Cara Kalibrasi Rotameter dan Rekomendasi Jasa Kalibrasi Rotameter Kredibel

0

Dalam dunia laboratorium saat ini, banyak sekali alat ukur yang diandalkan untuk membantu aktivitas penelitian salah satunya rotameter. Rotameter adalah alat yang digunakan untuk mengukur tingkat aliran cairan atau gas dalam tabung tertutup. Alat ini termasuk dalam kelas meter yang disebut variable area meter, yang mengukur berbagai laju aliran luas penampang fluida yang bergerak melaluinya. 

Dalam penggunaannya yang sensitif terhadap pengukurannya, penting bagi kita untuk memastikan keakuratannya dengan cara kalibrasi rotameter sesuai dengan standar yang berlaku. Untuk itu sebaiknya Anda juga memilih jasa kalibrasi rotameter yang kredibel seperti Kalibrasi.com, berikut penjelasan lengkapnya.

Standar Acuan, Metode, dan Cara Kalibrasi Rotameter

Untuk melakukan cara kalibrasi rotameter, dibutuhkan standar acuan yang sesuai dengan standar internasional, metode kalibrasi yang tepat, dan prosedur kalibrasi yang harus diikuti.

Standar Acuan dan Metode Kalibrasi Rotameter

Standar acuan untuk cara kalibrasi rotameter harus sesuai dengan standar internasional. Metode kalibrasi yang digunakan adalah ASTM D 3195-98 dengan rentang ukur 0,4 L/min hingga 10 L/min. Metode ini memastikan bahwa cara kalibrasi rotameter dilakukan dengan akurasi yang tinggi dan sesuai dengan standar yang berlaku.

Prosedur Cara Kalibrasi Rotameter

Cara kalibrasi rotameter melibatkan beberapa tahap penting sebagai berikut.

  • Tahap pertama adalah persiapan, yang melibatkan penyiapan alat yang akan dikalibrasi dan pengecekan kondisi fisik alat tersebut. 
  • Tahap selanjutnya adalah pelaksanaan, di mana dilakukan pengaturan parameter pada rotameter sesuai dengan standar yang berlaku. 
  • Selanjutnya, data yang terkumpul akan diolah untuk menghitung deviasi, persamaan regresi, nilai rata-rata, nilai maksimum dan minimum, dan perhitungan ketidakpastian. Tahap terakhir adalah pembuatan dan penerbitan laporan kalibrasi.

Frekuensi Kalibrasi untuk Rotameter

Setiap jenis rotameter memerlukan frekuensi kalibrasi yang berbeda-beda, di mana frekuensi kalibrasi juga ditentukan oleh beberapa faktor seperti kondisi lingkungan kalibrasi, seberapa sering pemakaiannya, dan masih banyak lagi faktor yang mempengaruhinya. Maka dari itu, sangat disarankan untuk melakukan konsultasi terkait frekuensi kalibrasi yang paling tepat untuk rotameter Anda.

Keuntungan Menggunakan Jasa Kalibrasi vs Kalibrasi Sendiri

Mungkin timbul pertanyaan diantara kita, mengapa perlu menggunakan jasa kalibrasi rotameter ketika kita bisa melakukan kalibrasi sendiri? Nah, ternyata ada beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan jika memilih untuk menggunakan jasa kalibrasi, khususnya kalibrasi rotameter, ketimbang melakukan sendiri.

Tertelusur dan Sudah Sesuai Standar yang Berlaku

Adapun penyedia jasa kalibrasi rotameter, seperti Kalibrasi.com, melakukan proses kalibrasi berdasarkan standar acuan yang tertelusur dan sudah sesuai dengan standar yang berlaku. Dengan demikian, Anda tidak perlu khawatir tentang ketepatan dan keakuratan alat setelah dikalibrasi.

Mendapatkan Bukti Sertifikat Kalibrasi

Keuntungan lain jika Anda menggunakan jasa kalibrasi rotameter adalah Anda bisa mendapatkan sertifikat kalibrasi rotameter. Yang mana sertifikat ini menjadi bukti otentik bahwa alat Anda telah dikalibrasi sesuai standar yang berlaku.

Layanan Jasa Kalibrasi Rotameter Terakreditasi KAN

Untuk alat seakurat rotameter, proses kalibrasi idealnya harus dilakukan oleh ahli di bidangnya. Kalibrasi.com adalah solusi tepat untuk Anda, yang menawarkan layanan jasa kalibrasi rotameter yang telah terakreditasi KAN.

Ruang Lingkup untuk Kalibrasi Rotameter di Kalibrasi.com

Di Kalibrasi.com, memiliki berbagai ruang lingkup layanan, salah satunya adalah ruang lingkup arus dan aliran yang didalamnya terdapat kalibrasi rotameter. Beberapa mitra dalam ruang lingkup ini antara lain PT. Kalima, PT. Dinamika Kalibrasi Indonesia, PT. Delta Instrumentasi, PT. Trusur Unggul Teknusa, dan PT Mutuagung Lestari. Semua mitra Kalibrasi.com ini telah terakreditasi KAN dan berpengalaman dalam melakukan proses kalibrasi sesuai standar.

Kelebihan Jasa Kalibrasi Rotameter dari Kalibrasi.com

Kalibrasi.com menawarkan berbagai kelebihan dalam layanan jasa kalibrasi rotameter, di antaranya adalah standar acuan yang jelas, metode yang sesuai, prosedur yang jelas, opsi pembayaran yang fleksibel, dan logistik yang bisa diandalkan. Jadi, jika Anda membutuhkan jasa kalibrasi rotameter, tidak perlu ragu untuk bekerja sama dengan Kalibrasi.com. Silahkan mengisi form yang telah disediakan di bawah ini untuk memulai permintaan kalibrasi di Kalibrasi.com

News Ralali - MRO Kalibrasi

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.