasi berkredibel dengan akses pelayanan yang mudah.

Sebagai salah satu platform penyedia jasa kalibrasi nomor 1 di Indonesia, Kalibrasi.com memberikan pelayanan jasa kalibrasi dengan beregam pilihan sesuai kebutuhan bisnis Anda. Adapun mitra yang tergabung dalam Kalibrasi.com telah terakreditasi KAN. Diantara jasa kalibrasi yang ditawarkan adalah jasa kalibrasi DMM.

Ruang Lingkup untuk Kalibrasi DMM di Kalibrasi.com

DMM merupakan salah satu diantara banyak alat ukur dalam ruang lingkup kalibrasi kelistrikan. dimana mitra yang telah bekerjasama dengan Kalibrasi.com dan melayani permintaan jasa kalibrasi dalam ruang lingkup ini diantaranya PT Qualis Indonesia, PT. Dinamika Kalibrasi Indonesia, PT Mutuagung Lestari, dan PT. Mandiri Transforma Global. 

Kelebihan Jasa Kalibrasi DMM dari Kalibrasi.com

Dengan melakukan memilih jasa kalibrasi DMM dari Kalibrasi.com Anda akan mendapatkan kelebihan yang diantaranya seperti :

  • standar acuan jelas
  • metode sesuai
  • prosedur yang jelas
  • opsi pembayaran fleksibel dan
  • logistik yang bisa diandalkan

Bagaimana Anda tertarik melakukan penawaran jasa kalibrasi DMM dari Kalibrasi.com? dibawah ini telah kami sediakan form penawaran jasa kalibrasi DMM yang dapat Anda isi untuk mendapatkan penawaran dari mitra terbaik Kalibrasi.com. Yuk isi data yang dibutuhkan pada form berikut!

News Ralali - MRO Kalibrasi

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.