Cara Kalibrasi Microscope dan Rekomendasi Jasa Kalibrasi Microscope Terpercaya

0

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan alat ukur yang kita sebut dengan microscope ini bukan. Ya microscope ini biasanya dijadikan sebagai alat ukur laboratorium yang digunakan untuk melihat objek paling kecil selevel dengan mikroorganisme dan sel dengan detail yang sangat tinggi. Microscope ini terdiri dari lensa yang dapat memperbesar objek hingga beratus hingga ribuan kali dari ukuran aslinya, sehingga alat ini biasa dijadikan sebagai alat penelitian. Dengan pentingnya microscope agar dapat bekerja dengan baik dan akurat, maka diperlukannya kalibrasi. Maka dari itulah kita akan membahas sedikit tentang bagaimana cara kalibrasi microscope dan juga jasa kalibrasi microscope yang terpercaya untuk Anda.

Standar Acuan, Metode, dan Cara Kalibrasi Microscope

Melakukan cara kalibrasi microscope sebenarnya tidak semudah yang kita kira. Yang mana memerlukan pengetahuan dan keterampilan yang spesifik, serta pemahaman tentang standar acuan yang sesuai dengan satuan internasional. Metode kalibrasi dan prosedur yang tepat juga penting untuk memastikan hasil kalibrasi yang akurat dan reliabel.

Standar Acuan dan Metode Kalibrasi Microscope

Standar acuan dalam cara kalibrasi microscope berdasarkan dengan panduan standar internasional yang berlaku. Selain itu standar acuan ini menggunakan metode kalibrasi IK-KM-DM12, JIS B7184-1999, dan ASTM E 766-2014 yang meliputi rentang ukur sudut 5x – 100x dan rentang panjangnya 0mm – 20mm untuk memastikan microscope tersebut dapat memberikan gambar yang akurat dan jelas.

Prosedur Cara Kalibrasi Microscope

Berdasarkan standar acuan kalibrasi yang umum, cara kalibrasi microscope terdiri dari beberapa prosedur seperti:

  • Pertama, operator harus memastikan bahwa semua komponen microscope dalam kondisi baik dan bersih. 
  • Selanjutnya, mereka perlu menyetel microscope sesuai dengan spesifikasi dari pabrikan dan kemudian menggunakan standar acuan untuk menyesuaikan pembesaran dan fokus. Setelah itu, 
  • Operator perlu memverifikasi hasil kalibrasi untuk memastikan bahwa alat ini bekerja dengan baik dan akurat.
  • Setelah dikalibrasi, maka pembuatan laporan sesuai dengan pedoman yang digunakan sebelumnya.

Frekuensi Kalibrasi untuk Microscope

Dari pembahasan tentang cara kalibrasi microscope diatas, hendaknya dilakukan kalibrasi secara berkala. Maka dari itulah mengapa Anda sebaiknya menentukan frekuensi kalibrasi yang sesuai dengan kebutuhan atau bisa juga berkonsultasi dengan ahlinya dengan banner di bawah ini.

Keuntungan Menggunakan Jasa Kalibrasi vs Kalibrasi Sendiri

Nah, mungkin ada sebagian Anda yang ingin melakukan kalibrasi secara mandiri, namun tidak disarankan karena jauh lebih menguntungkan jika Anda menyerahkannya ke jasa kalibrasi microscope seperti beberapa hal di bawah ini.

Tertelusur dan Sudah Sesuai Standar yang Berlaku

Salah satu keuntungan menggunakan jasa kalibrasi microscope adalah hasil kalibrasi yang tertelusur atau terlacak ke standar yang lebih tinggi, sehingga dipastikan hasil kalibrasinya akan akurat dan terpercaya.

Mendapatkan Bukti Sertifikat Kalibrasi

Selain itu keuntungan jasa kalibrasi microscope, menggunakan jasa kalibrasi juga berarti Anda akan mendapatkan bukti sertifikat kalibrasi. Sertifikat ini menunjukkan bahwa microscope Anda telah dikalibrasi sesuai dengan standar yang berlaku, yang bisa menjadi bukti yang kuat jika diperlukan untuk memenuhi regulasi industri.

Layanan Jasa Kalibrasi Microscope Terakreditasi KAN

Melakukan kalibrasi sebaiknya dilakukan oleh ahli yang bisa dijadikan alasan utama mengapa Kalibrasi.com menjadi solusi ideal untuk Anda. Di Kalibrasi.com, memiliki tim ahli yang terlatih dan berpengalaman, serta dilengkapi dengan peralatan kalibrasi yang modern dan akurat. Selain itu, semua mitra telah terakreditasi oleh KAN, menjamin kualitas dan keandalan layanannya.

Ruang Lingkup untuk Kalibrasi Microscope di Kalibrasi.com

Di Kalibrasi.com, menawarkan berbagai layanan kalibrasi, termasuk jasa kalibrasi microscope dengan ruang lingkup panjangnya. Selain itu, Kalibrasi.com memiliki mitra yang beragam yang sudah terakreditasi KAN seperti PT. Dinamika Kalibrasi Indonesia, PT. Trusur Unggul Teknusa, dan masih banyak lagi yang menawarkan ruang lingkup layanan yang lengkap untuk memenuhi semua kebutuhan kalibrasi microscope Anda.

Kelebihan Jasa Kalibrasi Microscope dari Kalibrasi.com

Kalibrasi.com memiliki kelebihan dari jasa kalibrasi microscope seperti opsi pembayaran yang lengkap, metode kalibrasi yang tepat, hingga logistik yang bisa diandalkan. Dengan semua kelebihan ini, Anda tidak perlu khawatir tentang proses cara kalibrasi microscope Anda. Jika Anda membutuhkan jasa kalibrasi microscope, jangan ragu untuk bekerja sama dengan Kalibrasi.com. Silahkan mengisi form yang tersedia di bawah ini untuk memesan kalibrasi  di Kalibrasi.com secara online dan praktis.

News Ralali - MRO Kalibrasi

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.