Jenis dan Fungsi Alat Untuk Mengukur Panjang

0

Jenis dan Fungsi Alat Untuk Mengukur Panjang – Alat ukur adalah media yang digunakan untuk mengukur benda. Alat ukur ini sendiri sangat bervariatif dan benda yang cukup akurat mengetahui ukuran sejumlah hal ataupun benda yang terdapat di sekitar kita. Terdapat bermacam alat ukur yang kerap dipakai dalam kehidupan sehari-hari. Setiap tipe benda mempunyai alat ukurnya sendiri, contohnya untuk mengukur panjang tali maka menggunakan penggaris, untuk mengukur berat maka menggunakan timbangan, untuk mengetahui waktu maka menggunakan jam.

Alat untuk Mengukur Panjang

Alat untuk mengukur panjang tak hanya dipakai untuk mengukur panjang saja, namun penggunaannya pun dapat di gunakan untuk mengetahui diameter, keliling, kedalaman, serta luas dan tak hanya terpaku untuk mengukur benda saja namun untuk mengukur wilayah pula. Semisal sumur, lapangan dan lainnya.

Penggaris

Penggaris merupakan alat ukur yang paling familiar, entah itu anak sekolah, mahasiswa hingga arsitek bergantung pada alat ini. Biasanya penggaris mempunyai tingkat ketelitian hingga 1 mm. Namun ada pula yang mempunyai tingkat ketelitian sampai 0,5 mm. Kekurangan alat ini hanya bisa dipergunakan untuk mengukur benda-benda berbidang datar serta berdimensi kecil saja semisal gambar ataupun ubin.

Meteran

Fungsi dari meteran ini sama seperti penggaris, namun meteran berdimensi lebih panjang serta terbuat dari bahan yang lebih fleksibel daripada penggaris supaya dapat digulung serta mudah dibawa ke mana-mana. Bahan dari meteran sendiri ada yang terbuat dari nilon maupun dari logam lentur yang dapat digulung. Untuk dimensi panjangnya, meteran bisa menjangkau 10 meter, maka dari itu alat ini dapat dipergunakan untuk mengukur objek yang besar semisal tanah, bangunan dan lainnya. Kelemahan dari meteran ini ialah penggunaannya yang sedikit merepotkan. Setiap kali untuk mengukur suatu objek yang begitu luas membutuhkan lebih dari 1 orang.

Jangka Sorong

Penggunaan alat yang satu ini biasanya terlihat di bengkel-bengkel atau tempat-tempat yang memproduksi barang dengan detail dan tingkat presisi yang tinggi. Misalnya industri mesin, yang membutuhkan ketelitian antara satu bagian dengan bagian lainnya. Bentuk alat ini kurang lebih mirip kunci inggris, dengan satu bagian rahang tetap dan yang lainnya dapat digeser sesuai keperluan. Terdapat skala pada bagian batangnya.

Ketelitian alat ini mencapai 0,1 mm. Alat ini biasanya digunakan untuk mengukur diameter benda kecil seperti skrup, baik dimensi dalam maupun dimensi luarnya. Alat ini bukan termasuk peralatan rumah tangga biasa, karena hanya digunakan di tempat-tempat tertentu dan untuk alat-alat tertentu saja. Jadi, kita tidak perlu mengukur lebar sepatu kita atau ketebalan solnya menggunakan jangka sorong.

Mikrometer Skrup

Mikrometer sekrup termasuk ke dalam alat yang digunakan untuk mengetahui ukuran suatu benda dengan ketelitian menjangkau 0,01 mm. Umumnya benda yang diukur dengan mikrometer sekrup ini ialah semisal ketebalan suatu plat ataupun lempeng logam, isi serabut kabel dan lainnya.

Itulah beberapa alat yang digunakan untuk mengukur panjang. Pemakaian alat ukur yang tepat terhadap benda yang sesuai tentunya akan mempermudah pekerjaan, hasilnya memuaskan serta sesuai dengan apa yang di harapkan.

Demikian penjelasan macam-macam alat ukur yang bisa kita temukan di sekitar kita. Penggunaan alat ukur yang tepat pada benda yang tepat tentu akan memudahkan pekerjaan kita, mendapatkan hasil yang memuaskan, dan sesuai dengan yang diharapkan.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.